Tips Karir

10 Bidang Kerja Di Dunia IT Bergaji Terbaik 

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bidang kerja di dunia IT sangat beragam. Keterampilan terkait teknologi menduduki posisi tertinggi lowongan kerja startup. Ini karena teknologi informasi secara fundamental menjadi apa yang dibutuhkan setiap industri di era digitalisasi.

Perusahaan akan membayar lebih untuk kandidat yang memiliki keterampilan yang diperlukan untuk berada di bidang kerja IT. Jadi, apa saja bidang profesi IT apa yang akan sangat dibutuhkan? Karir.com akan membahas pekerjaan IT dengan peluang menjanjikan dan gaji teratas di bawah ini.

Pekerjaan IT yang Paling Dibutuhkan

IT bekerja di bidang apa saja? Ada banyak peluang pekerjaan di bidang IT. Berikut adalah macam-macam profesi di bidang kerja di dunia IT dengan peluang menjanjikan.

1. Mobile Applications Developer

Perangkat lunak seluler telah merevolusi cara manusia berbisnis. Akibatnya, Mobile Applications Developer muncul bidang kerja di dunia IT dengan perkembangan pesat. Untuk melamar posisi ini dibutuhkan gelar ilmu komputer atau sistem informasi. Mobile Application Developer di Indonesia bergaji sekitar 80 juta per tahun.

2. Software Engineer

Software Engineer menerapkan prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak untuk menganalisis dan memecahkan masalah, dan merancang solusi. Untuk bekerja di bidang kerja di dunia IT ini, dibutuhkan kemahiran bahasa pemrograman seperti Java dan C++. Gaji tahunan Software Engineer berkisar Rp 102,960,183.

3. IT Security Specialist

IT Security Specialist bertanggung jawab pada semua aspek keamanan IT di perusahaan. Sebagai IT Security Specialist, kamu akan bertugas untuk merancang, menguji, dan mengimplementasikan solusi keamanan IT serta pemeliharaannya. Menurut Indeed, gaji rata-rata IT Security Specialist berkisar Rp 7,848,484 per bulan. 

Read :  Begini Tata Cara yang Tepat untuk Anda yang Ingin Resign

4. Product Manager

Product Manager bekerja dengan tim teknis untuk menentukan parameter produk. Seorang Product Manager bertanggung jawab dalam perencanaan operasi yang dapat membantu mencapai tujuan dan sasaran strategis dan taktis. Gaji rata-rata Product Manager berkisar Rp 7,961,873 per bulan. Ini adalah bidang kerja di dunia IT yang banyak diminati.

5. Full-Stack Developer

Profesi Full-Stack Developer memiliki prospek yang meningkat pada tahun-tahun mendatang. Seorang Full-Stack Developer profesional memiliki pemahaman mendalam dalam pengembangan front-end dan back-end. Di Indonesia, gaji Full-Stack Developer berkisar Rp 10,521,027 per bulan.

6. Network Security Engineer

Tugas Network Security Engineer berhubungan dengan keamanan jaringan. Network Security Engineer bekerja untuk merencanakan, merancang, mengoptimalkan, mengimplementasikan, dan memecahkan masalah sistem keamanan jaringan. Seorang Network Security Engineer memiliki gaji rata-rata Rp 13,101,255 per bulan.

7. Development Operations Engineer

Development Operations (DevOps) Engineer mendukung pengembangan yang baik dan pengoperasian perangkat lunak termasuk pengujian, memelihara standar pengembangan, dan menulis perangkat lunak yang mengotomatiskan sistem. DevOps Engineer memiliki gaji rata-rata Rp 14,492,002 per bulan.

8. Platform Engineer

Platform Engineer bertugas untuk menulis kode yang menjembatani kesenjangan antara perangkat lunak dan perangkat keras. Seorang Platform Engineer bukan hanya mahir dalam bahasa pemrograman Phyton, tetapi juga terampil dengan scripting dan framework. Meski hampir mirip dengan Software Engineer, pekerjaan ini bergaji lebih tinggi, yaitu sekitar Rp 17,080,504 per bulan.

9. Software Architect

Bidang kerja di dunia IT berikutnya, Software Architect berhubungan dengan desain dan pengembangan sistem perangkat lunak. Software Architect bertugas merancang dan mengembangkan berbagai fitur program dan mengintegrasikannya ke dalam sistem yang berfungsi. Gaji rata-rata Software Architect adalah Rp 19,220,559 per bulan.

Read :  Keahlian Yang Banyak Dibutuhkan Oleh Perusahaan Startup Teknologi

10. Data Scientist

Data Scientist adalah bidang kerja di dunia IT dengan gaji terbaik. Menurut laman Indeed, gaji Data Scientist profesional mencapai Rp 19,307,617 per bulan. Seorang Data Scientist bertugas menganalisis data yang kompleks untuk membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan. 

Bagaimana Cara Bekerja di Bidang IT

Ingin menemukan peluang pekerjaan menjanjikan di bidang IT? Ikuti Karir Techno Fair sebagai #LangkahAwalKarir kamu! Karir Techno Fair adalah kegiatan yang dilakukan oleh karir.com untuk memberikan pembekalan kepada tech talent menghadapi dunia kerja. Acara ini gratis. Jadi, tunggu apalagi? Ayo klik di sini untuk daftar sekarang juga!

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.