Kartu prakerja menjadi program untuk mempersiapkan SDM unggul yang memiliki keterampilan mumpuni, kreatif, dan inovatif. Cara mendapatkan kartu prakerja cukup mudah. Sebab semua prosesnya dilakukan secara daring dan dapat diakses melalui browser di handphone

Kemudahan akses ini menyebabkan jumlah pendaftar kartu prakerja selalu melebihi kuota yang ditargetkan. Namun pada gelombang 25 lalu, pemerintah tidak memberitahu jumlah kuota peserta kartu prakerja. 

Bagaimana dengan Kartu Prakerja Gelombang 26? Hingga kini gelombang 26 belum dibuka. Sembari menunggu Program Prakerja Gelombang 26 dibuka, simak prosedur, syarat, dan cara mendapatkan Kartu Prakerja Gelombang 26 berikut ini! 

Program Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja pada awalnya merupakan program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan bagi WNI yang sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.

Program Kartu Prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja. Program pemerintah ini juga bertujuan mengembangkan kewirausahaan, khususnya pada usia produktif. Hal ini sangat berguna di masa depan agar sumber daya manusia Indonesia siap menghadapi pasar kerja.

Namun pada tahun 2022 ini, Program Kartu Prakerja lebih diprioritaskan untuk WNI yang tinggal di 212 kabupaten/kota kemiskinan ekstrem. Tujuan utamanya untuk mendorong pemberdayaan ekonomi di kawasan terpencil. Selain itu, Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) juga menjadi prioritas khusus tahun ini. 

Syarat Daftar 

Untuk dapat mendaftarkan diri ke program prakerja, kamu harus memenuhi persyaratan berikut, yaitu WNI berusia 18 tahun ke atas, tidak sedang menempuh pendidikan formal, dan bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19. Dalam 1 (satu) Kartu Keluarga hanya diperbolehkan maksimal 2 (dua) NIK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja. Selain itu, program prakerja bukan diperuntukkan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD. 

Read :  Jangan Lakukan 5 Hal Ini Kalau Mau Terlihat Profesional!

Cara Daftar 

  1. Buat Akun dan Daftarkan Diri

Jika telah memenuhi syarat mendaftar Prakerja, langkah selanjutnya adalah membuat akun Prakerja. Kunjungi situs web resmi program Prakerja. Setelah klik daftar sekarang, masukan alamat email dan kata sandi pada kolom yang tersedia. Kemudian, klik ‘daftar’ untuk membuat akun. Namun jika kamu sudah memiliki akun Prakerja, kamu dapat melewatkan langkah ini.

Setelah berhasil membuat akun Prakerja, kamu dapat langsung mendaftarkan diri ke program Prakerja. Agar mempermudah proses pendaftaran, persiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) terlebih dahulu. KTP menjadi syarat wajib pendaftaran program Prakerja. 

Proses pendaftaran Prakerja terdiri dari verifikasi Nomor Identitas Kependudukan (NIK), unggah foto KTP dan foto diri bersama KTP, verifikasi nomor handphone, dan pertanyaan yang berkaitan dengan pekerjaan. Isi data dengan benar dan jawab semua pertanyaan dengan jujur. 

  1. Ikuti Tes dan Seleksi

Peserta yang berhasil mendaftarkan diri akan mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara daring. Setelahnya, barulah peserta akan melakukan seleksi gelombang untuk menyesuaikan kebutuhan dan domisili. Jika sudah selesai, peserta hanya perlu menunggu proses evaluasi oleh tim program Prakerja. 

Hasil evaluasi dapat dicek secara mandiri di akun peserta. Jika berhasil lolos, peserta dapat melanjut ke tahapan berikutnya. Jika belum berhasil, peserta bisa mengikuti kembali seleksi gelombang berikutnya. 

  1. Pilih dan Ikuti Pelatihan 

Setelah dinyatakan lolos, peserta dapat memilih program pelatihan yang tersedia. Pilih pelatihan yang kamu minati di Mitra Platform Digital seperti Kariermu dan Tokopedia, dan Mitra Job Platform seperti Karir.com dan Jobs Id

Selanjutnya, bayar dengan Kartu Prakerja. Ikuti Pelatihan hingga selesai. Setelah pelatihan selesai, kamu akan mendapatkan sertifikat. Berikan rating dan ulasan terhadap pelatihan yang telah diikuti.

  1. Menerima Insentif
Read :  Punya Rekan Kerja Yang Menyebalkan? Ini Solusinya

Peserta yang berhasil menyelesaikan pelatihan berhak mendapat dua insentif. Pertama, insentif biaya mencari kerja. Kedua, insentif pengisian survei evaluasi. Masing-masing peserta akan diberikan 3 survei. 

Untuk mencairkan insentif, sambungkan rekening/e-wallet di salah satu Mitra Pembayaran sesuai dengan nama dan NIK peserta terdaftar. Besaran insentif yang didapat sejumlah  Rp600rb/bulan selama 4 bulan setelah kamu menyelesaikan pelatihan. Sedangkan Insentif yang didapatkan untuk setiap survei sejumlah Rp50 ribu. 

Nah, itulah informasi seputar syarat dan cara mendapatkan Kartu Prakerja. Mengingat manfaatnya, sebaiknya kamu tidak menyiakan program ini. Bagi kamu yang berminat, segera daftarkan diri ya! 

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.