Tips Karir

Cara Belajar Bahasa Mandarin dengan Cepat

Pinterest LinkedIn Tumblr

Mengutip DataBoks, bahasa Mandarin mendapat peringkat kedua sebagai bahasa yang banyak digunakan di dunia. Dalam bisnis pun banyak perusahaan menjadikan bahasa Mandarin sebagai skills khusus yang penting dikuasai. 

Mempelajari bahasa Mandarin menjadi tantangan yang menarik untuk dicoba. Mau lancar berbahasa Mandarin? Cara belajar bahasa Mandarin dengan cepat berikut akan menuntun kamu untuk menguasai bahasa Mandarin dalam waktu singkat.

1. Buat Target  saat Belajar Bahasa Mandarin

Ini adalah langkah pertama yang mesti kamu lakukan sebelum mempelajari cara belajar bahasa Mandarin dengan cepat. Buatlah target dan tujuan belajar agar lebih efektif. Dengan memiliki target dan tujuan, proses belajar bahasa Mandarin kamu menjadi lebih fokus dan terarah. Pikirkan target umum dan target spesifik, serta tenggat waktu untuk mencapai target tersebut.

2. Pilih Metode Belajar yang Cocok

Ada beberapa metode belajar bahasa Mandarin. Kamu bisa memfokuskan salah satunya, dan mengkombinasikan semua metodenya.

Buku

Bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa yang populer di dunia global. Sangat mudah menemukan buku belajar bahasa Mandarin di toko buku. Bahkan, kamu bisa mendapatkan materi belajar bahasa Mandarin secara gratis melalui e-book di internet. 

Aplikasi Belajar Bahasa 

Internet semakin memudahkan langkah untuk mencapai cara belajar bahasa Mandarin dengan cepat. Salah satunya dengan tersedianya banyak aplikasi belajar bahasa yang bisa diakses dengan gratis. Untuk belajar bahasa Mandarin secara otodidak kamu memerlukan akses internet untuk terhubung. Namun ada juga aplikasi belajar bahasa Mandarin yang tersedia secara offline.

Podcast/Film

Sudah bukan rahasia lagi bahwa sebagian orang mempelajari bahasa melalui lagu yang didengarkan. Mendengarkan lagu atau suara dari film sangat membantu dalam belajar bahasa. Dengarkan lagu Mandarin atau biasakan menonton film/acara berbahasa Mandarin agar kamu terbiasa.

Read :  Mengapa Berkarir di 6 Kota Besar Ini?

Kursus Bahasa Mandarin

Selain belajar secara otodidak, kamu bisa belajar bahasa Mandarin melalui kursus. Biasanya bahasa Mandarin diajarkan secara privat. Tentu saja kursus privat memakan biaya yang tidak sedikit. Namun ini menjadi salah satu cara belajar bahasa Mandarin dengan cepat.

3. Belajar Bahasa Mandarin dari Dasar

PinYin, Hanzi, dan Nada Bahasa Mandarin

Pinyin merupakan sistem khusus yang dibuat untuk membantu orang yang baru belajar bahasa Mandarin. Sedangkan Hanzi adalah karakter Mandarin. Dalam bahasa Mandarin, nada bisa mengubah makna kata. Oleh karena itu, bahasa Mandarin mengenal lima  nada yaitu, nada datar, nada naik, nada yang naik daun, nada jatuh, dan tidak ada nada sebagai nada kelima.

Angka

Bilangan dan angka-angka adalah bagian penting dalam mempelajari bahasa. Angka disebut dalam banyak situasi, misalnya jumlah dan waktu. Ketahui cara membaca angka dalam bahasa Mandarin. 

Tata Bahasa

Pembentukan struktur kalimat dalam bahasa Mandarin cukup mudah dipelajari. Seperti bahasa Indonesia, gramatikal bahasa Mandarin juga tidak memiliki sistem perubahan bentuk kata atau konjugasi. Struktur kalimat bahasa Mandarin juga tidak jauh berbeda dari bahasa Indonesia. Kalimatnya tersusun dari Subjek, Predikat (Frasa Kerja), dan Objek (SPO).

Kosakata Percakapan Sehari-hari

Saat mempelajari bahasa, kamu harus meningkatkan perbendaharaan kata. Kamu bisa memulainya dari kata-kata dasar yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya, salam, perkenalan diri, dan berterima kasih.

4. Uji Kemampuan Bahasa Mandarin

Setelah mempelajari bahasa Mandarin secara berkala. Langkah selanjutnya adalah menguji kemampuan bahasa Mandarin yang diperoleh. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah cara belajar bahasa Mandarin dengan cepat yang dilakukan berjalan efektif.

Menerjemahkan Bahasa Mandarin

Menerjemahkan bahasa bisa melatih pendengaran, pembacaan, dan penulisan bahasa Mandarin. Kamu bisa latihan belajar menerjemahkan lagu, berita, atau apapun yang memuat unsur bahasa Mandarin.

Read :  Ingin Jadi Social Media Specialist? Miliki Skill Berikut Ini!

Latihan Komunikasi Bahasa Mandarin

Komunikasi menjadi tujuan utama belajar bahasa Mandarin. Biasakan dirimu menggunakan bahasa Mandarin dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa mencari teman sesama pembelajar bahasa Mandarin untuk teman bercakap-cakap, atau berkomunikasi dengan native speaker.

Tes Kemampuan Bahasa Mandarin

Tes kemampuan bahasa Mandarin resmi dikenal dengan nama Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK). Untuk dinyatakan lulus, peserta harus mencapai skor 180. Sertifikat yang didapat dari tes ini bisa digunakan untuk mendaftar beasiswa atau pekerjaan di Tiongkok.

Nah, itulah 4 langkah utama sebagai cara belajar bahasa Mandarin dengan cepat. Yuk tingkatkan kemampuan bahasa Mandarin. Semakin baik kemampuan bahasa Mandarin kamu, makin besar peluang karier yang bisa didapatkan.

Untuk yang mau berkarir di bidang Translator, temukan lowongan kerja translator mandarin hanya di Karir.com

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.