Profesi

3 Jenjang Karir IT Support, Simak Detailnya!

Pinterest LinkedIn Tumblr

IT Support adalah salah satu profesi di bidang teknologi yang menjadi incaran. Pada dasarnya, IT Support adalah teknisi di perusahaan yang bertanggung jawab terhadap tiga objek utama yaitu komputer, software, dan network system

Profesi IT Support umumnya menghasilkan gaji di atas UMR. Berdasarkan data Payscale rata-rata gaji IT Support di Indonesia sebesar Rp 76 juta per bulan. Apa saja tugas IT Support? Bagaimana jenjang karir IT Support?

Tugas IT Support di Perusahaan

Kerja bagian IT itu ada apa saja? Salah satunya IT Support. Profesi ini bertugas dan bertanggung jawab menangani jaringan dan komputer. Apa saja tugas IT Support? Inilah 3 tugas utama seorang IT Support.

1. Melakukan Pengecekan Hardware dan Software

IT Support memastikan komputer yang digunakan semua pengguna berfungsi normal dan terhubung ke jaringan dengan baik. Mereka juga mengecek aplikasi dan sistem operasi yang digunakan pengguna. Jika sudah usang, mereka akan memperbaruinya.

2. Menjaga Keamanan Sistem

IT Support menjadi pihak yang bertanggung jawab menjaga keamanan sistem perusahaan melalui berbagai tools seperti antivirus dan scanning. Untuk mengamankan data jika sistem bermasalah, IT Support akan melakukan backup data dan restore data.

3. Bertanggung Jawab terhadap Mesin Pendukung Jaringan

IT Support bertanggung jawab terhadap mesin pendukung jaringan seperti printer, dan scanner. Mereka akan mengecek secara berkala dan memperbaikinya sesegera mungkin agar operasional berjalan lancar.

Read :  8 Pertanyaan Interview untuk Posisi IT Support

Keahlian yang Dibutuhkan IT Support

Skill IT Support apa saja? Keterampilanyang dibutuhkan oleh IT Support dibedakan dua yaitu:

1. Hard Skill

Keterampilan teknis yang harus dimiliki berkaitan dengan pemahaman mengenai komputer dan jaringan. Misalnya menguasai program komputer seperti Microsoft Office mulai dari pemasangannya hingga pengoperasiannya. Selain itu hardskill yang dibutuhkan adalah penanganan virus dan malware.

2. Soft Skill

Keterampilan Komunikasi

IT Support terhubung dengan banyak orang yang membutuhkan bantuan terkait komputer dan jaringan. Oleh karena itu, keterampilan komunikasi yang baik terutama secara lisan, sangat dibutuhkan dalam pekerjaan ini.

Problem Solving

Peran IT Support salah satunya berkaitan dengan penyelesaian masalah komputer dan jaringan. Keterampilan memecahkan masalah atau problem solving merupakan bagian yang penting agar menyelesaikan berbagai masalah yang ada.

Organisasi

Manajemen waktu yang baik dan multitasking sangat penting untuk IT Support. Untuk melakukan berbagai tugas dengan presisi dan efisiensi membutuhkan organisasi.

Rasa Ingin Tahu

Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi merupakan nilai tambah bagi seorang IT Support. Keingintahuan tersebut akan mengantarkan IT Support untuk selalu mempelajari hal baru atau apapun yang belum diketahuinya. 

Jenjang Karir IT Support

Bagaimana jenjang karir IT Support di perusahaan? Pekerjaan IT support memiliki jenjang karir yang menjanjikan. Kamu bisa memiliki prospek karir menjadi salah satu dari tiga peran di bawah ini.

1. Computer System Analyst

Computer System Analyst atau Analisis Sistem Komputer adalah profesi yang bertugas mengembangkan sistem untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada di bidang komputer. Profesi ini menganalisis perangkat lunak dan perangkat keras komputer. Dari mulai memeriksa kelengkapan, mendeteksi kesalahan, sampai memastikan bahwa program komputer dapat berjalan dengan baik. Selain menganalisis, 

Read :  Mengenal Deskripsi Pekerjaan Social Media Specialist dan Skillset-nya!

2. Network Support Specialist

Jenjang karir IT Support selanjutnya adalah Network Support Specialist. Network Support Specialist adalah bagian pekerjaan di bidang IT yang bertanggung jawab untuk menguji dan memecahkan masalah tentang jaringan komputer perusahaan. Profesi ini memberikan bantuan teknik langsung kepada pengguna komputer di perusahaan. Tugasnya berkaitan dengan pemeliharaan jaringan dan mengevaluasinya secara berkala.

3. Help Desk Analyst

Help Desk Analyst memiliki tugas yang serupa dengan Network Support Specialist. Help Desk Analyst memecahkan masalah yang berhubungan dengan komputer, memperbaiki masalah dengan jaringan, dan menginstal pembaruan wajib sebelum aplikasi yang ada menjadi usang atau usang. Untuk menjalani karier di bidang profesi ini, diperlukan kemampuan administrasi, triase, dan manajemen waktu yang tak tertandingi.

Loker IT Support

Nah itulah profesi IT Support dan jenjang karir IT Support. Bekerja di bidang teknologi merupakan awal yang baik dalam perjalanan karir. Tertarik untuk memulai karir di bidang teknologi seperti IT Support? Kunjungi Karir.com dan dapatkan lowongan kerja IT Support.

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.