Profesi

Peran dan Tanggung Jawab Java Developer

Pinterest LinkedIn Tumblr

Java Developer adalah bagian dari tim pengembangan perangkat lunak. Banyak perusahaan menawarkan paket gaji tinggi ketika merekrut kandidat unggul untuk posisi Java Developer. Hal ini menjadikan profesi ini termasuk yang populer di kalangan lulusan IT

Secara sederhana, Java Developer adalah programmer komputer yang mahir dengan bahasa pemrograman Java. Artikel ini membahas mengenai peran dan tugas yang dilakukan oleh Java Developer, termasuk gaji dan jenjang karirnya.

Tugas dan Tanggung Jawab Java Developer

Java adalah bahasa pemrograman tertua yang berbasis kelas, dan berorientasi objek. Bahasa pemrograman Java banyak dipilih perusahaan karena aplikasi berbasis Java dikenal kualitasnya dari sisi kecepatan & skalabilitasnya. Java adalah bahasa pemrograman yang berpengaruh. Banyak bahasa yang diturunkan darinya, termasuk PHP, Python, dan JavaScript.

Lalu, apa tugas Java Developer? Ruang lingkup tugas seorang Java Developer di antaranya merancang dan mengimplementasikan aplikasi Java, mengembangkan dan menguji perangkat lunak, dan menyelesaikan berbagai masalah teknis yang muncul. Rincian tugas Java Developer sebagai berikut.

1. Merancang dan Mengelola Aplikasi Berbasis Java

Java Developer merencanakan, mengimplementasikan, dan memelihara aplikasi Java. Mereka akan berkontribusi dalam semua fase siklus hidup pengembangan aplikasi Java.

2. Mengatasi Masalah Teknis pada Aplikasi Java

Sebagian besar tugas Java Developer berhubungan dengan mengembangkan dan menguji perangkat lunak berbasis Java. Mereka juga melakukan analisis, debugging, dan menyelesaikan semua masalah teknis yang muncul dalam aplikasi.

Read :  Tugas dan Peran Digital Marketing bagi Bisnis Digital

3. Menganalisis Kebutuhan Pengguna tentang Desain Aplikasi

Para pengembang Java memastikan dan menyelaraskan desain aplikasi dengan spesifikasi dan tujuan bisnis yang ditetapkan. Mereka juga mendefinisikan tujuan dan fungsionalitas aplikasi berdasarkan informasi yang diberikan pengguna.

4. Mendukung Peningkatan Berkelanjutan

Pengembang Java menulis kode yang dirancang dengan baik, efisien, dan dapat diuji. Pada infrastruktur java yang ada, mereka dapat memberi rekomendasi perubahan.

Keterampilan yang Dibutuhkan

Untuk mendapatkan posisi ini keterampilan teknis yang dibutuhkan adalah keterampilan inti Java seperti Object Oriented Programming (OOP), Design Patterns, Abstract Classes, Interface, dan serialization in java. Ini adalah keterampilan wajib bagi pengembang Java yang andal.

Selain itu, hard skills yang lainnya adalah alat pembuatan Java (Maven dan Gradle), Java Web Frameworks, Java Application Containers (JBoss dan Jetty), Java Testing Tools (Selenium dan TestNG), dan teknologi web untuk membuat konten web dinamis. Adapun soft skills yang dapat sangat mendukung pekerjaan ini terdiri dari keterampilan komunikasi yang baik, kerja sama tim, dan kemampuan interpersonal yang luar biasa. 

Gaji Java Developer

Berapa gaji Java Developer? Berdasarkan situs Indeed, Java Developer memiliki gaji rata-rata sebesar Rp 9,292,026 per bulan. Adapun menurut Salary Explorer, profesi Java Developer di Indonesia biasanya menghasilkan sekitar Rp 13.800.000 per bulan. Gaji berkisar dari Rp 6.480.000 (terendah) hingga Rp 21.800.000 (tertinggi).

Sementara itu, Java Developer dengan pengalaman profesional lebih dari 20 tahun mendapatkan gaji Rp 20.600.000 per bulan. Gaji rata-rata Senior Java Developer berkisar Rp 15,165,541 per bulan. Roll The Pay melaporkan, penghasilan tahunan Java Developer tingkat senior bisa mencapai Rp 267.120.000 per tahun.

Perbedaan gaji antara Java Developer tingkat junior dan senior dipengaruhi oleh tingkat pengalaman dan latar belakang pendidikan yang dimiliki. Kemajuan gaji yang khas terjadi seiring dengan peningkatan jenjang karir profesi ini.

Read :  Ketahui 4 Jenjang Karir Software Engineer

Jenjang Karir Java Developer

Bagaimana jenjang karir Java Developer? Profesi Java Developer termasuk profesi yang memiliki jenjang karir yang bagus. Jenjang karir Java Developer terdiri dari Java Developer tingkat pemula, tingkat menengah, dan tingkat senior. 

Masing-masing sebutan ini memiliki tanggung jawab yang berbeda. Java Developer tingkat pemula ditugaskan untuk bekerja pada arsitektur program. Sementara Senior Java Developer memiliki tanggung jawab terhadap seluruh fungsi proyek, termasuk pengawasan tim serta berhubungan dengan pemangku kepentingan proyek dan penguji beta.

Pembaruan Java yang terjadi secara teratur menjadi tantangan tersendiri bagi seorang pengembang Java. Oleh karena itu, penting untuk selalu memperbarui kualitas diri, termasuk mempertimbangkan peningkatan karir. 

Dapatkan informasi lowongan kerja Java Developer yang memberikan penawaran terbaik di Karir.com. Kami akan membantu kamu menjajaki perjalanan karir yang lebih baik dari sebelumnya. Daftar dan buktikan sekarang juga!

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

0 0 votes
Article Rating
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments