Profesi

5 Tugas Credit Marketing Officer, Gaji, dan Kualifikasinya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Apa itu Credit Marketing Officer (CMO)? Credit Marketing Officer adalah orang profesional yang membantu klien dengan aplikasi pinjaman. Seorang individu yang bekerja di bidang ini dapat meningkatkan basis klien dan volume produksi portofolio.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan apa yang dilakukan Credit Marketing Officer dan melihat seberapa menarik berada di posisi ini. Baca terus untuk wawasan mendetail tentang Credit Marketing Officer. 

Peran dan Tugas Credit Marketing Officer

Credit marketing officer tugasnya apa? Pekerjaan Credit Marketing Officer bersifat lapangan. Para CMO umumnya bekerja secara mandiri dan dalam lingkungan tim dengan pengawasan terbatas. Rincian peran dan tugas CMO sebagai berikut.

1. Meninjau Permintaan Peminjaman

Credit Marketing Officer akan bertemu dengan klien yang tertarik untuk mengambil pinjaman untuk memberi informasi yang diperlukan dalam memulai proses peminjaman. Tugas Credit Marketing Officer adalah menyetujui atau menolak permintaan pinjaman. CMO akan memproses aplikasi peminjaman dari klien yang berhasil. 

2. Mengevaluasi Informasi Keuangan Klien

Credit Marketing Officer menghubungi klien untuk mengumpulkan data dan dokumentasi keuangan. Pengumpulan informasi ini dilakukan untuk menilai status keuangan klien, termasuk juga kelayakan kredit klien. Dari hasil evaluasi ini, CMO akan mengomunikasikan keputusannya kepada klien dan manajemen perihal tindak lanjut proses peminjaman.

3. Menganalisis dan Menghitung Rasio Risiko 

Credit Marketing Officer adalah orang yang melakukan tindak lanjut dengan klien tentang pembaruan pinjaman. Credit Marketing Officer juga bertanggung jawab untuk menciptakan model penilaian kredit. Mereka menghitung dan menganalisis rasio risiko klien (misalnya nilai kredit dan suku bunga). Analisis dilakukan berdasarkan skor kredit dan riwayat keuangan klien. 

Read :  Profesi Financial Advisor dari Tugas hingga Gajinya!

4. Menyiapkan Rencana Pembayaran

Credit Marketing Officer menyiapkan rencana pembayaran untuk klien yang menginformasikan mengenai jumlah angsuran, suku bunga, dan biaya lainnya. CMO menyimpan catatan aplikasi pinjaman yang diperbarui dengan menggunakan software manajemen pinjaman. Dalam prosesnya mereka juga memantau perkembangan proses aplikasi pinjaman yang ada. Apabila ditemukan hambatan, CMO akan menyampaikannya kepada klien.

5. Menjaga Hubungan Baik dengan Klien

Salah satu peran Credit Marketing Officer adalah menarik pelanggan baru. Oleh karena itu, CMO juga harus menjaga hubungan baik dengan setiap kliennya. Hubungan yang dijalin harus sesuai dengan SOP manajemen hubungan klien yang diatur perusahaannya, serta harus menjaga kerahasiaan klien.

Gaji Credit Marketing Officer

Berapa gaji seorang Credit Marketing Officer? Berdasarkan riset Indeed, gaji rata-rata untuk Credit Marketing Officer adalah Rp 3.521.454 per bulan. Bogor menjadi kota dengan gaji CMO tertinggi, yaitu sebesar Rp 5.257.554 per bulan, diikuti Jakarta (Rp 5.046.769 per bulan), Surabaya (Rp 5.045.325 per bulan), Bekasi (Rp 4.998.533 per bulan), dan Tangerang (Rp 4.901.225 per bulan).

Selain gaji, apakah CMO mendapatkan komisi? Ya, sebagian besar CMO memperoleh komisi. Komisi adalah keuntungan utama menjadi Credit Marketing Officer. Dengan kinerja yang baik, seorang CMO berhak atas komisi yang sesuai.

Bagaimana menjadi Credit Marketing Officer?

Jika tugas dan tanggung jawab di atas, selaras dengan keterampilan dan tujuan profesional kamu, menjadi Credit Marketing Officer mungkin menjadi jalur karier yang cocok untuk kamu.

Seseorang yang tertarik berada di posisi ini harus memiliki pengalaman kerja yang terbukti sebagai Credit Officer, Loan Officer, atau peran lain yang serupa di departemen Akuntansi. Di samping itu, diperlukan juga gelar sarjana di bidang Akuntansi, Perbankan, Ekonomi, Bisnis, atau bidang terkait.

Read :  Mengenal Jenjang Karir General Affair dan Gajinya

Beberapa keahlian utama yang dibutuhkan dalam peran ini antara lain, keterampilan interpersonal yang baik, analitis yang kuat, layanan pelanggan, dan kemampuan bekerja di bawah tekanan. Keterampilan matematika dan kemampuan membuat serta memproses spreadsheet keuangan juga sangat penting dalam peran ini. Adapun software yang perlu dikuasai berkaitan dengan perangkat lunak manajemen pinjaman, seperti FileInvite, CreditOnline, dan Lendstream.

Lowongan Kerja Credit Marketing Officer

Ingin berkarir sebagai Credit Marketing Officer? Mulai dari mana ya? Jika kamu mencari lowongan kerja Credit Marketing Officer, Karir.com menyediakan informasi loker tersebut. Kamu dapat mengeceknya di sini. Daftar sekarang dan jadilah kandidat terbaik.

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.