Profesi

Kenali Tugas dan Skill Profesi Budget dan Reporting Specialist

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pernahkah kamu mendengar tentang profesi Budget dan Reporting Specialist? Profesi ini mungkin kurang familiar bagi sebagian besar orang. Ingin tahu bagaimana peran dan tanggung jawab Budget dan Reporting Specialist di perusahaan? Keterampilan apa saja yang dibutuhkan untuk berhasil dalam peran ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Deskripsi Pekerjaan

Pada dasarnya peran Budget dan Reporting Specialist untuk mengatur keuangan dan mendukung kemajuan profitabilitas dan pertumbuhan bagi perusahaan. Fungsi yang esensial untuk membantu bisnis berjalan lebih baik menjadi tugas dan tanggung jawab utama. Untuk bekerja di bidang ini dibutuhkan keterampilan komunikasi dan persuasi yang kuat menghadapi manajemen senior sebagai pemangku kepentingan di perusahaan.

Profesi ini bertanggung jawab untuk menganalisis dan menemukan cara untuk mengalokasikan sumber daya dengan lebih efisien. Mereka melakukan perencanaan anggaran yang efektif, mereview proposal anggaran dan menganalisis data di dalamnya untuk menentukan alokasi dana yang tepat. Singkatnya Budget dan Reporting Specialist berperan dalam pengelolaan anggaran dan pelaporan keuangan perusahaan sehari-hari. 

Tugas dan Tanggung Jawab

Tugas dan tanggung jawab yang dilakukan oleh Budget dan Reporting Specialist terdiri dari:

1. Meninjau Proposal Anggaran

Anggaran biaya dalam sebuah proposal adalah hal yang penting. Budget dan Reporting Specialist melakukan tugas untuk meninjau proposal anggaran dan permintaan pendanaan. Mereka bertanggung jawab untuk meninjau keakuratan dan kelengkapan proposal, serta memastikan proposal yang dibuat telah mematuhi standar perusahaan. 

Read :  Ketahui 4 Jenjang Karir Software Engineer

2. Menganalisis Biaya dan Anggaran

Tugas selanjutnya melakukan analisis biaya/manfaat dan jenis analisis lainnya. Mereka mengidentifikasi risiko dan peluang bisnis yang berpengaruh terhadap anggaran perusahaan. Secara internal mereka juga menganalisis data untuk pendanaan berbagai program melalui kelayakan dan berbasis bukti.

3. Memberi Rekomendasi Anggaran

Setelah meninjau proposal, mereka lalu menyerahkan rekomendasi persetujuan atau penolakan penerimaan pendanaan. Mereka harus menjelaskan dengan baik dan mempertahankan rekomendasi untuk mempengaruhi pengambilan keputusan.

4. Membuat Rencana Anggaran

Melalui hasil analisis, mereka memperkirakan mengenai kebutuhan anggaran untuk masa mendatang. Rencana anggaran tersebut mereka siapkan sesuai tujuan perusahaan. Mereka mendukung proses perencanaan dan mempengaruhi proses perencanaan keuangan.

5. Mengawasi Anggaran

Budget dan Reporting Specialist mengawasi alokasi uang yang dibelanjakan oleh perusahaan. Mereka memastikan anggaran sesuai dengan rencana yang dibuat. Tujuannya untuk memberi perlindungan dari pengeluaran yang berlebihan.

6. Menyusun Laporan Anggaran

Tugas lain yang dilakukan berkaitan dengan penyusunan laporan anggaran secara berkala dan khusus. Misalnya laporan bulanan sesuai dengan International Financial Reporting Standards (IFRS). Mereka juga dapat memberikan saran perbaikan yang membantu perusahaan meningkatkan keuntungan.

Persyaratan dan Keterampilan 

Rincian kualifikasinya sebagai berikut:

1. Gelar Pendidikan

Beberapa jurusan kuliah yang relevan untuk profesi ini antara lain akuntansi, keuangan, dan bisnis. Meski jurusan tersebut menjadi prioritas, pengalaman kerja sebagai analisis anggaran menjadi nilai tambah.

2. Keterampilan Komunikasi

Kemampuan komunikasi serta keterampilan menulis yang baik juga menjadi persyaratan yang dibutuhkan. Mereka harus cakap dalam berkomunikasi secara lisan maupun tertulis. Dalam melaporkan analisis anggaran yang dilakukan kepada pemangku kepentingan. 

3. Mahir Menganalisis Anggaran

Seorang Budget dan Reporting Specialist memiliki pengetahuan yang berkaitan dengan anggaran. Salah satunya pengetahuan yang mendalam tentang analisis anggaran dan metode analisis. Kemampuan matematika yang sangat baik dan pikiran analitis adalah dukungan yang kuat untuk pekerjaan ini.

Read :  Kerja di Bank: Jenis Pekerjaan, Posisi dan Tugasnya

4. Ms. Office dan Database

Kemahiran menggunakan Ms. Office dan database menjadi keterampilan yang utama. Ms. Excel akan digunakan untuk membuat catatan dan laporan keuangan, dan penyusunan  anggaran berupa tabel, grafik, maupun diagram.

5. Detail Oriented

Budget dan Reporting Specialist dituntut untuk mampu melihat secara detil dan menyeluruh dari suatu proposal anggaran. Selain memiliki perhatian yang kuat terhadap detail, mereka juga seorang yang sistematis, dan berpikir kritis.

Lowongan Budget and Reporting Specialist

Setelah mengetahui peran dan deskripsi pekerjaan Budget dan Reporting Specialist, apakah kamu tertarik menduduki posisi ini di perusahaan? Prospek karier di bidang keuangan ini diproyeksikan terus berlanjut dalam pertumbuhan positif. Untuk menemukan wawasan tentang Budget dan Reporting Specialist, kunjungi situs Karir.com. Di situs kami, kamu akan menemukan informasi lowongan kerja Budget dan Reporting Specialist, dan profesi lainnya.

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.