Self reward adalah sebuah bentuk penghargaan yang dilakukan kepada diri sendiri atas usaha yang telah dilakukan. 

Penghargaan merupakan kebutuhan manusia yang esensial yang tidak boleh diabaikan.

Bentuk self reward beragam. Imbalan atas kinerja yang paling baik efeknya berupa kesenangan dan kepuasan pribadi. Hal ini terbukti mendorong motivasi yang kuat. 

Self reward sangat penting bagi diri sendiri. Kira-kira kenapa ya? Cari tahu yuk alasan pentingnya memberi self reward bagi diri sendiri. 

  1. Cara Terbaik Menghargai Diri Sendiri

Alasan self reward yang pertama adalah bentuk rasa cinta kepada diri sendiri. Ambil sedikit waktu dan lakukan hal kecil yang baik sebagai wujud penghargaan diri. 

Pemberian hadiah akan makin memancarkan rasa percaya diri dan energi positif dirimu. Hadiah tidak harus mewah dan mahal. Cara sederhana tersebut hanya kamu yang dapat mengetahuinya.

  1. Bentuk Hadiah atas Kerja Keras

Kerja keras yang telah dicurahkan pantas untuk mendapatkan penghargaan. Sekian persen dari gaji harus disisihkan dalam rangka memanjakan diri sendiri dan keluarga.

Kamu berhak menikmati hasil kerjamu. Ketika memberi diri sendiri hadiah, otak melepaskan zat yang membuat menciptakan rasa bahagia yang disebut dopamin. 

Tak peduli seberapa besar kerja yang dilakukan, kamu pantas bersenang-senang sejenak dengan hasilnya. Self reward mendorong dan memotivasi untuk lebih berkembang.

  1. Memotivasi Diri dan Membangkitkan Produktivitas

Self reward menjadi insentif yang bagus untuk membuat kamu semangat bekerja mencapai life goals

Orang-orang sukses memfokuskan diri mereka pada tujuan dan hasil yang diinginkan. Mereka akan mengejar tujuan, hasil, dan hadiah dari kinerja yang dilakukan. 

  1. Membuat Pikiran Selalu Positif

Tenggat waktu, target, dan tuntutan yang dibombardir secara terus menerus akan memicu stres dan membuat efisiensi bekerja menurun. 

Read :  Wiwin Dewi Herawati: Berani Menerima Tantangan Dunia Marketing

Memberi self reward merupakan salah satu manajemen stres yang efektif. Memanjakan diri secara teratur adalah cara alami menghilangkan stres. Self reward yang diberikan akan meningkatkan kesehatan emosional. 

  1. Obat Pelepas Stres

Rasa penat, lelah, dan stres pasti pernah menghampiri ketika bekerja. Rutinitas yang monoton kadangkala bikin merasa stuck

Rehat sejenak dan beri self reward dapat mengembangkan kreativitas sehingga kamu bisa lebih mengontrol energi negatif yang hadir. 

Jadi paham kan pentingnya memberi self reward untuk diri sendiri? Meskipun penting untuk menghargai diri sendiri, kamu harus memastikan pemberian self reward dilakukan dengan cara yang benar. 

Tidak semua hadiah dapat menciptakan penguatan positif. Pilih hadiah yang tepat yang akan membantu kamu memperkuat kemajuanmu. Hadiah yang tepat membantumu membangun kebiasaan yang lebih positif.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika memberi self reward untuk diri sendiri. 

Pikirkan Jenis Hadiah

Kamu mesti lebih selektif memilih jenis hadiah. Self reward diberikan dengan tujuan memotivasi diri lebih baik lagi. Makan kamu semestinya memilih hadiah yang sesuai dengan tujuan tersebut.

Ingat Tujuan Finansial

Gaji yang didapatkan dari bekerja bukan hanya akan dihabiskan untuk self reward. Tentunya kamu juga memiliki tujuan finansial lainnya.

Porsi budget yang digunakan untuk memberi self reward tidak boleh sampai mengganggu porsi budget kebutuhan dan menabungmu. 

Berikan hadiah yang sesuai kondisi keuangan. Jangan sampai menguras kantong. 

Batasi Diri

Kendalikan diri dan batasi maksimal pengeluaran untuk memberi self reward. 

Pemberian self reward yang tak terkendali bisa menjebak kamu dalam gaya hidup konsumtif.

Lakukan secukupnya, jangan berlebihan sampai lupa batasan. 

Berikut ini adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk membangun sistem penghargaan diri sendiri. 

  • Me Time
Read :  Seperti Apa Sih Fresh Graduate Yang Dicari Oleh Perusahaan?

Menghabiskan waktu untuk diri sendiri melalui hobi atau minat, bahkan hanya berleha-leha. Misalnya, menonton konser atau film, main dengan hewan peliharaan, atau quality time bareng orang terdekat. 

  • Liburan

Orang suka membeli pengalaman, liburan adalah salah satu caranya. Kunjungi destinasi impian, atau sekedar mengeksplorasi wisata lokal. 

  • Membeli Wishlist

Membelanjakan uang untuk membeli barang tertentu seperti pakaian, peralatan hobi, atau alat olahraga.

  • Perawatan Spa

Tubuh adalah investasi berharga bagi pekerja. Luangkan waktu untuk memanjakan tubuh dengan pijatan dari seorang yang profesional.

Meluangkan waktu untuk memberi self reward untuk diri sendiri menuai manfaat dalam jangka panjang. Upaya berkelanjutan ini akan membuatmu lebih bahagia. 

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.