Profesi

Jenjang Karir Graphic Designer beserta Gajinya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Jurusan Desain Grafis bisa kerja apa? Lulusan Desain Grafis bisa berkarir di media, industri periklanan, telekomunikasi, bahkan industri manufaktur. Apakah Graphic Designer mempunyai jenjang karir? Tentu saja. Graphic Designer terbilang bagus terutama bagi seseorang yang senang menantang dirinya dengan kreativitas dan cita rasa visual yang tinggi. Seperti apa karir Graphic Designer? Ketahui jawabannya melalui artikel ini.

Jenjang Karir Graphic Designer

Jenjang karir Graphic Designer bergantung tempat di mana kamu bekerja. Apabila kamu bekerja di level usaha mikro, kemungkinan besar kamu tidak akan menemukan jenjang karir. Namun umumnya karir Graphic Designer di perusahaan yang memiliki formasi struktural sebagai berikut. 

1. Junior Graphic Designer

Junior Graphic Designer merupakan awal dari jenjang karir Graphic Designer. Posisi ini ikut berkontribusi untuk merancang desain materi pemasaran digital untuk media sosial. Keterampilan mengoperasikan aplikasi desain grafis seperti Adobe Photoshop dan InDesign. Junior Graphic Designer mematuhi arahan dari Senior Graphic Designer.

2. Senior Graphic Designer

Senior Graphic Designer adalah berperan untuk membuat dan mengelola kebutuhan desain digital dan cetak untuk pemasaran termasuk konten grafis, ilustrasi, atau infografis. Sebagai senior, mereka juga meninjau hasil kerja Junior Graphic Designer untuk memastikan bahwa konten yang dibuat berkualitas. 

3. Art Director

Art Director merupakan seorang profesional yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memelihara visi kreatif yang berbicara kepada target audiens. Mereka bertugas membuat sketsa, storyboard, atau layout berdasarkan visi pembaca atau pengguna. Dalam tujuan menghasilkan ide dan konsep pemasaran yang memahami audiens, mereka bekerja sama dengan copywriter. 

Read :  Tugas dan Peran Digital Marketing bagi Bisnis Digital

4. Senior Art Director

Tingkat lanjutan dari Art Director adalah Senior Art Director. Posisi ini memiliki peran sebagai pemikir kreatif di balik iklan, situs web, dan elemen visual lainnya. Selain mengelola dan mengawasi anggota staf di bawahnya, Senior Art Director memiliki tugas krusial lainnya. Antara lain, menyajikan konsep desain kepada klien untuk disetujui dan berkoordinasi dengan klien untuk memastikan bahwa semua kebutuhannya terpenuhi.

5. Associate Creative Director

Associate Creative Director mendukung Creative Director untuk mengembangkan konsep, strategi, dan presentasi klien. Posisi ini ikut berkontribusi untuk mengevaluasi kinerja tim kreatif dan membimbing perbaikan, serta memenuhi tujuan, nilai, anggaran, dan tenggat waktu klien. Untuk sampai di karir Graphic Designer ini, dibutuhkan lebih dari 5 tahun pengalaman.

6. Creative Director

Creative Director adalah jenjang karir Graphic Designer teratas. Profesional ini bertanggung jawab dalam pemasaran dan periklanan di perusahaan secara keseluruhan. Mereka akan menyusun dan mengimplementasikan konsep, pedoman dan strategi dalam berbagai proyek kreatif dan mengawasinya sampai selesai. Sebagai pemimpin teratas, mereka juga mengarahkan dan memotivasi timnya untuk bekerja secara efektif dan berkualitas.

Berapa Gaji Seorang Desainer Grafis?

Berdasarkan situs Indeed, Desainer Grafis di Indonesia memiliki gaji yang berbeda-beda sesuai dengan jenjang karir Graphic Designer. Junior Graphic Designer memiliki gaji rata-rata sekitar Rp 3,656,402 per bulan. Sedangkan gaji rata-rata Senior Graphic Designer berkisar Rp 4,405,845 per bulan.

Sementara itu, Art Director memiliki gaji yang lebih tinggi sedikit dari jenjang karir Graphic Designer sebelumnya. Gaji Art Director di Indonesia rata-rata sebesar Rp 4,931,550 per bulan. Kemudian, di posisi Senior Art Director, besaran gaji yang diterima mencapai Rp 8,932,652 per bulan.

Read :  Tugas Marketing Executive dan Kualifikasi yang Dibutuhkan

Adapun dengan karir Graphic Designer teratas yaitu Creative Director, gaji yang diterima lebih tinggi lagi. Melansir Salary Explorer, seorang Creative Director di Indonesia biasanya menghasilkan sekitar Rp 12.500.000 per bulan. Gaji berkisar dari Rp 5.890.000 (terendah) hingga Rp 19.800.000 (tertinggi).

Semoga informasi ini menambah wawasan kamu tentang profesi. Tertarik menjajaki karir sebagai Graphic Designer? atau ingin meningkatkan jenjang karir sebagai Graphic Designer berikutnya? Raih kesempatannya bersama Karir.com. Kunjungi situs kami, dan dapatkan lowongan kerja Graphic Designer semua posisi. 

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.