Profesi

🖥️ Pelajari Peran dan Tugas Full Stack Developer

Pinterest LinkedIn Tumblr

Profesi Full Stack Developer semakin banyak diminati. Pekerjaan ini berada di peringkat teratas dalam daftar pekerjaan di bidang teknologi. Banyak perusahaan membutuhkan campur tangan Full Stack Developer untuk menumbuhkan bisnisnya. 

Bagaimana peran dan tugas yang diemban oleh Full Stack Developer? Mereka adalah orang yang membantu tim pengembang terkait dalam segala hal. Pelajari selengkapnya sebagai berikut ya, Rekan Karir!

📚 Apa Pekerjaan Full Stack Developer?

Full Stack Developer adalah profesi yang bertugas menangani front-end dan back-end dari sebuah aplikasi. Full Stack Developer memiliki serangkaian peran yang luas.

Peran mereka dimulai dari perencanaan, pembuatan, hingga peluncuran sebuah aplikasi. Di setiap tahapnya, Full Stack Developer harus memastikan proses berjalan sebaik-baiknya dan menangani semua masalah yang terjadi.

Pada tahap perencanaan, Full Stack Developer akan melakukan brainstorming platform bersama tim desain grafis. Mereka akan meninjau prototipe sebelum mengubahnya menjadi produk berkode.

Pekerjaan mereka kemudian beralih ke pembuatan database dan server fungsional. Kemudian secara berkala, Full Stack Developer mengevaluasi seberapa responsif dan memastikan ketahanan aplikasi dari bug atau masalah yang ada.

Profesi Full Stack Developer memiliki peluang luar biasa untuk membangun karier. Berdasarkan survei 2020 Stack Overflow, dari 65 ribu pengembang di dunia, sekitar 54,9% diantaranya merupakan Full Stack Developer. Profesi tersebut berada di peringkat kedua, di antara Backend Developer (55,2%) dan Frontend Developer (37,1%). 

Read :  Kenali Jenjang Karir di Bank yang Menjanjikan

💪 Tugas Full Stack Developer

Tugas Full Stack Developer terdiri dari: 

1. Mengelola Database dan Server

Dengan bantuan Backend Developer, Full Stack Developer akan membuat dan mengelola database dan server. Mereka adalah administrator sistem yang mengonfigurasi, mengelola, dan memelihara jaringan dan sistem.

2. Menulis Kode untuk Aplikasi

Coding atau bahasa pemrograman adalah keahlian wajib seorang Full Stack Developer. Mereka harus menulis kode untuk bagian depan (Front-end) dan belakang (Back-end). Bahasa pemrograman ujung depan untuk pemula terdiri dari HTML, Javascript, dan CSS. Adapun bahasa pemrograman back-end seperti Python, Ruby, dan PHP.

3. Testing dan Menguji Aplikasi

Full Stack Developer akan melakukan testing kode vdan menguji aplikasi sebelum aplikasi dirilis. Tujuannya agar aplikasi berjalan dengan optimal dan terhindar dari bug. Jika terjadi bug, mereka akan mengatasinya.

4. Membuat Prototipe Platform Aplikasi

Dalam pembuatan prototipe, mereka berkolaborasi dengan tim desain grafis untuk merencanakan platform/aplikasi terbaik. Setelah aplikasi berhasil dibuat, mereka nantinya mendiskusikan perihal tampilan fitur baru untuk platform tersebut.

5. Berkolaborasi dengan Berbagai Pihak

Full Stack Developer memiliki posisi yang strategis, yang menempatkannya berada di antara Frontend Developer, Backend Developer, dan Desain Grafis. Mereka juga melakukan komunikasi dengan pemangku kepentingan perusahaan untuk membuat produk minimal yang layak dan terkait efektivitas teknologi yang muncul. 

🤑 Berapa Gaji Full Stack Developer?

Permintaan akan profesi Full Stack Developer terus tumbuh dan meningkat. Tak heran bayaran Full Stack Developer sangat menggiurkan. Menurut Indeed, rata-rata gaji Full Stack Developer di Indonesia sebesar Rp 9,799,913 per bulan.

Melansir CNBC, Riset Glints dan Monk’s Hill Ventures menyebutkan bahwa rentang gaji bulanan Junior Full Stack Developer berkisar US$500 hingga US$1600. Sedangkan bayaran Senior Full Stack Developer berkisar US$1.400 hingga US$2.800 per bulan.

Read :  Ketahui 4 Jenjang Karir Software Engineer

Salary Explorer juga melaporkan mengenai besaran gaji Full Stack Developer. Gaji terendah yang bisa didapat berkisar Rp 6.660.000 per bulan. Adapun gaji tertinggi yang bisa diperoleh mencapai Rp 19.600.000 per bulan. 

Pada dasarnya profesi cukup menantang dan menawarkan bayaran yang menjanjikan. Keterampilan teknis yang kompeten berharga bagi perjalanan karir profesi ini. Beberapa soft skill seperti keterampilan komunikasi, kreativitas, dan manajemen waktu dapat mendukung pekerjaan ini.

🎯 Loker Full Stack Developer

Apakah kamu semakin tertarik menduduki posisi Full Stack Developer? Mulailah mengejar karier sebagai Full Stack Developer dari sini! Kunjungi situs Karir.com untuk melamar lowongan kerja Full Stack Developer. Ada banyak perusahaan yang menawarkan gaji kompetitif yang tak boleh dilewatkan. Cek sekarang juga ya!

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.