Profesi

Kenali Jenjang Karir di Bank yang Menjanjikan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bekerja di bank kerap menjadi impian banyak orang karena menjadi kebanggaan sendiri. Ada beberapa keuntungan jika bekerja di bank seperti jam kerja yang teratur, banyak tunjangan, gaji yang menarik, dan jenjang karir yang menjanjikan.

Jenjang karir di bank tergolong bagus. Bekerja di bank memiliki jenjang karir yang jelas, baik itu di bank swasta maupun bank negeri. Jika konsistensi, dalam waktu beberapa tahun saja pegawai bank dapat mengalami kenaikan jenjang karir.

Bukan hanya jenjang karir yang baik, bank juga menawarkan gaji yang menjanjikan dan kenaikan gaji yang cepat. Selain itu, perbankan juga memperhatikan nilai setiap pegawainya. Bank mewajibkan pegawainya selalu berkembang terutama dalam informasi dan teknologi.

Jenjang karir di bank yang bagus perlu didukung oleh kemampuan yang mumpuni. Antara lain, kemampuan komunikasi yang baik, tingkat analisis yang tinggi, multitasking, berorientasi kepada klien, perhatian pada detail, memiliki determinasi yang tinggi dan ketahanan stres yang baik.

Mengapa banyak orang memilih berkarir di bank? Sebab ada banyak peluang karir di bank yang bisa kamu ambil. Bagaimana jenjang karir di bank? Berikut berbagai jenjang karir di bank yang perlu diketahui. 

Jenjang Karir di Bank

1. Front Office

Front Office adalah pekerjaan di bank yang memberikan pelayanan langsung kepada nasabah. Front Office bank terbagi menjadi dua yaitu, teller dan customer service.

Teller

Jenjang karir di bank yang pertama adalah teller. Teller bank bertugas membantu nasabah dalam memproses transaksi, seperti penyetoran, penarikan, atau pembayaran, menyelesaikan keluhan atau perbedaan akun, dan menjawab pertanyaan nasabah. Seorang teller harus berpenampilan menarik dan profesional, serta berorientasi kepada nasabah. Berdasarkan situs Indeed, teller bank rata-rata mendapatkan penghasilan sebesar Rp 4,104,830 per bulan.

Read :  Peran dan Tanggung Jawab Java Developer

Customer Service

Customer service memiliki tanggung jawab untuk membantu nasabah bank dalam menjawab pertanyaan tentang jenis rekening dan produk perbankan, seperti rekening pasar uang, pinjaman dan kartu kredit. Mereka juga membantu nasabah perbankan yang menjadi korban penipuan, pencurian atau pencurian identitas

2. Back Office

Back Office melakukan berbagai tugas operasi bisnis perusahaan perbankan seperti manajemen data, pemrosesan proyek, riset pasar, analisis data, keuangan, dan tugas administrasi. Back office tidak berhubungan dengan klien atau nasabah, namun mereka berhubungan langsung dengan front office. Jenjang karir di bank yang satu ini memiliki peran penting untuk memastikan semua data dan informasi perusahaan aman dan terpelihara. Gaji Back Office Executive per bulan sebesar Rp 5,502,249.

3. Marketing Account Officer

Tugas Marketing Account Officer mencakup mengidentifikasi peluang baru bagi layanan perbankan dan mengembangkan rencana pemasaran berdasarkan tren saat ini dan demografi pelanggan untuk meningkatkan brand awareness. Selain itu, mereka juga membangun hubungan jangka panjang dengan klien untuk mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhannya.

4. Analis Kredit

Tanggung jawab Analis kredit berhubungan dengan pekerjaan analisis kredit. Analis kredit melakukan tugas untuk menganalisis catatan klien dan menggunakan data untuk merekomendasikan rencana pembayaran. Mereka juga bertugas untuk menyiapkan laporan tentang tingkat risiko dalam meminjamkan uang kepada klien, dan memverifikasi transaksi keuangan/kredit mereka dan untuk menyelesaikan keluhan mereka. Selain itu mereka mengevaluasi data kredit, status keuangan klien dengan menghasilkan rasio keuangan melalui program komputer, dan laporan keuangan klien untuk menentukan tingkat risiko yang terlibat dalam meminjamkan uang kepada mereka.

5. Kepala Cabang 

Jenjang karir di bank teratas adalah kepala cabang atau bank manager. Bank manager mengelola keuangan, administrasi, dan fungsi operasional di bank. Peranan manager di bank berkaitan dengan produk keuangan, pinjaman, rekening premium, atau hipotek. Mereka memantau transaksi keuangan, mengawasi proses sehari-hari yang efisien, dan mengelola atau memberikan sanksi pinjaman, hipotek, investasi, dan operasi akun.

Read :  Sales Counter Adalah Pekerjaan di Bidang Sales, Apa Saja Tugasnya?

Itulah jenjang karir di bank yang perlu diketahui. Semoga informasi tersebut menambah wawasan kamu mengenai jenjang karir terutama di bidang perbankan. Jenjang karir di bank sangat menjanjikan loh! Kamu ingin memiliki karir dengan jenjang karir yang bagus seperti di bank? Kunjungi saja lowongan kerja terbaru di Karir.com. 

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.