Profesi

Tugas dan Peran Digital Marketing bagi Bisnis Digital

Pinterest LinkedIn Tumblr

Digital Marketing adalah profesi yang hadir seiring berkembangnya internet. Hampir semua perusahaan membutuhkan peran Digital Marketing agar pemasaran yang dilakukan tetap relevan dengan masyarakat saat ini. 

Tertarik jadi Digital Marketing? Ketahui tugas dan tanggung jawab yang dimilikinya beserta seberapa besar gaji yang diperoleh dari perannya.

šŸ’Ŗ Tugas dan Tanggung Jawab 

Apa tugas seorang digital marketing? Digital marketing bertugas untuk mendorong pertumbuhan positif bagi perusahaan dari segi loyalitas dan kesadaran merek. Secara menyeluruh perannya berhubungan dengan semua aspek pemasaran digital. Peran tersebut mencakup perencanaan, penerapan, dan pemantauan kampanye pemasaran di berbagai saluran digital.

Digital marketing mengelola kampanye pemasaran yang mempromosikan produk atau layanan perusahaan. Untuk menghasilkan kampanye pemasaran yang efektif, mereka akan mengidentifikasi tren dan teknologi terbaru yang mempengaruhi industri. Secara signifikan mereka akan menganalisis metrik.

1. Meriset Tren dan Keyword

Digital Marketing melakukan penelitian kata kunci (keyword) dan pelaporan statistik web. Mereka berkontribusi pada blog perusahaan agar tetap up to date dengan tren digital saat ini. Dengan keyword yang tepat, konten dapat menemukan pasar yang relevan dan akhirnya berpengaruh terhadap pertumbuhan bisnis.

šŸ”” Tips : Saat menentukan keyword poin pentingnya, cari yang bisa memberikan dampak bagi bisnis.

2. Menganalisis Traffic Digital

Digital Marketing meneliti peluang media online baru yang mungkin bermanfaat bagi bisnis termasuk media sosial, pengembangan blog, dan forum. Mereka memantau dan menganalisis lalu lintas digital di berbagai saluran digital. Kontribusi mereka bertujuan menumbuhkan kesadaran merek dan konversi bagi bisnis perusahaan. Untuk channel marketing biasanya bersumber dari Organic, Paid (Google ads dan Facebook Ads), Refferal, Email Marketing, Social Media dan juga Direct.

Read :  Quality Assurance: Skill Wajib yang Harus Dimiliki Seorang Quality Assurance

šŸ”” Tips : Dari list channel di atas, analisa mana top 3 yang paling banyak menyumbang traffic

3. Memberikan Laporan dan Analisis yang Akurat

Mereka memberikan laporan dan analisis yang akurat kepada klien dan manajemen perusahaan untuk menunjukkan laba atas investasi (ROI) yang efektif. Laporan juga berasal dari review kinerja situs web. Selanjutnya mereka membuat rekomendasi untuk perbaikan yang membantu pertumbuhan kinerja bisnis.

šŸ”” Tips : Buat KPI dari segi performace (kinerja channel) dan dari sisi management (efek dari kinerja marketing yang sudah dilakukan)

4. Mengoptimalkan Kampanye Ads

Digital Marketing menentukan jenis konten apa yang dapat menjangkau pelanggan dengan baik, dan di mana penempatan iklan yang tepat. Kampanye iklan berbayar ini memerlukan biaya, sehingga mereka akan menegosiasikan harga terbaik yang bisa dicapai. Media yang digunakan biasanya Google Ads, Facebook Ads, Tiktok Ads, Marketplace Ads, Linkedin Ads dan media ads lainnya.

šŸ”” Tips : Pilih 2-3 media yang paling pas dengan bisnis, agar Budgetnya bisa lebih optimal

5. Mengembangkan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran digital menjadi tanggung jawab Digital Marketing. Mereka melakukan riset untuk mengidentifikasi konten pemasaran yang dapat memaksimalkan Return On Investment (ROI). Beberapa strategi pemasaran digital diantaranya Search Engine Marketing, Content Marketing, Social Media Marketing, Email Marketing, Influencer Marketing, dan Copywriting.

šŸ”” Tips : Belajar membuat plan digital marketing dan yang paling penting adalah budget, KPI dan channel yang akan digunakan.

Strategi Digital Marketing

Apa saja skill yang harus dikuasai oleh seorang digital marketing? Seorang Digital Marketing harus menguasai semua hal yang berkaitan dengan strategi pemasaran digital. Apa saja strategi digital marketing yang efektif?

1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah strategi yang dilakukan agar webiste berada di halaman atas SERP (google) sesuai dengan target market atau sesuai dengan keyword yang potensial memberikan traffic website.

Read :  Ingin Jadi KOL Specialist? Ini Tugas dan Gajinya!

2. Search Engine Marketing (SEM Marketing) atau PPC

SEM mengarahkan lebih banyak traffic ke situs perusahaan. Alat seperti Google Analytics, Google Ads dan keyword yang relevan dengan bisnis membantu untuk meningkatkan peringkat pertama di halaman pencarian dengan bantuan Ads targeting kata kunci.

2. Content Marketing

Konten dalam upaya pemasaran digital terdiri dari blog, video, dan infografis. Konten dibuat untuk memberi informasi kepada pengunjung yang akhirnya mengajak mereka untuk melanjutkan proses ke pembelian (call to action). Content marketing berfungsi untuk meningkatkan brand awareness dan brand recognition serta kredibilitas brand.

3. Social Media Marketing (SMM Marketing)

Media sosial adalah alat promosi yang ampuh untuk menumbuhkan audiens dan kesadaran merek. Seperti search engine, media sosial untuk membangun engagement dapat dijalankan secara organik. Social media marketing adala strategi untuk meningkatkan exposure kepada customer.

4. Email Marketing

Email membantu menjangkau pelanggan untuk membentuk interaksi dan memicu pembelian dengan cara yang profesional. Dengan menggunakan email marketing, Digital Marketing mengingatkan pelanggan mengenai produk baru atau rekomendasi yang disukai. Email marketing adalah strategi yang tidak membutuhkan terlalu banyak biaya jika dibandingkan dengan strategi lainnya

5. Customer Relationship Management

CRM adalah strategi untuk menjaga relasi dengan konsumen baik itu yang akan/sedang dan telah melakukan pembelian.

šŸ¤‘ Gaji Digital Marketing

Berapa gaji digital marketing?

Berdasarkan riset Indeed, gaji Digital Marketing di Indonesia rata-rata sebesar Rp 5,022,847 per bulan. Sementara itu menurut Salary Explorer, seorang Digital Marketing yang bekerja di Indonesia bisa mendapat penghasilan paling sedikitnya Rp 9.410.000 per bulan. Sedangkan gaji tertinggi yang bisa diperoleh sebesar Rp 26.300.000 per bulan. 

Tingkat pengalaman adalah faktor terpenting dalam menentukan gaji. Tentu saja, semakin banyak pengalaman, semakin tinggi upah yang didapat. tingkat pengalaman antara lima dan sepuluh tahun mendapatkan gaji Rp 18.200.000 per bulan, 32% lebih tinggi dari Digital Marketing dengan pengalaman dua hingga lima tahun.

Loker Digital Marketing

Itulah tugas dan strategi pemasaran yang dilakukan Digital Marketing. Apakah kamu makin tertarik menekuni profesi Digital Marketing? Butuh bantuan untuk menemukan karier Digital Marketing yang bagus? Karir.com siap membantu. Kunjungi situs kami, dan dapatkan lowongan kerja Digital Marketing yang cocok untukmu.

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

5 1 vote
Article Rating
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] menjalankan pekerjaannya, KOL Specialist akan bekerja sama dengan divisi pemasaran untuk memulai dan melaksanakan strategi pemasaran. Secara umum tugas KOL Specialist terdiri […]

trackback

[…] Performance Marketing […]