Tips Karir

Gosip Kantor, Bagaimana Menyikapinya?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Young brunette gossips girls friends sisters in casual shirts telling shoc news isolated on beige background

Bagaimana menyikapi budaya gosip di kantor? Ingin bersosialisasi tapi merasa tidak ada manfaatnya mendengarkan gosip?

Sebagai makhluk sosial, terutama budaya timur, kita memang dituntut untuk selalu bersosialisasi. Sedari sejak di bangku sekolah pun kita diajarkan untuk menjadi makhluk sosial.

Di lingkungan kantor, jenis komunikasi yang mungkin terjadi pun beragam; ada yang mengangkat topik pembicaraan yang positif dan membangun, namun tak jarang pula topik yang diangkat bersifat negatif atau menjatuhkan orang lain, atau yang lebih dikenal dengan istilah ‘bergosip.’

Saat budaya bergosip terjadi di lingkungan kantor atau profesional, apa yang sebaiknya dilakukan? Bagaimana menyikapinya? Jawabannya tentu saja sikapi dengan profesional.

Bagaimana caranya?

Menghadapi Gosip di Kantor

1. Dengarkan, tidak perlu menghindar

Saat rekan di kantor menceritakan sesuatu tentang rekan yang lain, meski topiknya negatif, dengarkanlah… tidak perlu menghindar. Biasanya seseorang hanya butuh didengarkan atau istilah sehari-harinya butuh teman “curhat.”

2. Memahami ketimbang menghakimi

Dua orang yang mengalami kejadian yang sama bisa saja menceritakannya dengan cara yang berbeda. Jadi, ada baiknya dengarkan cerita versi yang lain juga ketimbang menghakimi yang lain.

3. Berpikirlah secara obyektif

Cerna secara obyektif apa yang kamu terima. Apa inti permasalahannya? Apakah ini sebuah masalah? Apakah hal ini perlu menyita perhatianmu atau tidak? Berpikirlah secara obyektif dan profesional.

4. Tawarkan solusi

Bersikaplah secara dewasa saat menghadapi gosip. Ketimbang terseret ke dalam budaya gosip atau turut membesar-besarkan masalah, lebih baik menawarkan solusi. Yang perlu diingat, jangan memaksakan solusi yang diberikan yah.

Read :  Pentingnya Membangun Networking Bagi Fresh Graduate

5. Tetap produktif

Jangan lupa tujuan awalmu bekerja. Hal-hal yang tidak perlu menyita perhatianmu harus dibuang jauh-jauh dan tetaplah produktif di kantor.

6. Lakukan hal positif

Nah, ketimbang bergosip, lebih baik melakukan hal-hal yang positif di kantor yang bisa memotivasimu lebih dan lebih. Niat yang baik jika dilakukan dengan cara yang baik pasti akan menghasilkan hal yang baik.

Demikian tips supaya anda bisa tetap positif di kantor. Karir.com menyediakan info lowongan kerja terbaru yang sesuai dengan bidang Anda.

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

0 0 votes
Article Rating
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Evitasari
Evitasari
6 years ago

Bagaimana cara menghadapi rekan kerja yang menuduh kita atau pekerjaan kita tidak benar. Padahal kita sudah bekerja dan melakukan hal yang terbaik yang kita bisa?

Kania
Kania
4 years ago
Reply to  Evitasari

Diam adalah cara terbaik meredam gosip.
Hindari ghibah..
Apapun yg orang katakan tentang kita.. Senyumin aja.. Dan biarkan waktu yg menjelaskan nya..
Intinya.. Yang waras yang mengalah..
InshaAllah aman.. 😊😀