Tips Karir

Hard Skill Yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja

Pinterest LinkedIn Tumblr

Era digital adalah masa dimana seluruh aktivitas memanfaatkan kecanggihan teknologi, termasuk di dalam dunia pekerjaan yang saat ini sudah fokus menggunakan teknologi dan internet. Oleh sebab itu, setiap perusahaan tentunya menginginkan karyawan yang memiliki hard skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Era digital yang akan terus berkembang dan menuntut setiap orang untuk semakin meningkatkan skill yang dimiliki. Ada beberapa hard skill yang sangat diperlukan di era digital, yuk simak 7 skills tersebut di bawah ini!

1. UI/UX Design

UI/UX Design adalah sebuah pekerjaan yang bertugas melakukan riset dan merancang website yang akan ditampilkan kepada masyarakat. UI/UX Design juga harus memastikan masyarakat dapat mengakses website tersebut tanpa ada hambatan.

Selain itu, pekerjaan ini menuntut untuk menyajikan tampilan website yang kreatif sehingga masyarakat tidak merasa bosan ketika mengakses website tersebut. 

Saat ini hampir setiap perusahaan memiliki website untuk menampilkan company profile, produk, dan informasi mengenai perusahaan itu sendiri.

Sehingga UI/UX Design sangat diperlukan untuk dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada masyarakat ketika mengakses website perusahaan. 

2. Data Analyst

Seorang Data Analyst memiliki peran yang cukup penting dalam sebuah perusahaan. Data Analyst akan bertugas untuk menerjemahkan data sehingga dapat menjadi sebuah laporan bagi perusahaan.

Dengan bantuan Data Analyst, perusahaan dapat menentukan bagaimana strategi penjualan atau pemasaran berdasarkan data tersebut. Kemudian data tersebut akan dianalisis untuk mencari sebuah solusi dan menentukan keuntungan atau kerugian perusahaan. 

Perkembangan era digital menyebabkan sumber data dapat berasal dari website atau mobile application. Sehingga Data Analyst menjadi salah satu pekerjaan yang paling dibutuhkan di era digital.

Read :  Dapatkan Pekerjaan melalui Job Fair, Ini Tipsnya!

Untuk menjadi seorang Data Analyst diperlukan kemampuan analisis yang baik untuk menyelesaikan sebuah masalah serta memahami statistik agar dapat membaca data dengan tepat. 

3. Content Creator

Maraknya trend di berbagai platform media sosial menyebabkan perusahaan harus beradaptasi. Karena tidak dapat dipungkiri media sosial menjadi wadah promosi yang cukup menjanjikan.

Hal ini menyebabkan Content Creator menjadi salah satu pekerjaan yang dibutuhkan perusahaan. Seorang Content Creator memiliki tugas untuk merancang sebuah pesan yang ingin disampaikan perusahaan melalui konten yang menarik. 

Sama halnya dengan website, media sosial menjadi hal yang wajib dimiliki oleh perusahaan. Melalui media sosial perusahaan dapat mempromosikan produknya dengan mudah dan cepat. Maka dari itu, perusahaan membutuhkan seorang Content Creator untuk mengemas promosi tersebut secara kreatif dan menarik.

4. Digital Marketing

Era digital menyebabkan banyak perusahaan lebih memilih cara promosi melalui Digital Marketing dibandingkan tradisional Marketing. Apa bedanya? Digital Marketing akan melakukan promosi menggunakan media digital dan internet, sedangkan tradisional Marketing menggunakan media cetak, brosur dan papan iklan.

Promosi melalui Digital Marketing memiliki banyak kelebihan seperti cepat, murah, efektif, dan memiliki jangkauan yang luas. Dengan kelebihan – kelebihan tersebut menyebabkan perusahaan sangat membutuhkan seorang Digital Marketing

5. SEO Specialist

Search Engine Optimization atau SEO adalah sebuah cara untuk meningkatkan kunjungan atau traffic website melalui mesin pencari yaitu Google. SEO Specialist adalah pekerjaan yang berfokus untuk memaksimalkan website sebuah perusahan. Fokus utama seorang SEO Specialist adalah keyword yang akan ditampilkan. 

Keyword tersebut yang nantinya akan berpengaruh pada mesin pencarian. Keyword yang digunakan harus tepat, contohnya suatu hal yang sedang ramai dibicarakan masyarakat. Hal ini bertujuan agar website perusahaan dapat muncul pada halaman pertama pencarian Google, karena mesin pencarian Google menyukai sesuatu hal yang dapat menjawab kebutuhan penggunanya. 

Read :  Kenali 5 Tipe Klien Ini Jika Ingin Sukses!

6. Copywriting

Bagi masyarakat awam pekerjaan Copywriting hanya sekedar menulis. Padahal ada banyak hal yang dikerjakan oleh Copywriting.

Seorang Copywriting akan membantu perusahaan untuk mempromosikan produknya melalui tulisan – tulisan yang menarik dan persuasif. Biasanya Copywriting akan berdiskusi dengan Content Creator untuk menyajikan sebuah konten yang menarik untuk media sosial atau website perusahaan.

Era digital menuntut banyak perusahaan untuk aktif melakukan promosi melalui media sosial dan website, sehingga pekerjaan sebagai Copywriting sangat dibutuhkan. Copywriting akan bertugas untuk membuat caption di media sosial serta menulis artikel untuk website.

7. Programmer 

Tugas utama seorang Programmer adalah membuat sebuah program yang nantinya akan digunakan oleh perusahaan. Sementara kemampuan utama yang harus dimiliki seorang Programmer adalah menguasai Coding, yaitu sebuah kode komputer untuk menjalankan sebuah sistem atau program seperti website.

Biasanya seorang Programmer akan bekerja sama dengan UI/UX Design untuk memastikan website yang dimiliki perusahaan dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat.

Jika kalian merasa memiliki salah satu dari 7 hard skills di atas, kalian dapat belajar dan terus mengembangkan kemampuan.

Karena, era digital akan terus berkembang dengan cepat dan pesat. Sehingga hard skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja yang kalian miliki akan terus dibutuhkan oleh perusahaan. 

I really enjoy writing and want to share my happiness with you!