Tips Karir

5 Cara Mengelola Keuangan untuk Menghadapi Resesi 2023

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagaimana cara mengelola keuangan yang tepat untuk menghadapi resesi? Isu resesi 2023 diperkirakan mengancam banyak negara termasuk Indonesia. Ancaman ekonomi ini membuat krisis finansial secara global sampai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal yang membayangi.

Resesi ekonomi memang menjadi permasalahan yang serius, namun jika kamu mempersiapkan diri dengan mengelola keuangan yang tepat tentu saja kamu bisa optimistis menghadapi badai resesi 2023.

Pentingnya mengelola keuangan adalah hal yang krusial untuk dipahami. Pengelolaan keuangan yang baik umumnya bertujuan agar mendapatkan kehidupan yang lebih layak di masa depan. Jadi secara tidak langsung, cara kamu membelanjakan uang saat ini akan menentukan keuangan kamu pada tahun 2023 mendatang.

Lalu, bagaimana cara menghemat uang dan tidak boros? Kira-kira berapa uang yang harus ditabung? Berikut adalah 5 cara mengelola keuangan untuk merencanakan keamanan finansial jangka panjang.

Bagaimanakah Cara untuk Mengelola Keuangan?

Apakah kamu telah menabung lebih banyak atau justru menghabiskan kerap mengalami ‘gaji numpang lewat’. Kita semua mungkin membutuhkan sedikit inspirasi keuangan untuk membantu kita menabung. Sebab kadang-kadang kita tidak tahu harus mulai dari mana, dan jika sudah memulainya bukan tidak mungkin kita kesulitan untuk tetap termotivasi melakukannya. Mari kita bahas cara mengelola keuangan yang membawa kamu ke jalur kemerdekaan finansial tanpa bantuan financial advisor.

1. Simpan Sebelum Dihabiskan

Cara mengelola keuangan yang bijak selalu dimulai dengan nabung dulu, belanja kemudian. Jika kamu konsistensi melakukan ini, itu adalah cara yang tepat menuju kebebasan finansial. Kamu dapat menetapkan beberapa tujuan ketika menyimpan uangmu seperti dana darurat, atau dana pensiun. Sehabis menyimpan uang, sangat baik untuk meninjau anggaran dan mengevaluasi pertumbuhan tabungan. Ini tidak hanya membuat kamu berpegang pada rencana tabungan, tetapi juga mengidentifikasi dan memperbaiki masalah dengan cepat. 

Read :  Dapatkan Pekerjaan melalui Job Fair, Ini Tipsnya!

2. Prioritaskan Kebutuhan dari Keinginan

Kebanyakan orang akan berbelanja lebih banyak pada hari gajian. Kamu pasti setuju dengan kalimat, terlalu mudah menghabiskan uang secara impulsif ketika kamu memiliki banyak uang tunai di kantong. Kalau begitu, jangan biarkan uang kamu terkuras untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan. Belanjakan uang kamu hanya untuk sesuatu yang menjadi kebutuhan, bukan keinginan. Untuk mengontrolnya kamu bisa selalu menanyakan dirimu sendiri, apakah kamu benar-benar membutuhkannya dalam jangka tiga bulan kedepannya? 

3. Temukan Cara untuk Mengurangi Pengeluaran

Cara mengelola keuangan memang tidak mudah. Oleh karena itu, jangan biarkan pertumbuhan biaya hidup kamu terjadi. Sebaliknya, temukan cara untuk memotong pengeluaran. Misalnya, dengan menurunkan tagihan kuota internet, batalkan membership yang tidak lagi digunakan, dan memasak makanan sendiri agar lebih hemat. Kamu juga bisa menghemat pengeluaran melalui tagihan listrik. Gunakan lampu yang lebih hemat energi, atau selalu matikan peralatan listrik dan lampu apabila tidak diperlukan. Kebiasaan ini akan membantu kamu mengurangi biaya yang keluarkan setiap bulannya.

4. Evaluasi Pengeluaran Hiburan

Pergi berlibur dengan fasilitas mahal adalah jalan buruk untuk menghadapi resesi 2023. Alih-alih membayar mahal untuk itu, cobalah mencari alternatif liburan yang lebih murah. Misalnya, membeli tiket perjalanan dengan promo, atau membayar penginapan dengan penawaran terbaik. Kamu juga bisa menggantinya dengan menemukan atraksi dan aktivitas yang menyenangkan dan terjangkau di lokasi sekitarmu. Cara mengelola keuangan ini akan menghemat banyak uang kamu dalam jangka panjang.

5. Hindari Pertumbuhan Hutang

Mulai sekarang, cobalah tantang diri kamu untuk menghindari pertumbuhan hutang kamu. Tanpa disadari pembayaran hutang bulanan akan mengikis besaran tabungan kamu. Dengan kata lain, hutang bisa menjauhkan kamu dari financial freedom. Jadi sudah saatnya kamu membebaskan diri dari itu. Jika kamu masih memiliki hutang, lunasi perlahan-lahan dan jangan biarkan hutang kamu bertambah. Setelah penghasilan kamu bebas dari hutang, saatnya kamu menggunakannya untuk membuat kemajuan dalam tabungan kamu.

Read :  Cara Belajar Bahasa Mandarin dengan Cepat

Bagaimana, jadi semakin siap menghadapi resesi dengan cara mengelola keuangan di atas? Pada akhirnya kamu hanya memerlukan kebiasaan uang yang sehat dan menyadari kebutuhan masa mendatang lebih penting daripada keinginan saat ini.

Jika kamu masih memiliki kekhawatiran perihal PHK massal sebagai dampak resesi, kamu bisa mulai mempersiapkan pekerjaan baru. Kunjungi Karir.com dan dapatkan lowongan kerja yang sesuai dengan latar belakangmu. 

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.