Tips Karir

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Benar Via Email

Pinterest LinkedIn Tumblr

Surat lamaran kerja adalah salah satu dokumen penting yang mesti disiapkan ketika akan melamar pekerjaan. Kualitas tersebut terlihat dari struktur penulisan suratnya.

Masih suka bingung atau bahkan nggak tahu cara menulisnya via email? Seperti apa sih yang benar, yuk simak!

Format Surat Lamaran Kerja

  • Subjek Email

Pada info lowongan kerja, biasanya recruiter mencantumkan subject email. Namun apabila tidak tercantum subject email di loker tersebut, kamu bisa berimprovisasi agar recruiter makin tertarik. Format yang umum digunakan adalah:

[Nama] – [Posisi yang Dilamar]

  • Tujuan Surat

Tujuan surat berisi nama perusahaan tempat melamar pekerjaan. Surat bisa ditujukan untuk Pemimpin perusahaan, Manajer Personalia, atau HRD.

Kepada Yth,

[Penerima Surat]

[Nama Perusahaan]

  • Pembuka

Pembuka surat berisi ketertarikan kamu pada posisi yang dilamar. Format yang bisa kamu contoh, sebagai berikut.

Berkaitan dengan lowongan kerja untuk posisi [Posisi yang Dilamar] yang saya lihat di [Sumber Info Loker]. Saya sangat tertarik untuk mendaftar karena sesuai dengan pekerjaan yang saya harapkan dan sesuai dengan kualifikasi saya.

  • Isi

Isi surat lamaran kerja adalah promosi diri. Sebutkan data diri, skill dan pengalaman yang kamu miliki untuk meningkatkan daya tarikmu. Lihat contoh di bawah ini!

Saya seorang lulusan SMK Karya Bangsa Jurusan Administrasi Perkantoran. Adapun kemampuan yang saya miliki adalah kemampuan komunikasi yang baik, melakukan entri data, dan menulis terutama yang berhubungan dengan administrasi. Saya mampu mengoperasian komputer dan mahir dengan software Microsoft Office seperti Word, Excel, dan Power Point. Saya juga mampu berbahasa Ingris dengan level A1 Beginner.

  • Penutup

Penutup umumnya berupa ucapan terima kasih. Selain itu, bisa juga menambahkan kalimat harapan. Misalnya harapan diterima di posisi yang dilamar, dapat melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya, atau harapan untuk bergabung dengan perusahaan. Gunakan kalimat penutup yang singkat dan sederhana, seperti berikut ini.

Read :  5+ Pilihan Investasi Untuk Pemula dan Karyawan

Berikut saya lampirkan berkas yang diperlukan. Jangan sungkan untuk menghubungi saya melalui email [Alamat  Email] atau melalui Whatsapp [Nomor Telepon].

Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan. Besar harapan saya untuk bisa bergabung dalam perusahaan Bapak/Ibu. Saya ucapkan terima kasih atas kebijaksanaannya.

Contoh

Standar format di Microsoft Word menggunakan jenis huruf standar dan formal, antara lain Times New Roman, Arial, dan Trebuchet MS. Ukuran font bisa 11 atau 12 pt. Jenis kertas yang digunakan A4 dengan jarak spasi 1 atau 1,5. Batas margin atas, kanan, bawah, dan kiri masing-masing 1. Biar gampang, kamu bisa pakai template surat lamaran kerja di bawah ini!

  1. Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia

Kepada Yth [Nama Penerima],

[Nama Perusahaan]

Berkaitan dengan lowongan kerja untuk posisi [Posisi yang Dilamar] yang saya lihat di [Sumber Info Loker]. Saya sangat tertarik untuk mendaftar karena sesuai dengan kualifikasi diri saya.

Saya seorang lulusan [Pendidikan Terakhir] dari [Nama Instansi Pendidikan] [Nama Jurusan]. Sebelumnya, saya pernah bekerja sebagai [Pengalaman yang Relevan] 

Adapun kemampuan yang saya miliki adalah [Skills yang Relevan]. Saya juga mampu berbahasa [Kemampuan Bahasa] dengan level [Level Bahasa].

Berikut saya lampirkan berkas yang disyaratkan. Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan. Besar harapan saya untuk bisa bergabung dalam perusahaan Bapak/Ibu. Saya ucapkan terima kasih atas kebijaksanaannya.

Salam Hormat,

[Nama Lengkap]

[Kontak Telepon]

  1. Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris digunakan apabila kamu apply loker yang ditulis dalam Bahasa Inggris, wajib fasih berbahasa Inggris, dan melamar perusahaan internasional.

Good Morning
Dear _______(receiver name),

Hello, I am (your name). I wish to apply for the ________position advertised on _______. I am interested in registering :

Read :  Pentingnya Membangun Kesan Baik Di Hari Pertama Kerja!

Name: 
Age:
Phone Number:

For the past _______ I have been working in (your past job) for _______. I am confident with my experience, ________ skills, and ability to ____________. I would be delighted to discuss with you how I might be an asset to __(company name)

Along with this letter, i attach a CV and other supporting data. Thank you in advance for your time and consideration. I look forward to hearing from you.

Respectfully yours,

[Full Name]

Semoga setelah membaca artikel ini, kamu lebih paham cara menulis surat lamaran kerja. Good luck!

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.