Profesi

Mengenal Jenjang Karir General Affair dan Gajinya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Profesi General Affair (GA) sering disamakan dengan profesi HRD. General Affair (GA) adalah divisi di perusahaan yang bertugas mengurusi operasional perusahaan. Perbedaannya dengan HRD terletak pada pengelolaan SDM perusahaan. HRD berfokus pada pengelolaan SDM yang ada di perusahaan, sedangkan GA hanya berfokus mengelola karyawan yang disediakan supplier jasa seperti outsourcing.

Menariknya, General Affair memiliki jenjang karir yang bagus. Tiap jenjang karirnya menawarkan gaji yang tak kalah menarik loh. Bagaimana jenjang karir General Affair? Simak ulasannya di bawah ini!

Jenjang Karir General Affair

Profesi General Affair memiliki empat jenjang karir, sebagai berikut:

Staf General Affair

Staf General Affair merupakan awal dari jenjang karir General Affair. Tugasnya yaitu melaksanakan tugas yang berkaitan dengan pengadaan, pendataan dan perawatan aset perusahaan. Staf General Affair akan memastikan semua fasilitas perusahaan tetap terjaga. Selain itu, tugas yang dilakukan adalah membuat laporan anggaran dan pembayaran.

Supervisor General Affair

Apa itu General Affair Supervisor? Supervisor General Affair adalah jenjang karir General Affair yang lebih tinggi setingkat dari Staf GA. Oleh karena itu, tugas yang diemban di posisi ini sedikit lebih banyak dibandingkan dengan staf. Supervisor General Affair tugasnya berhubungan dengan pengadaan sarana dan prasarana kantor. Supervisor GA biasanya juga menjadi perwakilan perusahaan yang menjalin relasi baik dengan pihak eksternal seperti PLN, Pemda, atau kepolisian.

Manager General Affair

Manager General Affair bertanggung jawab untuk mengelola dan memimpin tim General Affair. Mereka ikut membantu memelihara aset dan fasilitas kantor, dan mengawasi pembelian tersebut.​​ Mereka juga melakukan pemeliharaan semua dokumen legal dan perizinan kantor, berurusan dan berhubungan dengan pihak eksternal terkait. Untuk sampai di posisi ini diperlukan pengalaman peran kepemimpinan selama lima hingga sepuluh tahun.

Read :  Account Officer adalah Petugas Akun Perusahaan, Apa Tugasnya?

Head of General Affair

Ini adalah jenjang karir General Affair teratas. Head of General Affair bertugas untuk mengkoordinasikan seluruh pekerjaan kepada tim General Affair. Mereka memiliki tanggung jawab untuk membuat laporan perusahaan dengan pemimpin dan jajarannya.

Gaji General Affair

Berapa gaji Staff General Affair? Berdasarkan riset Indeed, gaji Staff General Affair berkisar Rp 3,817,409 per bulan. Pendapatan General Affair tidak terbatas pada gaji pokok. Mereka bisa memperoleh THR, insentif lembur, dan bonus.

Sementara itu, laporan Glassdoor menunjukkan bahwa posisi General Affair di Indonesia memperoleh gaji rata-rata sebesar Rp 5,474,265. Dengan estimasi gaji tambahan sebesar Rp 7.200.000 per tahun. Pembayaran tambahan dapat mencakup bonus tunai, komisi, tip, dan bagi hasil.

Keahlian yang Dibutuhkan

Seorang General Affair harus memiliki keahlian di bawah ini untuk menunjang kinerja kerjanya.

1. Komunikasi Interpersonal

Komunikasi interpersonal atau komunikasi antarpribadi merupakan keahlian yang wajib dimiliki setiap General Affair. Mereka akan banyak berhubungan dengan orang lain, dan menjalin relasi yang baik sehingga menjadi komunikatif sangat penting.

2. Administrasi Bisnis

Pengetahuan administrasi bisnis membantu General Affair memahami cara pengelolaan bisnis perusahaan. Melalui pengenalan yang mendalam tentang Administrasi Bisnis, mereka dapat menganalisis Sumber Daya Manusia (SDM) dan biaya dengan tepat. 

3. Manajemen Bisnis

Implementasi ilmu manajemen bisnis mendukung General Affair dalam setiap perencanaan, pengerjaan, dan pengawasan perusahaan. Dengan pemahaman yang baik, berbagai sektor di perusahaan dapat berjalan efektif dan mendapatkan hasil semaksimal mungkin.

4. Pengarsipan

Tugas General Affair berkaitan dengan pengelolaan dokumen. Pengetahuan pengarsipan dapat membantu pekerjaan mereka dalam mengurus surat masuk dan surat keluar dengan aman dalam waktu tertentu. 

Read :  Mengenal Mobile Engineer, Profesi yang Banyak Dibutuhkan Saat Ini

5. Komputer Elektronik

Kemampuan komputer dasar seperti mengetik, mengirim email, dan dasar-dasar Microsoft Office harus dimiliki seorang General Affair. Pekerjaan ini memungkinkan mereka melakukan riset online untuk keperluan stalking perusahaan lain atau tenaga outsourcing.

6. Bahasa Asing

General Affair memiliki keterlibatan yang cukup besar dengan pihak eksternal. Kemampuan bahasa asing seperti bahasa Inggris, atau Mandarin dalam dunia bisnis akan memudahkan interaksi mereka.

Itulah informasi mengenai jenjang karir General Affair. Berminat meningkatkan karir di bidang manajemen SDM seperti General Affair? Dapatkan lowongan kerja General Affair di Karir.com dan lamar segera!

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.