Inspirasi Awal Minggu

Beradaptasi Di Tempat Kerja Baru? Mudah Kok!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Terlalu nyaman di tempat kerja sebelumnya membuat Anda kesulitan untuk beradaptasi di tempat yang baru. Hal ini mungkin dirasakan sebagian orang, tak terkecuali Anda. Menghadapi hari pertama di tempat kerja selalu menjadi momok yang mendebarkan. Tapi tak perlu khawatir kalau lima hal berikut bisa Anda lakukan, hari pertama dan seterusnya akan menjadi milik Anda:
1. Cari tahu tentang perusahaan sedetail mungkin
Cari tahu tentang perusahaan sedetail mungkinSebelum mulai bekerja di tempat yang baru, ada baiknya mencari tahu sedetail mungkin tentang perusahaan tersebut. Perdalam visi misinya dan kaitkan dengan visi misi Anda agar selalu termotivasi untuk sukses. Selain dari website, Anda juga bisa mencari tahu dari senior yang telah lama bekerja di sana.

2. Ingat nama rekan kerja saat perkenalan
Ingat nama rekan kerja saat perkenalan.jpegSebagai karyawan baru, Anda pasti akan dikenalkan kepada rekan kerja oleh HRD. Selama diperkenalkan ada baiknya Anda mengingat nama-nama tersebut, dan mulai menegurnya di hari lain. Tak perlu langsung menyapa jika Anda masih malu, lontarkan senyum sudah cukup membuktikan bahwa Anda adalah orang yang ramah.

3. Menjalin kekerabatan
Menjalin kekerabatan.jpegMengapa manusia dikatakan sebagai makhluk sosial? Karena manusia tak dapat hidup sendirian. Nah, untuk Anda yang menginginkan kenyamanan di lingkungan kerja baru bisa mencoba menjalin kekerabatan. Bagaimana caranya? Anda bisa memulai obrolan ringan atau sekedar menawarkan makan siang bersama.

4. Menjaga sopan santun
menjaga sopan santun.jpegBersikap sopan santun di kantor juga dapat memudahkan proses beradaptasi. Karena penilaian pertama akan terlihat dari attitude yang Anda bawakan. Kesan pertama inilah yang akan membantu Anda untuk mudah berbaur dengan karyawan lainnya.

5. Inisiatif dan kreatif
inisiatif dan kreatif.jpegDari keempat hal di atas, inisiatif dan kreatif juga tak boleh dianggap sepele karena biasanya Anda akan menemui permasalahan yang berbeda dengan tempat kerja Anda yang lama. Sebaiknya, Anda bisa menjadi solusi dengan menawarkan ide-ide kreatif yang dapat menjadi pemecahan sebuah masalah. Dengan begitu, rekan-rekan di kantor Anda akan lebih mudah mengenali siapa diri Anda.

Read :  Jadilah Morning Person supaya Lebih Produktif

Nah, kalau Anda sudah bisa melakukan kelima hal di atas, pertanda Anda sudah siap menyambut hari di kantor baru.

0 0 votes
Article Rating
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Johan
Johan
4 years ago

Sayah belum terpanggil