Front end Developer adalah profesi yang berada di balik kecanggihan teknologi smartphone. 

Era digital seperti sekarang ini, menjadikan peluang karier Frontend Developer makin luas. Orang yang terjun di bidang ini masih sangat sedikit. Hal ini pun membuat peluang karier Frontend Developer makin menggiurkan.

Profesi ini memiliki banyak kesempatan untuk menemukan lowongan pekerjaan sebab banyak dibutuhkan perusahaan. Menariknya di tengah permintaan yang tinggi, penawaran atas posisi ini terbilang terbatas. Lantas seperti apa pekerjaan Frontend Developer?

Jobs Desk Front end Developer

  • Mengembangkan fitur web interface baru untuk pengguna
  • Membuat kode yang reusable
  • Menjamin kelayakan teknis dari desain UI/UX
  • Menjamin semua input pengguna divalidasi dikirim ke back-end
  • Menerapkan prinsip-prinsip desain web dan bertanggung jawab memastikan bahwa website perusahaan berjalan baik di beberapa perangkat
  • Merancang sebuah kerangka untuk membuat aplikasi pengguna yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan
  • Memantau kinerja website, menonton untuk lalu lintas turun terkait dengan masalah kegunaan situs dan memperbaiki masalah
  • Tinjau aplikasi dan fitur coding dan merencanakan upgrade situs di masa yang akan datang  dengan tim pengembangan
  • Membantu dalam pengembangan aplikasi dan fitur yang akan dimasukkan pada website dan dalam fungsi internal maupun eksternal
  • Berkontribusi untuk dokumentasi (instruksional, pitch dan spesifikasi teknis)
  • Melatih lain staff non-teknis terutama desainer
Read :  Kiat Mendapat Promosi Kerja dalam Berkarier

Deskripsi Pekerjaan Front end Developer

Profesi Frontend Developer serupa dengan Web Developer. Berprofesi sebagai Frontend Developer salah satunya berfokus pada coding dan tampilan visual aplikasi yang menarik. Mereka adalah orang yang membangun situs web melalui bahasa pemrograman sehingga bisa diakses. Tugas dan tanggung jawab Frontend Developer sebagai berikut.

1. Mengembangkan Situs Web/Aplikasi

Seperti Web Developer, Frontend Developer memiliki tugas yang berhubungan dengan situs web. Mereka bertanggung jawab untuk memproduksi, memodifikasi, dan mengoptimalkan situs web dan aplikasi web user interface.

2. Merancang Struktur dan Desain Halaman Web

Frontend Developer adalah orang yang bertanggung jawab pada komposisi visual, fitur, dan memastikan grafis berkualitas tinggi pada situs web dan aplikasi. Mereka mengembangkan tampilan situs menggunakan bahasa pemrograman seperti CSS, HTML, dan Javascript.

3. Membuat Mockup dan Prototype 

Mockup adalah hasil akhir yang telah berisi bentuk elemen dengan presisi tinggi, gambar, warna, dan tipografi. Sedangkan prototype adalah simulasi yang menunjukkan cara pengguna berinteraksi dengan user interface. Untuk membuat mockup dan prototype dapat menggunakan Adobe XD dan Figma. 

Berapa Gaji Front end Developer?

Di Indonesia, profesi Front end Developer termasuk profesi yang baru. Selain baru, profesi ini juga menawarkan gaji yang relatif tinggi. Melansir laman Indeed, dalam setahun Frontend Developer memperoleh penghasilan sekitar Rp 102,969,075 atau 7,290,381 per bulan.

Sementara menurut laman Salary Explorer, gaji Frontend Developer paling rendah sebesar Rp 5.110.000 per bulan.  Dengan gaji rata-rata berkisar Rp 10.900.000 per bulan. Sedangkan gaji tertinggi yang bisa didapatkan sebesar Rp 17.200.000 per bulan.

Perhitungan gaji Frontend Developer salah satunya berdasarkan pengalaman kerja. Misalnya fresh graduate dengan pengalaman tidak lebih dari 2 tahun mendapat bayaran sekitar Rp 5.890.000 per bulan. Pengalaman yang meningkat memberi pengaruh positif pada gaji. Misalnya, pengalaman lebih dari 20 tahun bisa dibayar dengan nominal Rp 16.200.000 per bulan.

Read :  Ini Dia Keuntungan yang Bisa Anda Dapatkan Jika Mengisi Resume Online di Karir.com

Apa Saja Skill yang Dibutuhkan oleh Frontend Developer?

Frontend Developer dalam menjalankan pekerjaannya bekerja sama dengan Back-End Developer, Desainer Grafis, dan UX Designer. Mereka harus memiliki keterampilan teknis dan keterampilan non-teknis tertentu. Pada umumnya skill yang dibutuhkan untuk menjadi Frontend Developer antara lain:

1. Menguasai Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman yang wajib dikuasai terdiri dari JavaScript, CSS, HTML, dan JQuery. Makin banyak bahasa pemrograman yang dikuasai, makin bagus. Selain itu, mereka juga dituntut mampu menggunakan code versioning tools seperti Git, Mercurial, ata SVN.

2. Mahir Menggunakan Tools Frontend Developer

Selain Adobe Ilustrator, tools lain yang perlu dikuasai Frontend Developer adalah NPM/Yarn, dan Webpack. Mereka juga harus memiliki pemahaman yang baik mengenai asynchronous request handling, partial page updates, dan AJAX.

3. Memahami Dasar-dasar Website dan SEO

Frontend Developer bertanggung jawab dalam pemeliharaan dan pengoptimalan situs web. Oleh karena itu, Search Engine Optimization (SEO) harus dikuasai. Frontend Developer yang baik juga dapat menangani Desain Responsif/Seluler, Cross-Browser Development, dan Content Management Systems.

4. Memiliki Kemampuan Non-Teknis yang Dibutuhkan

Keterampilan non-teknis atau lebih dikenal dengan istilah soft skills juga penting dimiliki Frontend Developer. Soft skills yang dibutuhkan diantaranya pemecahan masalah yang sangat baik, dan fleksibilitas terhadap perubahan teknologi.

Loker Front End Developer

Apakah kamu tertarik pada profesi Frontend Developer? Jika iya, pelajari lebih dalam tentang profesi ini dan raih peluang kariernya segera. Temukan lowongan kerja Front end Developer terbaru hanya di Karir.com yang bisa kamu aplikasikan. Cara aplikasinya cukup mudah kok, langsung coba yuk!

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

5 1 vote
Article Rating
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] jadi Digital Marketing? Ketahui tugas dan tanggung jawab yang dimilikinya beserta seberapa besar gaji yang diperoleh dari […]