Tips HR

Ingin Jadi Social Media Specialist? Miliki Skill Berikut Ini!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sepuluh tahun yang lalu profesi sosial media specialist mungkin belum terlalu banyak yang tertarik. Tetapi hari ini, profesi tersebut cukup banyak dibutuhkan oleh industri digital di Indonesia.

Kalau kamu memiliki minat yang sangat tinggi untuk bekerja sebagai Social Media Specialist, ada beberapa skill yang wajib kamu miliki. Apa saja skillnya?

Storytelling

Seorang social media specialist sebaiknya memiliki kemampuan storytelling atau bercerita yang baik. Kenapa? Karena pada dasarnya setiap post yang akan dibuat harus memiliki nilai untuk pengikut.

Kemanpuan ini tentunya bisa diasah dengan cara membaca lebih banyak referensi gaya bahasa atau tulisan. Bandingkan setiap cerita untuk setiap produk atau industri yang ada. Sehingga kita bisa mengetahui gaya seperti apa yang disukai oleh audiences industri tersebut.

Copywriting

Tingkat konsentrasi seseorang saat membaca post sosial media sangatlah singkat. Kamu harus bisa menarik perhatian mereka hanya dalam waktu kurang dari 5 detik saja!

Mempelajari copywriting memang tidak mudah, tetapi untungnya saat ini sudah banyak lembaga pelatihan yang bisa kamu coba untuk mempelajari skill yang satu ini.

Analisa Data

Jika kalian mengira menjadi sosial media specialist tidak berurusan dengan data, maka kalian salah. Karena dalam menentukan strategi konten apa yang akan diangkat, kamu harus menggunakan data.

Dalam social media, ada berbagai data yang biasanya digunakan seperti impression, engagement, unique views dan sebagainya. Tapi tidak perlu khawatir karena angka-angka ini bisa dipelajari dengan mudah kok.

Design Grafis

Selain berkutat dengan tulisan, seorang social media specialist terkadang juga harus berkutat dengan design. Kemampuan kamu melihat grafis diperlukan untunk membuat feeds atau post yang kamu buat terlihat ciamik.

Read :  Kerja Sambil Menikmati Indahnya Indonesia, Yuk!

Selain itu tidak ada salahnya juga untuk mulai belajar menggunakan software desain yang digunakan. Hal ini hanya untuk preventif saja, jika ada yang harus direvisi dan desainer grafis kantor kalian tidak masuk.

 Nah, jika kalian sudah memiliki sedikit keahlian-keahlian diatas, tidak ada salahnya untuk melamar ke lowongan social media di halaman karir.com.

0 0 votes
Article Rating
4 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Juman Bin Wastono
3 years ago

Mantap broo aku lagi pengin belajar. Dan sekarang lagi cari referensi buat bikin story telling ada saran untuk belajar biki steoy telling bro?😁

beedesain
2 years ago

manteb bro saya basic desain grafis sudah merasakan enaknya dapat uang dollar dari contest logo

englishwithrnb
2 years ago

Setujuuu zaman sekarang orang-orang yang punya skills yang disebutkan di atas bahkan bisa bisnis sendiri

trackback

[…] Baca Juga : Ingin Jadi Social Media Specialist? Miliki Skill Berikut Ini! […]