Profesi

Jenjang Karir Account Executive beserta Gajinya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Jangan ragu menjadikan Account Executive sebagai pilihan karir. Jenjang karir Account Executive termasuk yang menjanjikan. Peningkatan karir di bidang ini menawarkan pertumbuhan gaji yang signifikan dengan tanggung jawab yang semakin besar. Lantas apa saja jenjang karir Account Executive? Berapa gaji yang tumbuh dari jenjang karir Account Executive?

Account Executive Itu Apa?

Account Executive adalah profesi yang bekerja di banyak bidang seperti di industri media, iklan, public relations, jasa keuangan, hingga jasa layanan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer. Account Executive bekerja dalam peran sales. Lulusan sarjana Administrasi Bisnis, Penjualan atau Pemasaran sangat cocok dengan pekerjaan ini.

Pengetahuan tentang riset pasar, penjualan, dan prinsip-prinsip negosiasi menjadi prasyarat untuk melamar pekerjaan ini. Account Executive bekerja untuk membantu perusahaan menemukan prospek, merumuskan strategi penjualan, mengkomunikasikan nilai produk kepada klien, dan memberikan dukungan terbaik kepada klien yang ada.

Profesi Account Executive membutuhkan seorang profesional yang multi-tasker, adaptif, komunikatif, dan berpengetahuan kuat tentang komputer entang MS Office; pengetahuan tentang perangkat lunak CRM. Mereka dituntut menjadi orang yang bersemangat tentang hubungan klien, terorganisir, dan fokus pada peningkatan pengalaman pembeli.

Apa saja tugas lainnya yang dilakukan Account Executive? Account Executive juga melakukan tugas dan tanggung jawab untuk memelihara database informasi kontak, melakukan panggilan untuk menjangkau prospek, membangun hubungan jangka panjang dengan kontak eksternal yang saling menguntungkan, dan menangani keluhan dan negosiasi.

Berapa Gaji Account Executive?

Berdasarkan riset Indeed bekerja sebagai Account Executive di Indonesia mendapat gaji rata-rata sebesar Rp 3,789,445 per bulan. Sementara menurut Salary Explorer, profesi Account Executive paling rendahnya dibayar Rp 6.810.000 per bulan, sedangkan gaji tertingginya mencapai Rp 23.600.000 per bulan.

Read :  4 Tugas Utama Product Manager dan Skill yang Dibutuhkan

Situs yang lain seperti Glassdoor juga melaporkan temuannya terkait gaji Account Executive. Estimasi total gaji Account Executive di Jakarta, Indonesia adalah Rp 18 juta per bulan, dengan gaji pokok sebesar Rp 7 juta. Gaji tahunan rata-rata menurut Payscale adalah Rp 85,309,194.

Jenjang Karir Account Executive

Sebagian besar eksekutif akun dipromosikan secara internal, tetapi banyak juga yang dipekerjakan dari perusahaan eksternal, terutama di bidang yang sama. Kontribusi untuk meningkatkan alur kerja perusahaan, pada akhirnya mengantarkan Account Manager ke posisi senior. 

Jenjang karir Account Executive bergantung industri. Namun biasanya jenjang karir Account Executive terdiri dari Account Manager, Sales Director, dan Head of Sales. Pengalaman yang terbukti dalam cakupan tahun yang cukup menjadi prasyarat menaiki tangga karir.

1. Account Manager

Account Manager bertugas melakukan penjualan, menangani keluhan klien, mengumpulkan dan menganalisis data, dan meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan. Posisi ini membutuhkan keterampilan komunikasi verbal dan tertulis yang luar biasa, pemecahan masalah, dan pengetahuan produk dan perilaku konsumen yang luas dan akurat. Berapa gaji seorang Account Manager? Berdasarkan laman Indeed rata-rata gaji untuk posisi Account Manager adalah Rp 9,685,641 per bulan. 

2. Sales Director

Sales Director adalah para profesional yang berbakat dalam negosiasi dan pemasaran. Mereka bertugas menyusun laporan penjualan, memenuhi target penjualan, dan memperkirakan laba penjualan untuk produk. Posisi ini membutuhkan kapasitas untuk mengelola berbagai proyek dan bekerja dengan tenggat waktu yang ketat. Seorang Sales Director memiliki gaji rata-rata sebesar Rp 13,157,375 per bulan.

3. Head of Sales

Head of Sales membantu perusahaan meningkatkan pendapatan ke tingkat berikutnya. Mereka bertugas menyusun strategi untuk mengembangkan bisnis, menegosiasikan kesepakatan yang rumit, dan mengalahkan persaingan dalam peluang head to head. Untuk melakukan rangkaian tugasnya, Head of Sales memperoleh gaji sebesar Rp 14,064,309 per bulan

Read :  🖥️ Pelajari Peran dan Tugas Full Stack Developer

Itulah tiga jenjang karir Account Executive. Mereka yang tertarik untuk menjadi Account Executive harus menghadiri kelas pelatihan manajemen, mengikuti panggilan penjualan untuk lebih memahami bisnis. Apakah kamu salah satunya? Jalani karir masa depanmu bersama kami. Kunjungi Karir.com dan dapatkan lowongan kerja Account Executive. Tunggu apalagi, lamar sekarang juga!

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.