Inspirasi Awal Minggu

Belum Memiliki Pengalaman Kerja Di CV? Atasi Dengan Cara Berikut Ini!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tidak jarang fresh graduate merasa kebingungan ketika harus mengisi kolom pengalaman kerja di CV mereka. Penyebabnya karena fresh graduate memang biasanya tidak memiliki pengalaman kerja secara profesional sama sekali.

Teapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menggantikan hal ini sehingga CV yang diisi tidak menjadi kosong. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Gunakan Pengalaman Magang

Ya, magang memang kadang dianggap sebagai sebuah hal yang sangat sepele, tetapi bisa cukup membantu untuk mengganti pengalaman kerja. Gunakanlah pengalaman magang untuk mengganti pengalaman kerja yang ada di CV.

Tetapi pastikan kegiatan magang yang kita lakukan sesuai dengan pilihan karir yang kita pilih. Saat ini banyak seklai perusahaan yang membuka jalur magang bagi para mahasiswa atau lulusan fresh graduate.

Jika belum pernah magang sama sekali, tidak ada salahnya untuk mencoba di jalulr tersebut. Setidaknya dengan melakukan magang, kamu bisa sedikit mencicipi bagaimana suasana kerja di kantor.

Baca Juga : Perubahan Cara Melamar Ke Lowongan Pekerjaan Dari Masa Ke Masa

Pengalaman Volunteering

Memiliki pengalaman menjadi seorang volunteer atau sukarelawan juga bisa dijadikan sebagai pengganti pengalaman bekerja. Menjadi seorang sukarelawan tentunya bukan sebuah kegiatan yang banyak dilakukan oleh kebanyakan orang atau mahasiswa.

Tetapi dengan menjadi bagian sebuah acara atau kegiatan melalui volunteering, setidaknya menunjukkan bahwa kamu memiliki pengalaman berorganisasi dan bisa bekerja secara tim. Nilai ini sebenarnya cukup banyak dicari oleh para rekruter dari perusahaan.

Read :  Libur Akhir Tahun Akan Tiba. Ini Tipsnya Supaya Liburan Anda Tidak Terganggu Oleh Kerjaan!

Ikut Sertifikasi

Memang tidak semua jenis pekerjaan memerlukan sertifikasi, tetapi tidak ada salahnya jika kamu memilikinya. Bahkan salah satu keuntungannya adalah bisa dijadikan sebagai pengganti pengalaman kerja.

Dengan memiliki sertifikasi, setidaknya kamu sudah mengetahui standar  apa saja yang dibutuhkan oleh industri. Tentunya selain bisa menjadi sebagai pengganti pengalaman kerja, kamu juga bisa menambah pengetahuan yang kamu miliki.  Tidak usah khawatir dengan biaya sertifikasi yang mahal karena sekarang sudah ada banyak program sertifikasi gratis.

Nah, dengan menggunakan tiga cara diatas tentunya bisa menjadi solusi jika ingin melamar kerja tapi tidak memiliki pengalaman kerja sama sekali. Bukan hal yang sulit, tetapi tentunya dibutuhkan banyak dedikasi untuk mendapatkan seluruh hal tersebut.

Baca Juga : Lowongan Kerja Yang Cocok Bagi Fresh Graduate

0 0 votes
Article Rating
4 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca Juga : Belum Memiliki Pengalaman Kerja Di CV? Atasi Dengan Cara Berikut Ini! […]

siti kairah
siti kairah
3 years ago

pengalaman saya bekerja di pt aparel industri semarang , toko baju, sepatu dan magang di blki semarang

Anindhita
Anindhita
3 years ago

CV menarik, HRD tertarik. 😊

Kapan lagi punya cv keren yang bikin HRD makin terkesan.
Mulai dari 100k sudah dapat CV dengan format file pdf, jpg, dan docx (editable ms. Word) dan free surat lamaran (Content Writing).

Percayakan CV-mu di CV Keren Jogja
Further information, feel free to ask at
Instagram: cvkerenjogja (instagram.com/cvkerenjogja/)
WhatsApp: 0856 4246 5312

trackback

[…] Baca Juga : Belum Memiliki Pengalaman Kerja Di CV? Atasi Dengan Cara Berikut Ini! […]