Download: [Press Release] Temuan Rumah123.com dan Karir.com

SIARAN PERS

Untuk Disiarkan Segera

Hanya 17% Profesional Milenial Mampu Beli Rumah di Jakarta
Temuan Rumah123.com dan Karir.com

Jakarta, 14 Desember 2016 – Berdasarkan data Karir.com, gaji rata-rata Generasi Milenial, atau generasi yang lahir antara tahun 1981-1994, di Jakarta adalah Rp 6.072.111 per bulan (gross). Sedangkan menurut Rumah123.com, untuk dapat mencicil rumah di Jakarta, dibutuhkan gaji minimal Rp 7,5 juta per bulan.

Fakta menarik lainnya, dari data Salary Benchmark 1.2 milik Karir.com, hanya 17% saja profesional Milenial di Jakarta yang memiliki gaji Rp 7,5 juta atau lebih.

Country General Manager Rumah123.com Ignatius Untung mengatakan bahwa 17% Milenial Jakarta ini harus mulai mencicil rumah dari sekarang. “Dengan penghasilan Rp 7,5 juta itu pun mereka hanya bisa membeli rumah dengan kisaran harga tertinggi Rp 300 juta. Mempertimbangkan jumlah cicilan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), mereka hanya bisa mencicil hingga Rp 2,2 juta per bulannya, atau 30% gaji,” kata Untung.

Menurut Untung, harga rumah hunian di Jakarta diprediksi naik hingga 150% lima tahun mendatang, sementara CEO Karir.com Dino Martin mengatakan bahwa kenaikan gaji dengan periode yang sama hanya berkisar 60%. Untung menegaskan pentingnya membeli hunian secepat mungkin mengingat kenaikan harga properti terus terjadi setiap tahunnya.

“Dengan estimasi kenaikan harga rumah 20% per tahun, harga rumah yang saat ini Rp 300 juta akan menjadi Rp 750 juta. Bandingkan dengan kisaran penghasilan Milenial lima tahun ke depan. Dengan prediksi kenaikan 10%, maka penghasilan pada 2021 ada di angka Rp 12 juta. Dengan penghasilan Rp 12 juta per bulan, Milenial tidak lagi mampu membeli rumah yang sebenarnya sempat terjangkau oleh mereka saat ini. Pasalnya, saat harga rumah mencapai Rp 750 juta, cicilan yang harus dibayarkan adalah Rp 5,6 juta, padahal kemampuan mencicil mereka hanya 30% gaji, yakni Rp 3,6 juta,” jelas Untung.

Di saat yang berbeda, Dino menerangkan, “Sekarang Milenial tak perlu bingung cara menghitung jumlah cicilan atau bagaimana mengatur gaji, karena Rumah123.com dan Karir.com sudah menciptakan alat penghitung atau Kalkulator KPR yang disematkan pada fitur Salary Benchmark versi terbaru. Milenial tinggal memasukkan harga rumah yang ingin dibeli, lalu uang muka sebesar 30% dan batas pinjaman akan otomatis dihitung oleh mesin. Sebagai contoh, misal mereka ingin membeli rumah seharga Rp 300 juta, maka uang muka yang harus dibayarkan adalah Rp 90 juta, dan batas pinjaman adalah Rp 210 juta. Dengan estimasi suku bunga 9% dan jangka waktu 15 tahun, maka angsuran per bulan yang harus dibayarkan adalah Rp 2.129.959 per bulan.”

Rumah123.com dan Karir.com merilis fitur penghitung gaji dengan Kalkulator KPR ini pada November 2016. Fitur ini merupakan update dari versi sebelumnya, yakni Salary Benchmark 1.2. Versi terbarunya, Salary Benchmark 2.0, juga memungkinkan profesional untuk mendapatkan penghitungan apakah gaji Anda berada di bawah pasar, masuk rata-rata, atau di atas pasar. Fitur ini juga memberikan rekomendasi posisi-posisi di atas Anda yang bisa Anda raih dengan performa yang baik.

“Dari data Salary Benchmark 1.2, 53% user ingin memiliki bisnis sendiri sepuluh tahun dari sekarang, sedangkan yang ingin menjadi profesional hanya 25%, dan yang ingin memimpin perusahaan ada 17%,” kata Dino. Dino menambahkan bahwa data Salary Benchmark 1.2 ini merupakan sample yang dikumpulkan dari periode Oktober 2015 hingga Januari 2016 dengan total jumlah user sebanyak 37.000 orang dari seluruh Indonesia, ditambah dengan data City Survey yang dilangsungkan pada Maret-April 2016 dengan total jumlah responden sebanyak 18.000 orang yang berdomisili di Jakarta, Surabaya, Bandung, Makassar dan Medan.

Dino menyarankan, “Jika ingin memiliki hunian, seperti saran Pak Untung, harus dipikirkan dari sekarang. Bagi 25% Milenial yang ingin tetap menjadi profesional dan 17% yang ingin memimpin perusahaan sepuluh tahun mendatang, sebaiknya sedari sekarang mulai menilik apakah profesi yang digelutinya saat ini menawarkan jenjang karir atau career path yang mumpuni, atau apakah industrinya sustainable. Jika tidak, mungkin bisa mencoba peruntungan di industri lain.”

Dino menegaskan bahwa dengan fitur Salary Benchmark 2.0, Milenial dapat mengecek gaji di pasaran untuk profesi dan industri yang berbeda.

“Dari data Salary Benchmark 1.2, sepuluh industri dengan gaji rata-rata tertinggi yakni Minyak dan Gas Bumi memberikan gaji rata-rata tertinggi, yakni 12.099.508 rupiah per bulan, diikuti oleh Pertambangan dan Mineral (Rp 11.403.607), Kimia (Rp 9.175.496), Penerbangan (Rp 9.045.126), dan Hukum (Rp 8.551.094), Properti (Rp 7.864.326), Produk Konsumen (Rp 7.689.833), Manufaktur (Rp 7.481.055), Telekomunikasi (Rp 6.871.706) dan Konsultan (Rp 6.748.205),” tambah Dino.

Untung menyampaikan bahwa saat ini hanya tersisa 1% saja hunian dengan kisaran harga Rp 300 juta, itu pun di pinggiran Jakarta. “Sebut saja Cibubur, yang sudah mendekati perbatasan dengan Bekasi, Cengkareng, atau wilayah ujung Jakarta Utara, seperti Kapuk,” kata Untung.

“Membeli hunian itu harus dipaksakan. Lakukan apapun yang harus dilakukan agar uang yang dimiliki cukup untuk membeli rumah, setidaknya membayar DP dan cicilan per bulan selama 15 tahun ke depan,” kata Untung. “Untuk Milenial yang sudah berkeluarga, joint income juga menjadi solusi andalan. Solusi lain adalah apartemen. Mereka yang ingin hidup praktis dengan kisaran harga lebih murah ketimbang rumah tapak, apartemen sangat menjawab kebutuhannya,” tambahnya.

“Solusi lain bagi Milenial adalah hidup hemat atau segera menikah supaya bisa menerapkan join income,” tambah Dino.

Fitur Salary Benchmark 2.0 dapat diakses di laman www.karir.com/salary, sedangkan data lengkap temuan Salary Benchmark 1.2 dapat dilihat di slideshare.net/karirdotcom.

***

Tentang Rumah123.com

Situs properti No.1 di Indonesia yang merupakan bagian dari REA Group, pemimpin pasar untuk portal properti di Melbourne yang beroperasi di Indonesia, Malaysia, Singapura, Hong Kong, Macau, Thailand, Melbourne, Eropa dan Amerika. REA Group, adalah portal properti terbesar di dunia. Memiliki lebih dari 450.000 listing properti dan saat ini dikunjungi lebih dari 2,8 juta pengunjung setiap bulannya dan mengakses hampir 20 juta halaman.

Kontak:
Diandra Kusuma Wardhani
PR & Partnership Coordinator
DEA Tower II Lt. 7, Unit No. 1, 2 dan 4, Kawasan Mega Kuningan Jl. Mega Kuningan Barat Kav. E4 No. 1 Kuningan Timur, Setiabudi
Jakarta Selatan 12950
Tel: 021-5761001
Fax: 021-5761002
Email: diandra.wardhani@rumah123.com

Tentang Karir.com

Karir.com adalah portal karir pertama di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1999 dan menyediakan layanan bagi perusahaan untuk mendapatkan talenta terbaik melalui media online, serta menjadi konsultan pengembangan sumber daya manusia. Sejak Desember 2014, Karir.com menjadi bagian dari EMTEK Group, sebuah grup dengan 3 divisi bisnis utama: Media, Telekomunikasi & Solusi IT, dan Konektivitas. Beberapa portofolio media online EMTEK adalah Liputan6.com, lakupon.com, vidio.com, dan kini Karir.com.

Karir.com sebagai mitra bagi tenaga kerja profesional Indonesia, telah berpartisipasi dalam upaya menyelaraskan kebutuhan industri akan tenaga kerja yang lebih terampil. Melalui berbagai inovasi yang dihadirkan, Karir.com berkomitmen untuk menyediakan solusi bagi pengembangan karir dan penyerapan tenaga kerja yang tepat. Beberapa inovasi yang telah dilakukan oleh Karir.com adalah MT Academy yang merupakan sebuah solusi manajemen trainee, kerjasama Karir.com dengan perusahaan dan universitas untuk menyeleksi calon-calon pemimpin masa depan di dunia bisnis. Karir.com telah bekerjasama dengan universitas-universitas terkemuka seperti UGM, ITB, UI, IPB, dan Melbourne University, serta perusahaan-perusahaan besar seperti Hero Group, Mayora Indah, dan Bursa Efek Indonesia, mengantar Karir.com mewujudkan salah satu misinya; menjadi matchmaker antara permintaan dan kebutuhan pasar kerja.

Selain itu, Karir.com juga telah bekerjasama dengan lembaga Education First (EF) dan meluncurkan inovasi fitur EFSET yang bertujuan untuk memberikan nilai tambah bagi para tenaga kerja berupa kompetensi keterampilan Bahasa Inggris dan membantu perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja yang lebih berkualitas. Inovasi lainnya yang dilakukan adalah Customized Recruitment Project (CRP) yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan proses rekrutmen sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan yang sangat spesifik.

Informasi lebih lanjut, kunjungi http://www.karir.com. Hasil survei Salary Benchmark Insights 1.2 bisa diunduh di sini.

Kontak:
Rizka Septiadi
Chief Marketing Officer
Jl. Bumi No. 10 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120
Tel: 021. 2930.5891
Fax: 021. 2930.5921
Email: cika@karir.com

1 CommentClose Comments

Leave a Reply

IMG_7088
Booth Emtek Group dalam Karir.com Kickoff dan Expo di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Rabu-Kamis (27-28/5/2015).

SIARAN PERS

Untuk Segera Dipublikasikan

Jakarta, 27 Mei 2015

Karir.com, Portal Karir Pertama Indonesia Ingin Menjadi Aset Bangsa
Menandai Kickoff dengan Identitas Baru

Sejak diakuisisi Emtek Group pada Desember 2014, portal karir pertama di Indonesia, Karir.com, mulai membenahi manajemen dan melakukan sejumlah perubahan secara signifikan. Di bawah komando CEO Dino Martin yang memiliki pengalaman di berbagai industri selama lebih dari 18 tahun di bidang business development, finance, sales & marketing, dan recruitment solution, karir.com akan bertransformasi menjadi portal pilihan terbaik yang mampu menghubungkan talenta dengan opportunity sehingga menjadikan para professional lebih efektif dan sukses dalam berkarir. Dengan menjadi portal pilihan ini, Karir.com akan mampu memberikan solusi total untuk keperluan rekrutmen dan sumber daya manusia bagi perusahaan.

Mimpi Karir.com ternyata lebih tinggi. “Visi kami jauh lebih tinggi. Kami ingin menjadi aset bangsa yang mampu membantu Indonesia menjadi kekuatan ekonomi dunia,” jelas Dino Martin, CEO Karir.com. “Pekerjaan rumah bangsa ini dari berbagai studi dan laporan yang ada jelas sekali, yaitu sumber daya manusianya,” tambah Dino lagi. Dengan platform, fitur-fitur, dan database yang terus dikembangkan, ke depannya bukan tidak mungkin karir.com dapat memberikan digital economic mapping bagi Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Karir.com juga berbagi hasil survei mereka yang dilakukan selama 5 bulan terakhir. “61% profesional menjadikan internet sebagai sumber utama untuk mendapatkan informasi karir, sementara 29% mendapatkan informasi dari teman, 6% dari info lowongan karir di koran,” tutur Dino.

Hasil temuan Karir.com melalui survei “Potret Perilaku Profesional Berdasarkan Usia dan Level Pekerjaan di Kota-Kota Besar di Indonesia” kepada 6.530 responden inilah yang mendorong Dino ingin mengajak para praktisi dan profesional HR untuk mulai memikirkan upaya-upaya solutif dan kreatif demi mempertahankan kinerja karyawan terbaiknya.

Survei tersebut juga memberikan paparan dan informasi berharga bagi pelaku HR, seperti tingkat kenyamanan bekerja, kepuasan gaji, faktor-faktor yang membuat para profesional terus berkarya di perusahaannya, hingga lama kerja seseorang sebelum akhirnya berpikir untuk berpindah karir.

“Yang menarik, secara umum profesional Indonesia berpikir akan pindah karir setelah 2 tahun ke atas. Namun, jika dianalisa berdasarkan usia, ternyata mereka yang berusia 20 hingga 25 tahun dan di level staf memiliki tingkat persentase untuk pindah dalam jangka waktu 6-12 bulan. Lebih singkat,” jelas Dino lagi, “Ini artinya, perusahaan harus bisa memberikan proper induction, dimana karyawan yang baru bergabung dapat menjadi bagian dari visi besar perusahaan,” papar Dino lagi.

Berdasarkan survei tersebut juga kenyamanan bekerja menjadi faktor dominan bagi para profesional di Indonesia, disusul oleh jenjang karir dan lokasi perusahaan. Namun, ketika dianalisa berdasarkan gender, potret ini berubah. Kaum perempuan lebih mementingkan lokasi perusahaan daripada jenjang karir. Inilah sebagian kecil dari hasil survei Karir.com bagi pelaku HR di Indonesia.

Untuk menjadi portal karir pilihan di Indonesia, kini tampilan situs Karir.com pun dibuat menjadi lebih progresif, modern dan dinamis, dengan fitur-fitur yang memudahkan para pencari karir dan perusahaan. “Dengan situs yang baru, kami ingin mengajak user untuk tidak hanya memikirkan tentang pekerjaannya saat ini namun lebih ke karir mereka,” tutur Rizka Septiadi, Chief Marketing Officer Karir.com. “Ini soal personal branding. Kami ingin mereka mampu menunjukkan potensi dan kualitasnya melalui tampilan baru Karir.com,” tambahnya.

Rizka, atau yang kerap disapa Cika, menambahkan bahwa perusahaan pun kini lebih mudah mencari kandidat yang tepat untuk perusahaannya.

Ratih Pulkeria, Product Manager Karir.com, mengatakan, “Karir.com yang baru akan terus berevolusi untuk memenuhi keinginan pengguna, baik pencari karir maupun perusahaan. Tim engineering kami yang solid dan kuat menciptakan mesin yang mampu merespon cepat dan interface yang lebih interaktif.”

Hingga April 2015, situs Karir.com telah mendapat 2 juta kunjungan per bulan, 1,3 juta qualified resume dan 33.000 perusahaan baik lokal maupun multinasional ada dalam database-nya.

Menandai kickoff desain barunya, di saat bersamaan, Karir.com menyelenggarakan Karir.com Expo 27-28 Mei 2015 di Balai Kartini, dengan lebih dari 1.000 opportunities di 80 perusahaan.

Karir.com merupakan portal asli milik Indonesia dan memiliki visi menjadi aset bangsa. “Karir.com milik Indonesia, dari Indonesia dan bagi Indonesia,” tutup Dino Martin.

***

Tentang Karir.com
Karir.com adalah Portal Karir pertama di Indonesia, berdiri tahun 1999. Sejak Desember 2014 Karir.com menjadi bagian dari Emtek Group, sebuah grup dengan 3 divisi bisnis utama: Media, Telekomunikasi & Solusi IT, dan Konektivitas. Beberapa portofolio Media Online Emtek: Liputan6.com, lakupon.com, vidio.com, dan kini Karir.com – menyediakan layanan bagi perusahaan untuk mendapatkan talenta terbaik melalui media online.

Dino Martin, CEO
Setelah mengambil alih Karir.com pada akhir 2014, Dino merubah perusahaan ini menjadi solusi rekruitmen total untuk pasar Indonesia. Dengan membawa pengalaman yang sudah lebih dari 18 tahun di berbagai industri seperti FMCG, telekomunikasi dan otomotif, dan 5 tahun terakhir di industri perekrutan. Dino memiliki latar belakang yang kuat dalam pengembangan bisnis, keuangan, serta penjualan dan pemasaran. Sebelumnya, Ia pernah menjabat sebagai Vice President, Sales and Marketing BMW, Marketing Manager L’ Oreal serta Brand Manager Ericsson.

 

Keterangan lebih lanjut hubungi:

Rizka Septiadi
Chief Marketing Officer
PT Karir Komunika Pratama
Jl. Bumi No. 10 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120
cika@karir.com
0811117627

%d bloggers like this: