Tips Karir

Cara Perkenalan Diri Saat Interview dan Contohnya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Perkenalan diri saat interview menjadi penilaian pertama seorang pewawancara. Menampilkan perkenalan diri yang baik saat interview berarti meninggalkan kesan positif pada pewawancara.

Untuk membantu kamu meninggalkan kesan yang baik ketika perkenalan diri saat interview. Berikut adalah cara membuat kesan pertama yang baik saat interview. Simak langkah-langkah cara perkenalan diri saat interview berikut ini.

Langkah-langkah Cara Perkenalan Diri Saat Interview

1. Mulai dengan Menyapa Pewawancara

Gambaran positif tentang dirimu dimulai ketika melangkah untuk interview. Senyuman di wajah kamu akan menambah rasa percaya dirimu.

Kemudian, sapa dan jabat tangan pewawancara sambil tersenyum lebar. Ucapkan ‘Halo’ untuk menunjukkan etiket kamu. Selama wawancara berlangsung selalu perhatikan bahasa tubuhmu. Tetap rileks dan jaga kontak dengan pewawancara. Berikan anggukan sebagai respons secara tepat. 

2. Sebutkan Identitas Diri

Setelah saling menyapa pada beberapa menit awal, kamu dapat memperkenalkan dirimu secara singkat. Sebutkan nama lengkap, latar belakang pendidikan, dan deskripsikan kualifikasi pendidikan kamu.

Jangan terlalu banyak menghabiskan waktu tentang diri kamu. Maksimalkan waktu sebaik-baiknya. Hindari menceritakan identitas diri yang tidak relevan dengan pekerjaan.

3. Deskripsikan Kualifikasi Keterampilan

Sebelum memulai wawancara, pastikan kamu mempelajari tentang perusahaan dan kualifikasi dan keterampilan utama yang dibutuhkan.

Saat interview, jelaskan bagaimana deskripsi diri kamu cocok dengan pekerjaan yang dicari perusahaan. Jangan hanya menceritakan isi resume dan surat lamaran. Ceritakan secara detail sehingga terdengar otentik. 

Read :  Musim Hujan Bukan Halangan untuk Tetap Produktif Kerja

4. Uraikan Pengalaman Profesional

Selanjutnya, sebutkan rincian pengalaman profesional yang telah dilalui. Bicarakan pelatihan khusus tentang pekerjaan yang pernah diikuti, prestasi dan pencapaian sebelumnya.

Ceritakan apa saja yang dipelajari dan bagaimana kamu bisa mencapainya. Semua rincian ini menjadi aset besar dalam wawancara kamu.

5. Bicarakan Passion Terkait Pekerjaan

Jangan ragu membawa wawancara pada obrolan informal. Manfaatkan topik hobi, minat, ataupun passion yang paling berkaitan dengan pekerjaan dan profil perusahaan. Namun, kamu perlu menjaga esensi wawancara. Berhati-hatilah untuk tidak terlalu masuk percakapan yang tidak profesional. Ini akan mempengaruhi penilaian kamu.

Contoh Cara Perkenalan Diri Saat Interview

Setelah memahami cara memperkenalkan diri yang baik saat interview, kamu dapat mengambil inspirasi dari contoh perkenalan diri saat interview berikut ini.

1. Contoh Perkenalan Diri untuk Digital Marketing Manager

Halo, selamat pagi Pak. Perkenalkan, nama saya adalah Mikha Augustinus. Saya lahir dan dibesarkan di kota Palembang. Saat ini saya tinggal di Kebayoran, Jakarta Selatan sejak 6 bulan lalu. Saya menyelesaikan magister komunikasi saya di Universitas Harapan Negeri. Saya telah bekerja selama 4 tahun sebagai digital marketing manager di PXC Inc. Sebelumnya saya bekerja di sebuah perusahaan asuransi, Asfalisi Corp. Saya memiliki pengetahuan menyeluruh mengenai SEO On Page dan Off-Page. Saya memahami cara kerja media sosial dan bagaimana cara advertising dengan berbagai platform media sosial termasuk SEM, serta marketing melalui email dan mobile. Saya percaya bahwa saya adalah kandidat yang tepat untuk posisi digital marketing manager yang perusahaan Artz Corner butuhkan karena saya memiliki seluruh kompetensi dan kualifikasi yang dibutuhkan.

2. Contoh Perkenalan Diri untuk Sales Manager

Halo, saya Maria Hasna. Saya tinggal di kota Bekasi dan menyelesaikan pendidikan magister pemasaran di Universitas Bintang Bangsa. Saya pada mulanya bekerja di retail fashion She&Fashion sebagai Sales Executive, namun setelah 3 tahun bekerja saya naik ke posisi Sales Manager. Saya percaya diri dengan kemampuan saya dalam perencanaan penjualan dan pengembangan bisnis. Saya juga memiliki pemahaman tentang layanan pelanggan dan bagaimana membangun hubungan yang efektif dengan pelanggan serta klien. Dalam rentang waktu 4 bulan, saya membantu meningkatkan profitabilitas dan volume penjualan tahunan perusahaan tersebut melalui proyek singkat yang saya beri nama WISH (Women In Spirit and Hopes) on 2022.Saya memiliki ketertarikan tinggi pada fashion. Dengan passion serta kompetensi yang saya miliki, saya dapat menjadi aset bagi kemajuan perusahaan Volbana McQuin.”

Read :  Trik Untuk Menjawab “Mengapa Anda Resign Dari Perusahaan Sebelumnya?” Saat Wawancara Kerja

4. Contoh Perkenalan Diri untuk Product Manager

Halo, selamat pagi Ibu Merlyn. Nama saya Anton Bernando. Saya lulus dari Universitas Sukacita Rakyat dengan gelar magister bisnis. Saya telah bekerja sebagai Product Manager di PT Simpanan Berkah Rakyat (SBR) selama hampir 5 tahun. Saya memiliki pemahaman tentang perencanaan dan pengembangan produk. Sebagai seorang profesional, saya terbiasa menjalankan sprint desain, melakukan pengujian produk dan menggunakan tools seperti Google Analytics, Mixpanel, Optimizely, dan Tableu. Rekan-rekan kerja saya sebelumnya mengatakan bahwa saya memiliki keterampilan interpersonal yang baik. Saya melaksanakan tanggung jawab dalam memimpin pertemuan dengan klien di proyek kolaborasi SBR dengan brand lain yaitu, Uang Kita. Saya yakin bahwa saya adalah kandidat yang memenuhi persyaratan deskripsi pekerjaan yang dicari perusahaan Ibu.

Penutup

Itu dia contoh cara memperkenalkan diri saat interview baik kepada HRD atau dengan user. Temukan lowongan pekerjaan hanya di Karir.com

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.