Cara Jualan di Tiktok Shop – Saat ini TikTok menjadi media sosial yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Menyajikan berbagai video mulai dari dance cover, mini vlog, review makanan dan masih banyak lagi. Sebelumnya TikTok dianggap menjadi media sosial yang hanya menampilkan konten dance cover untuk kesenangan semata. Tetapi, TikTok berubah menjadi wadah untuk menyalurkan kreativitas. 

Pengguna TikTok yang semakin banyak menyebabkan platform ini bukan hanya menjadi media sosial untuk bersenang – senang, namun dapat menjadi wadah untuk mencari keuntungan. TikTok dapat dijadikan tempat promosi yang tepat, mengingat banyak masyarakat yang mengakses setiap harinya. Jika kalian memiliki usaha atau baru mau memulai usaha, simak beberapa tips di bawah ini!

Membuat Akun Bisnis

Saat ini TikTok menyediakan fitur akun bisnis yang dapat kalian gunakan agar akun TikTok kalian terlihat lebih profesional. Ada manfaat yang kalian dapatkan ketika memiliki akun bisnis. Kalian dapat mempelajari dan mencari trend secara lebih luas agar dapat menentukan strategi promosi yang tepat. Dengan melihat trend yang ada saat ini, tentunya kalian dapat menyesuaikan trend tersebut dengan produk yang kalian miliki. Sehingga strategi promosi kalian menjadi dekat dengan masyarakat dan kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan menjadi lebih besar.

Membuat Konten yang Menarik

Strategi promosi tentunya harus didukung dengan pembuatan konten yang menarik agar masyarakat dapat tertarik dan melirik produk yang kalian miliki. Konten yang menarik bukan hanya sekedar narasi, gambar dan editing video yang bagus, tetapi harus disertai dengan hal – hal yang membuat masyarakat dapat bertahan menonton konten TikTok kalian tanpa melakukan scroll

Read :  7 Kesalahan di CV yang Membuat HRD Tak Memilihmu!

Menggunakan Hashtag

Penggunaan hashtag di media sosial dapat memberi pengaruh terhadap postingan konten kalian. Karena, hashtag dapat membantu membuat produk lebih cepat dikenal masyarakat. Termasuk dalam memposting konten di TikTok, kalian dapat memilih hashtag yang sesuai dengan konten atau produk yang dimiliki. Contoh hashtag yang banyak digunakan di TikTok adalah #fyp dan #foryourpage, hashtag tersebut akan membantu konten kalian muncul dalam laman TikTok pengguna lainnya. 

Bekerja Sama dengan Influencer 

Bekerja sama dengan influencer terbukti dapat membantu promosi sebuah brand atau produk. Influencer yang memiliki ratusan ribu followers dapat mengajak followersnya untuk ikut memakai produk tersebut. Perkembangan TikTok membuat beberapa orang menjadi terkenal sehingga TikTok sudah memiliki influencernya sendiri. Oleh sebab itu, kalian dapat meminta influencer untuk membantu melakukan promosi produk kalian. Influencer tersebut dapat melakukan promosi dengan konten menarik dan narasi yang persuasif sehingga mempengaruhi followersnya untuk membeli produk kalian.

Membuat Caption yang Menarik

Dalam menulis caption kalian tidak perlu menuliskannya secara panjang dan bertele – tele. Cukup tuliskan fungsi dan manfaat produk kalian tentunya menggunakan narasi yang persuasif. Walaupun dalam konten video TikTok kalian secara tidak langsung pasti sudah menjelaskan fungsi dan manfaat produknya. Namun, dengan menuliskannya lagi di caption dapat membuat masyarakat semakin memahami produk yang kalian miliki. 

Konsisten dalam Memposting Konten

Jika kalian sudah memiliki konten – konten yang menarik namun tidak konsisten dalam mempostingnya hal ini akan percuma. Karena, masyarakat akan lupa dengan produk kalian. Maka dari itu, kalian harus membuat jadwal dan memilih waktu yang tepat untuk memposting video TikTok kalian. Dengan begitu, masyarakat akan semakin menyadari keberadaan produk kalian. 

Read :  Relasi: Pengertian dan Tips Menjalin Relasi yang Baik!

Menggunakan TikTok Ads

Saat ini TikTok juga sudah menyediakan Ads yang dapat kalian gunakan sebagai salah satu strategi promosi. Menggunakan TikTok Ads dapat sangat membantu, karena pengguna TikTok akan melihat iklan produk kalian ketika sedang menggunakan aplikasi tersebut. Contoh TikTok Ads yang dapat kalian gunakan adalah pre-roll ads, in-feed ads, promoted hashtag challege, dan branded effect. 

Semakin banyaknya pengguna TikTok setiap harinya, membuat platform ini sangat menjanjikan untuk kalian gunakan sebagai wadah untuk promosi usaha atau produk. Cara jualan di tiktok shop yang bisa kamu coba ialaha dengan mulai menerapkan beberapa tips di atas dan semoga usaha yang kalian miliki dapat sukses dan laku di masyarakat!

Author

I really enjoy writing and want to share my happiness with you!