Deskripsi Pekerjaan

General Manager adalah Peran Generalis, Simak Deskripsi Perannya!

Pinterest LinkedIn Tumblr

General manager adalah orang profesional yang diharapkan mampu untuk menumbuhkan lingkungan kerja yang menyenangkan, memastikan produktivitas, dan delegasi tugas berlangsung dengan baik. Manajer yang baik adalah salah satu alasan mengapa karyawan bertahan. Ini menunjukkan betapa besarnya pengaruh manajer terhadap organisasi, termasuk kinerja karyawan, keterlibatan, dan retensi karyawan.

Seorang general manager memiliki tanggung jawab yang luas dan menyeluruh di dalam keseluruhan organisasi. General manager adalah eksekutif puncak yang bertanggung jawab atas struktur, strategi, anggaran, hasil keuangan, dan metrik skor.

Untuk lebih memahami tentang general manager, kamu dapat menyimak pembahasan berikut ini!

Tugas General Manager

Apa tugas dari General Manager? Tugas General Manager mencakup banyak hal, namun umumnya mereka melakukan beberapa tanggung jawab sebagai berikut.

1. Mengawasi Operasi Bisnis Sehari-hari

General manager mengawasi operasi harian unit bisnis atau organisasi. Unit bisnis yang diawasi mulai dari keuangan dan akuntansi, sumber daya manusia, penjualan, hingga pemasaran.Secara keseluruhan mereka berfungsi untuk merencanakan dan mengelola semua operasi bisnis untuk mencapai tujuan perusahaan. Mereka juga menetapkan sasaran kinerja mingguan dan penyelesaiannya, serta mengkoordinasikan pengembangan sasaran kinerja utama untuk fungsi dan laporan langsung.

2. Mengembangkan Strategi Pengembangan Bisnis

General manager adalah orang yang bertanggung jawab dalam pengembangan dan penerapan strategi pertumbuhan bisnis. Agar dapat mengembangkan strategi yang tepat, mereka melakukan riset pasar dan analisis kompleks yang memungkinkan peluang pertumbuhan. Dapat dikatakan peran GM adalah peran yang generalis, di mana mereka akrab dengan semua bidang bisnis.

Read :  Mengenal Tugas SEO Specialist Beserta Gajinya yang Menjanjikan!

3. Membantu dalam Program Perekrutan dan Pelatihan Karyawan

General manager terlibat dalam pengawasan program perekrutan dan pelatihan pengembangan bakat keterampilan. Fungsi ini memungkinkan GM menetapkan kebijakan dan proses terkait hal itu. Bersama HRD, mereka mengembangkan program taktis yang memastikan perusahaan mempekerjakan kandidat yang unggul.

4. Membuat dan Mengelola Anggaran

Tugas lain yang menjadi tanggung jawab general manager berkaitan dengan keuangan. Seorang general manager juga bertugas untuk membuat, mengembangkan, dan memelihara rencana anggaran dan alokasi sumber dana. Perencanaan anggaran biasanya dibuat dengan menganalisis data akuntansi dan sumber keuangan perusahaan. 

5. Mengevaluasi Kinerja Operasional dan Keuangan

Untuk meningkatkan proses internal yang komprehensif, general manager memastikan karyawan bekerja sebagai unit yang kohesif. Mereka membantu manager terkait untuk mendelegasikan tugas kepada karyawan dengan kualifikasi terbaik sesuai kebijakan, prosedur, spesifikasi, dan nilai-nilai budaya yang berlaku. Apabila diperlukan mereka juga dapat menyarankan perbaikan untuk meningkatkan keterlibatan karyawan

Gaji General Manager

Berapa gaji seorang General Manager? Berdasarkan Indeed, rata-rata gaji general manager adalah Rp 6.525.648 per bulan. Berapa gaji general manager di Jakarta? Gaji general manager di Jakarta berkisar Rp 9.337.144. Kota lain dengan gaji bulanan tertinggi untuk general manager, yakni Makassar (Rp 9.088.224), Denpasar (Rp 6.439.000), Bandung (Rp 6.040.544), Tangerang (Rp 5.953.128), Semarang (Rp 5.031.648), Surabaya (Rp 4.909.533), Bandar Lampung (Rp 4.094.956), dan Medan (Rp 3.695.217). 

Berapa gaji general manager Pertamina? Gaji general manager Pertamina berkisar Rp 7.987.111 per bulan. Gaji general manager di perusahaan ternama lainnya sebagai berikut.

Nama PerusahaanGaji per Bulan
Astra InternationalRp 35.138.743
ChevronRp 12.700.000
PT.Freeport IndonesiaRp 10.000.000
PT. PertaminaRp 7.987.111
BPRp 7.900.000
PT Angkasa Pura IIRp 6.537.977
PT. Wahana Prestasi LogistikRp 5.506.665
Sumber: Id.Indeed.com

Jenjang Karir General Manager

Di bawah General Manager apa? Mengutip Zippia.com, beberapa posisi yang dapat dijajaki sebelum berada di posisi general manager antara lain:

Read :  Tugas dan Peran Digital Marketing bagi Bisnis Digital

Ingin mendapatkan informasi lowongan kerja yang lebih banyak? Kunjungi dan daftar akun di situs Karir.com. Kamu akan mendapatkan rekomendasi loker yang sesuai dengan profil karir kamu. Lamar lowongan kerja general manager di sini!

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.