Profesi

Menilik Profesi Insurance Specialist, Apa Saja Tugasnya?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Salah satu spesialisasi dalam bidang asuransi kesehatan adalah Insurance Specialist. Bagaimana peran dan tugas yang dilakukan oleh Insurance Specialist? Apakah mereka memiliki fungsi yang serupa dengan agen asuransi? Mari simak penjelasannya berikut ini!!

Apakah Insurance Specialist adalah Agen Asuransi?

Insurance Specialist bukanlah agen asuransi. Dapat dikatakan Insurance Specialist atau Spesialis Asuransi adalah konsultan asuransi. Mereka adalah orang yang ahli dalam menafsirkan polis asuransi dan menentukan pertanggungan. Sebagai konsultan, mereka menyarankan klien mengenai perusahaan asuransi yang bonafit bagi klien.

Berbeda dengan agen asuransi yang bekerja untuk memasarkan dan menjual produk asuransi. Para agen asuransi akan mengarahkan klien untuk membeli produk asuransi sebanyak-banyaknya, sedangkan Insurance Specialist akan mengarahkan klien kepada beberapa pilihan asuransi terbaik. Hal ini karena pekerjaan Insurance Specialist tidak berorientasi pada penjualan dan profit.

Tugas Insurance Specialist

Apa itu pekerjaan Insurance Specialist? Rincian tugas Insurance Specialist sebagai berikut.

1. Memantau dan Mengawasi Program dan Pasar Asuransi

Para Insurance Specialist dilatih untuk menguraikan undang-undang dan kebijakan asuransi. Mereka dapat bekerja di kantor medis dan pemerintah untuk memastikan bahwa program asuransi yang ada mematuhi peraturan dan kebijakan yang ditetapkan pemerintah. Setelah pemantauan dan pengawasan, jika diperlukan mereka akan membuat rekomendasi tentang operasionalisasi dan pengawasan kebijakan pendaftaran tertentu.

Read :  Head Hunter Adalah: Pengertian dan Bedanya dengan Outsourcing

2. Bertindak sebagai Konsultan Asuransi Klien

Insurance Specialist berfungsi sebagai sumber daya klien. Klien Insurance Specialist dapat orang secara mandiri atau perusahaan. Sebagai konsultan, Insurance Specialist akan menjawab pertanyaan klien terkait produk, atau klaim asuransi. Mereka juga membantu klien untuk melakukan pembayaran dan klaim asuransi sebelum masa jatuh tempo berakhir. Untuk bisa diandalkan, konsultan asuransi harus selalu mengikuti perkembangan peraturan asuransi yang kompleks.

3. Memverifikasi Dokumen dan Kelayakan

Insurance Specialist melakukan verifikasi kelayakan asuransi klien agar memenuhi syarat. Mereka akan meneliti, melacak catatan klien, memproses pembaruan dan pengesahan terkait asuransi. Selain itu, mereka juga melakukan tugas administratif lainnya sesuai kebutuhan untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan.

4. Menganalisis Polis Asuransi

Insurance Specialist bertanggung jawab untuk menganalisis polis dan menentukan cakupan pertanggungan polis. Oleh karena itu, mereka dituntut untuk memahami perkembangan peraturan yang berlaku, sehingga dapat merencanakan dan menafsirkan polis dengan baik.

Persyaratan dan Keterampilan

Persyaratan dan keterampilan apa saja yang dibutuhkan oleh seseorang yang menjadi Insurance Specialist? 

1. Latar Belakang Pendidikan

Untuk berkarir sebagai Insurance Specialist pendidikan di perguruan tinggi yang mengarah ke sertifikat atau gelar associate sangat diperlukan. Salah satu pendidikan formal yang relevan adalah jurusan asuransi jiwa, administrasi asuransi dan aktuaria, atau manajemen asuransi.

2. Keterampilan Komunikasi

Tugas dan tanggung jawab Insurance Specialist yang utama adalah bertindak sebagai konsultan asuransi. Untuk mencapai tujuan konsultasi, mereka harus memiliki keterampilan komunikasi yang hebat terutama komunikasi via telepon. 

3. Keterampilan Komputer Dasar

Seperti pekerjaan lainnya, bekerja sebagai Insurance Specialist juga membutuhkan keterampilan komputer dasar. Hal ini karena sebagian besar tugas yang dijalani tidak terlepas dari pemanfaatan komputer. Misalnya, verifikasi, pelacakan, dan penanganan proses klaim asuransi yang semuanya hampir dilakukan secara daring.

Read :  Ketahui 4 Jenjang Karir Software Engineer

4. Pengalaman Bekerja di Bidang yang Sama

Para pemberi kerja cenderung menyukai seseorang yang telah memiliki pengalaman kerja di industri asuransi. Minimal pengalaman kerja yang disyaratkan biasanya selama 1 tahun. Dengan pengalaman bekerja yang dimiliki, mereka telah terbukti dapat menangani tugas administratif yang berkaitan dengan klaim asuransi. 

5. Lisensi Asuransi

Sertifikasi profesional adalah opsional, tetapi dapat memverifikasi kredensial asuransi kesehatan dan dapat meningkatkan prospek pekerjaan bagi mereka yang memasuki bidang ini. Sertifikasi kompetensi kerja di bidang perasuransian meliputi underwriting, reasuransi, klaim, aktuaria, pialang, penilaian kerugian, dan pengawasan perasuransian.

Gaji Insurance Specialist

Berapa gaji Insurance Specialist? Berdasarkan situs Salary Expert, seseorang yang bekerja sebagai Insurance Specialist di Indonesia, memperoleh gaji rata-rata berkisar Rp 230.500.683 per tahun. Di jenjang entry-level, profesi Insurance Specialist memiliki penghasilan tahunan sekitar Rp 165.532.004 per tahun. Sementara gaji yang diterima posisi senior Insurance Specialist berkisar Rp Rp 289.027.904 per tahun. Selain gaji, pekerjaan ini juga menawarkan bonus yang menjanjikan. Rata-rata bonus yang diterima berkisar Rp 8.943.427.

Tertarik menekuni profesi Insurance Specialist? Cari tahu lowongan kerja Insurance Specialist dengan penawaran terbaik di situs kami. Karir.com adalah situs lowongan kerja pertama di Indonesia. Daftar sekarang dan dapatkan lowongan sesuai resume melalui email.

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.