Profesi

Menilik Profesi Financial Advisor dari Tugas hingga Gajinya!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Financial Advisor adalah profesi yang bekerja untuk bisnis jasa keuangan. Namun Financial Advisor dapat pula bekerja secara mandiri atau dengan beberapa mitra bisnis. Pekerjaan Financial Advisor adalah salah satu yang diproyeksikan mengalami kemajuan beberapa dekade mendatang. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kesadaran untuk merdeka finansial di masa tua. Bagaimana peran tugas dan tanggung jawab Financial Advisor?

Deskripsi Pekerjaan Financial Advisor

Pekerjaan Financial Advisor adalah menyarankan klien tentang perencanaan keuangan mulai dari investasi, asuransi, pajak, hingga dana pensiun. Financial Advisor adalah perencana dan penasihat keuangan pribadi. Financial Advisor membantu klien membuat rencana dan mengelola keuangan sesuai situasi mereka.

Selama tahap awal karir, Financial Advisor akan mencari pelanggan dan mengisi nama mereka dalam daftar nama klien. Financial Advisor akan menjumpai banyak orang dan mencoba meyakinkan mereka untuk mendaftar sebagai klien. Financial Advisor mewawancarai klien untuk menilai toleransi risiko dan tujuan keuangan mereka.  

Setelahnya Financial Advisor merekomendasikan investasi yang tepat agar klien dapat mencapai tujuan keuangannya. Selain itu, Advisor juga akan merekomendasikan alokasi aset yang konsisten dengan toleransi risiko klien dan tahap kehidupan mereka.

Tugas Financial Advisor 

Tugas Financial Advisor berkaitan dengan perencanaan dan pengembangan keuangan klien. Apa saja tugas Financial Advisor? Tugas Financial Advisor adalah sebagai berikut.

Read :  Menilik Profesi Insurance Specialist, Apa Saja Tugasnya?

1. Meninjau Akun dan Rencana Klien

Secara teratur, Financial Advisor meninjau akun dan rencana klien untuk memahami adanya perubahan ekonomi, kinerja keuangan, atau masalah situasional lainnya yang dapat mengganggu rencana keuangan klien.

2. Menganalisis Data Keuangan Klien

Financial Advisor bertugas menganalisis data keuangan yang diserahkan oleh klien guna mengembangkan strategi untuk memenuhi tujuan keuangan klien. FA kemudian mempersiapkan ringkasan dokumen keuangan, laporan kinerja investasi, dan proyeksi pendapatan untuk klien. Financial Advisor akan menafsirkannya terlebih dahulu. 

3. Memberi Informasi Terkait Keuangan Klien

Financial Advisor berbicara dengan klien untuk menentukan pendapatan, pengeluaran, tujuan keuangan, cakupan asuransi, status pajak, toleransi risiko, dan informasi keuangan lainnya untuk mengembangkan rencana keuangan. Mereka akan menyarankan rencana dan strategi keuangan dalam cakupan asuransi, perencanaan investasi, manajemen kas, dan bidang lain untuk membantu mereka mencapai tujuan keuangan.

4. Mengelola dan Memperbarui Portofolio Klien

Data keuangan klien selalu dikelola dan dianalisis oleh Financial Adviser. Mereka juga memperbarui portofolio keuangan klien. Secara teratur mereka akan menghubungi klien untuk mengetahui perubahan status keuangan mereka.

5. Memelihara Basis Klien

Tugas utama yang dikerjakan Financial Adviser adalah mencari orang yang ingin mendaftar sebagai klien. Mereka senantiasa membangun dan memelihara basis klien untuk mengembangkan pekerjaannya.

Syarat menjadi Financial Advisor

Bagaimana menjadi financial advisor? Apa saja persyaratan dan skill set yang dibutuhkan untuk menjadi Financial Advisor? Seorang Financial Advisor adalah lulusan sarjana bisnis, keuangan, atau bidang terkait lainnya. Profesi ini menangani laporan keuangan sehingga mereka harus mahir mengoperasikan Ms. Word, Excel, Outlook, dan PowerPoint. 

Pengalaman dalam memberikan nasihat keuangan yang berkualitas dapat sangat mendukung pekerjaan. Mereka memiliki pengetahuan tentang reksa dana, sekuritas, dan industri asuransi. Selain pengalaman, beberapa skill set yang dibutuhkan untuk menjadi Financial Advisor yang baik. Setidaknya tiga keterampilan sangat penting bagi Financial Advisor.

Read :  Jenjang Karir Account Executive beserta Gajinya

1. Keterampilan Bisnis dan Keuangan

Memahami bisnis mendukung Financial Advisor mendapatkan klien sebanyak mungkin. Sementara keuangan membantu mereka mengenali cara terbaik merencanakan dan mengalokasikan keuangan klien.

2. Keterampilan Analitis

Financial Advisor harus bisa membaca data dan menganalisa tren bisnis dengan baik. Keterampilan analitis yang baik akan membantu mereka mengenali dan mengantisipasi pasar mana yang bernilai bagi klien.

3. Keterampilan Interpersonal yang Baik

Keterampilan interpersonal adalah keterampilan yang memungkinkan kita untuk bekerja sama dengan orang lain. Financial Advisor haruslah memiliki kepribadian yang menyenangkan dan dapat dipercaya. Mereka harus dapat membangun kepercayaan klien, sebab mereka menjadi informasi terpercaya bagi keuangan klien.

Gaji Financial Advisor

Berapa gaji Financial Advisor? Financial Advisor adalah salah satu profesi yang menghasilkan gaji tinggi. Berdasarkan riset dari Indeed, Financial Advisor mendapat gaji rata-rata Rp 10,730,261 per bulan. Jadi Dalam setahun, penghasilannya bisa mencapai Rp 151,553,677. 

Sementara itu, Salary Expert melaporkan data yang lebih tinggi. Rata-rata gaji Advisor adalah Rp 299.992.662 per tahun. Untuk tingkat pemula, gaji yang didapat berkisar Rp 173.091.458 per tahun, sedangkan tingkat senior dengan pengalaman lebih dari 8 tahun dibayar Rp 385.437.587 per tahunnya.

Tertarik merekrut Financial Advisor? atau sedang membutuhkan lowongan kerja di bidang Financial? Kunjungi Karir.com dan lamar posisi yang dibutuhkan sekarang juga!

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.