Kita pernah mendengar istilah “Anda tidak akan pernah mendapatkan kesempatan ke dua untuk menciptakan kesan pertama yang baik.”

Mungkin ini yang sering terjadi pada resume pekerjaan. Sementara banyak perusahaan yang menggunakan screening software dalam mengevaluasi resume kandidat.

Dikutip dari Business insider, Menurut Jamie Hichens – Senior Talent Acquisition Partner, Glassdoor, penggunaan kata atau konten dari resume menjadi landasan untuk karir seekers dalam mendapatkan pekerjaan impian mereka.

Maka dari itu, dalam membuat resume harus berhati-hari dalam memilih kata. Jangan sampai hal tersebut bisa menjadi bumerang buat Anda. Oleh karena itu, menurut sekelompok HR dan ahli resume memberikan masukan kepada Anda untuk membuat resume yang baik dengan tidak memasukan 5 kata berikut ini.

  • ‘Ambicious’
    Ambicious.jpeg
    Menurut Elizabeth Harrison – Client Service Manager dan Senior Recruitment Parner dari Decision Toolbox menjelaskan bahwa jangan pernah mencantumkan kata “Ambicious” di dalam resume Anda. Sebaiknya Anda baca resume yang telah dibuat berkali-kali, atau cetak dan sediakan pulpen, berikan resumemu kepada seseorang untuk membacanya. Sebab, jika ada satu kata yang salah dalam resume dapat mengakibatkan Anda kehilangan kesempatan tersebut karena menandakan ketidaktelitian.
  • Sinergi
    Sinergi.png
    Hichens menjelaskan bahwa kata sinergi tidak cocok untuk ditulis dalam resume. Sebab kata sinergi merupakan istilah yang sangat berlebihan.
  • On time
    on time.jpg
    Sekali lagi, kandidat pekerja yang on time merupakan suatu harapan perusahaan. On time dalam waktu masuk kerja dan menyelesaikan tugas. Maka dari itu, sangat sia-sia jika Anda menuliskan kata tersebut di dalam resume.
  • “Tidak”
    “Tidak”.jpg
    Kata “tidak” mencerminkan suatu yang negatif. Sebaiknya kata-kata yang mengandung makna negatif jangan dimasukkan ke dalam resume. “Resume harus menunjukan apa saja yang bisa Anda lakukan, bukan apa yang tidak bisa Anda lakukan,” kata Elizabeth Harrison – Client Services Manager and Senior Recruitment Partner dari Decision Toolbox.
  • Hobi
    hobi
    Sebaiknya jangan menuliskan konten yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan, misalnya hobi. Karen itu merupakan hal sia-sia yang dapat membuatmu kehilangan kesempatan bekerja.
0 CommentsClose Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: