Tips Karir

7 Cara Mengelola Stres Kerja di Perusahaan Startup

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tak bisa dimungkiri, stres di tempat kerja sulit dihindari. Mayoritas karyawan pasti pernah merasakan stres di tempat kerja. Stres ini tidak muncul begitu saja, melainkan berasal dari beberapa pemicu stres saat bekerja. Dalam artikel ini, Karir.com ingin membagikan cara mengelola stres kerja terutama di perusahaan startup.

Penyebab Stres Kerja

Apa saja sumber dan penyebab terjadinya stres kerja? Apa saja faktor pemicu stres saat bekerja? Ada tiga faktor besar yang menjadi sumber penyebab stres kerja, yaitu faktor lingkungan, organisasi, dan pribadi.

Umumnya stres saat bekerja dapat terjadi ketika kondisi di lingkungan tempat kerja yang tidak sehat, beban kerja yang terlalu banyak, dan gaji yang rendah. Faktor lainnya yang mungkin menjadi pemicu di antaranya, tuntutan dan tekanan kerja yang tidak sesuai atau melebihi kemampuan, kurang menguasai bidang pekerjaan yang digeluti, dan tidak mendapat apresiasi dari atasan.

Dampak Stres Kerja?

Apa saja dampak yang ditimbulkan akibat stres? Stres kerja sangat mempengaruhi kesehatan secara menyeluruh. Jika dibiarkan terus menerus stres kerja bisa menyebabkan masalah kesehatan fisik, mental, mengurangi produktivitas, dan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan kerja.

Dari segi kesehatan tubuh, stres kerja menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala, sakit perut, nyeri dada, kelelahan, sakit kepala, mual, dan muntah. Dalam jangka panjangnya, stres dapat menimbulkan gangguan kesehatan seperti migrain, tekanan darah tinggi, diabetes, dan depresi.

Cara Mengelola Stres Kerja

Stres berdampak buruk terhadap pekerjaan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menangani stres sesegera mungkin. Lalu, bagaimana cara mengelola stres kerja di perusahaan startup? Berikut 7 tips cara mengelola stres saat bekerja. 

Read :  Ingin Jadi Social Media Specialist? Miliki Skill Berikut Ini!

1. Strategi Relaksasi

Relaksasi membantu melawan efek fisiologis dari ketegangan otot yang berhubungan dengan stres. Mengutip Harvard Health Publishing, duduklah dengan nyaman dan mata tertutup. Tahan ketegangan selama 10 detik; lepaskan ketegangan selama 20 detik. Setiap kali kamu melepaskan ketegangan otot, pikirkan “sesuatu yang menyenangkan” untuk diri sendiri. 

2. Identifikasi Penyebab Stres

Cara mengelola stres kerja yang utama dengan mengidentifikasi penyebab stres. Beberapa penyebab stres yang umum antara lain, konflik dengan rekan kerja atau manajer, pekerjaan yang terlalu menumpuk, dan ketidakpuasan atas pekerjaan. Atasi konflik itu dengan segera. Ingatlah mengabaikan konflik tidak menyelesaikan masalah.

3. Jadwalkan Hari dengan Benar

Jadwal kerja yang tidak teratur membuat pekerja mengalami stres. Buat daftar pekerjaan kamu dalam sehari untuk menghindari penumpukkan pekerjaan. Cara mengelola stres kerja ini dapat membantu kamu bekerja dengan segar sepanjang hari.

4. Dengarkan Musik saat Bekerja

Mendengarkan musik saat bekerja memiliki banyak dampak positif. Salah satunya mengurangi stres. Musik memberikan efek relaksasi yang membuat tubuh lebih tenang dan rileks ketika bekerja.

5. Cobalah Menemukan Humor

Seperti musik, tertawa adalah cara mengelola stres kerja. Dalam artikel Psychology Today, Andrew Tarvin membagikan strategi mengelola stres dengan humor. Strategi tersebut terdiri dari 4R, yaitu reject, reframe, relieve, dan refresh.

6. Mengunyah Permen Karet

Siapa sangka mengunyah permen karet juga dapat mengurangi stres. Melansir Hello Sehat, orang yang secara teratur mengunyah permen karet mengalami penurunan tingkat kecemasan, peningkatan kewaspadaan, berkurangnya stres, dan peningkatan kemampuan multitasking.

7. Ambil Waktu Istirahat 

Istirahat adalah cara mengelola stres kerja terbaik. Pada jam istirahat, maksimalkan waktu untuk power nap. Power nap adalah tidur siang singkat selama 20-30 menit. Tidur siang berkualitas ini akan membuat kamu kembali bugar dan bersemangat dalam menjalankan aktivitas.

Read :  Alasan Pengembangan Diri dalam Karir Itu Penting

Itulah informasi seputar cara mengelola stres kerja di perusahaan startup. Apa pun pekerjaanmu selalu lakukan dengan enjoy. Rasa senang saat bekerja akan meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas dalam bekerja. 

Jika kamu ingin memulai pekerjaan baru. kamu bisa kunjungi situs Karir.com. Kamu akan menemukan berbagai lowongan kerja di perusahaan startup. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti Karir Techno Fair sebagai #LangkahAwalKarir kamu! 

Di acara ini, kamu akan mendapatkan pembekalan menghadapi dunia kerja industri teknologi dalam bentuk One Day Workshop. Tunggu apalagi? Ayo klik daftar sekarang untuk mendaftarkan dirimu.

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.