Tips Karir

5 Tips Membangun Jenjang Karir di Perusahaan Startup

Pinterest LinkedIn Tumblr

Ingin mengembangkan jenjang karir di startup? Pertumbuhan startup di Indonesia termasuk tinggi. Melansir KataData, Indonesia mempunyai jumlah startup terbanyak kelima di dunia pada 2022, menurut laporan Startup Ranking. Perusahaan rintisan (startup) di negeri ini berjumlah 2.346 perusahaan. Tak dimungkiri persaingan eksistensi di industri startup kian sengit.

Hal ini pun menuntut para startup termasuk karyawan untuk terus mengembangkan strategi bisnis yang sukses. Bukan hanya pertumbuhan bisnis, sebagai karyawan kamu juga perlu memikirkan strategi untuk menavigasi kemajuan jenjang karir di startup.

Lantas, bagaimana cara membangun jenjang karir di startup? Karir.com telah merangkum strategi yang bisa kamu lakukan agar sukses berkarir di startup sekaligus membuat tempatmu bekerja meraih posisi yang lebih baik.

Keunggulan Bekerja di Perusahaan Startup

Sama halnya bekerja di tempat manapun, bekerja di startup memiliki keunggulan dan kelemahan. Apa saja plus minus kerja di startup? Inilah empat keunggulan dan daya tarik bekerja di startup.

1. Fleksibilitas yang Lebih Tinggi

Keunggulan bekerja di perusahaan startup salah satunya memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi. Karyawan startup memiliki aturan kerja yang lebih bebas terutama dari segi pakaian.

2. Peluang Belajar Hal Baru Sangat Terbuka

Mengutip The Balance Careers, bekerja di startup membuka kesempatan untuk belajar hal-hal baru. Pasalnya, ada kalanya di startup kamu perlu mengerjakan pekerjaan baru di luar job desk kamu.

Read :  Aplikasi Ponsel Berbasis Cloud yang Harus Kamu Coba

3. Menjunjung Penghargaan terhadap Setiap Kontribusi

Berdasarkan artikel Forbes, perusahaan startup akan selalu menghargai setiap kontribusi karyawannya. Tim kerja startup cenderung lebih kecil, sehingga setiap pekerjaan akan terlihat dampaknya. 

4. Lingkungan Kerja yang Menyenangkan

Lingkungan kerja startup dirancang untuk membuat karyawannya nyaman saat bekerja. Karyawan startup bekerja dengan situasi kerja yang santai, di mana mereka tidak harus duduk di meja kerja. Lingkungan ini diciptakan agar karyawannya senantiasa produktif dan inovatif.

Bagaimana Mengembangkan Jenjang Karir di Startup?

Ada lima tips untuk memastikan kesuksesan karir di perusahaan startup. 

1. Tetapkan Tujuan untuk Kemajuan Karir

Kemajuan datang kepada mereka yang memiliki tujuan. Tetapkan tujuan karirmu dan carilah proyek yang membantumu mencapai tujuan tersebut. Misalnya, membangun relasi yang baik dengan manajemen, mempelajari keterampilan baru, dan mengambil lebih banyak kontribusi di ruang lingkupmu. Kuncinya, jagalah kemajuan karirmu tetap pada jalurnya. Jangan ragu mengatakan “tidak” pada hal-hal yang tidak mendukung kemajuan karirmu.

2. Jadilah Spesialis di Bidang Pekerjaan 

Bisnis startup tak bisa lepas dengan teknologi. Ketika kamu bekerja di startup, sangat penting memiliki skill yang dibutuhkan industri tersebut. Pekerjaan dengan permintaan tinggi di startup antara  lain digital marketing, data analyst, dan product manager. Tingkatkan keterampilan di bidang kamu lebih dalam lagi supaya kamu bisa memenuhi kebutuhan employee di startup impianmu.

3. Perluas Networking di Perusahaan Startup

Semakin banyak orang di industri startup yang kamu kenal, maka makin banyak pengusaha yang menginginkan kamu sebagai kandidat untuk pekerjaan yang tepat. LinkedIn masih selalu menjadi pilihan terbaik menjaring relasi secara profesional. Oleh karena itu, sangat penting membangun profil LinkedIn yang bagus. Tunjukkan keterampilan komunikasi kamu dan mulailah membangun networking

Read :  Biar Harimu Lebih Efektif, Lakukan Hal Ini Sebelum Berangkat Kerja

4. Peka terhadap Budaya dan Model Bisnis

Industri startup dengan perubahan konstannya memiliki model bisnis yang unik. Untuk mengembangkan jenjang karir di startup, kamu harus memahami budaya dan bagaimana bisnis startup berjalan. Berkreasilah dengan gaya kamu sendiri untuk mendapatkan rasa hormat dan penghargaan di industri ini. 

5. Hasilkan Kontribusi untuk Pertumbuhan Startup

Mereka yang maju dengan cepat, tak segan berbagi keterampilan dan kontribusi lebih untuk kemajuan tempatnya bekerja. Bahkan mereka bersedia menemukan masalah dan menyajikan solusi atas itu. Keuntungannya, para pemangku kepentingan utama memberikan rasa hormat dan dukungan dalam kemajuan karir kepada mereka.

Untuk sukses membangun jenjang karir di startup, kamu harus membuktikan keunggulanmu. Kamu perlu mencoba hal-hal baru yang membantu kemajuan karir. Namun sebelum itu, kamu perlu memiliki pekerjaan yang menawarkan jenjang karir di startup. 

Jadi, apakah kamu membutuhkan bantuan untuk menemukan kesuksesan di perusahaan startup? Basis data ekstensif kami tentang lowongan kerja startup dapat meningkatkan pencarian pekerjaan kamu. Bergabunglah dengan Karir.com hari ini dan dapatkan akses instan ke database kami. 

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.