Arti Sales Executive

Sales Executive adalah posisi yang penting untuk mewujudkan penjualan yang menguntungkan. Posisi ini bertanggung jawab atas perencanaan strategi penjualan di perusahaan.

Pekerjaan Sales Executive lebih berhubungan dengan manajemen penjualan seperti memastikan kebutuhan bisnis terpenuhi. Mereka juga melakukan tugas untuk menganalisis laporan penjualan, meriset pasar, menentukan harga dan prospek penjualan yang akan datang, serta menetapkan jangkauan lokasi penjualan.

Perbedaan Sales dan Sales Executive

Apa yang membedakan antara Sales dan Sales Executive? Perbedaannya terletak pada tugas yang dilakukan. Sales Counter bertugas menjaga, menjual, dan melayani konsumen yang datang ke counter.

Sementara itu, Sales Executive tidak melakukan penjualan ke konsumen secara langsung, melainkan melakukan kerja sama strategis melalui canvassing. Pengetahuan tentang produk yang dimiliki Sales Executive diarahkan agar klien tertarik bekerja sama.

Tugas Sales Executive

Sales Executive memiliki tugas dan tanggung jawab yang secara umum mencakup hal-hal di bawah ini. 

1. Melakukan Riset Pasar

Sales Executive melakukan riset untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi kebutuhan pelanggan. Hal ini bertujuan agar produk yang dijual dapat memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga menghasilkan keuntungan yang signifikan.

2. Meningkatkan Prospek Penjualan

Tugas utama Sales Executive adalah meningkatkan prospek penjualan baru. Dalam menyelesaikan tugas ini, mereka akan melakukan networking, atau promosi melalui media sosial.

Read :  Waspadai Tawaran Kerja Seperti Ini!

3. Meeting dengan Klien

Sales Executive juga melakukan pertemuan dengan klien. Mereka harus menyiapkan pertemuan dengan klien potensial untuk mendengarkan keluhan atau saran yang berguna bagi peningkatan kualitas produk.

Berdasarkan jenis perusahaannya, Sales Executive terbagi menjadi Sales Executive Business to Business (B2B), dan Sales Executive Business to Customer (B2C). Dua jenis pekerjaan tersebut memiliki tugas yang berbeda.

Sales Executive Business to Business (B2B)

Jenis sales ini banyak terdapat di perusahaan yang menawarkan layanan jasa khusus seperti firma atau konsultan. Sales B2B bertugas menawarkan layanan jasa. Selain itu, mereka juga harus memastikan produk yang ditawarkan oleh tim yang akan dijual, dan membuat keputusan terkait produk tersebut.

Sales Executive Business to Customer (B2C)

Sales B2C berfokus pada penawaran produk kepada individu, bukan perorangan. Produk yang biasa ditawarkan misalnya kartu kredit, mobil, atau program membership pusat kebugaran. Mereka dituntut untuk memahami produk dan calon klien dengan baik sehingga bisa mendapatkan peluang penjualan baru.

Jobs Desk Sales Executive

Berikut adalah contoh salah satu jobs description sales executive

  • Mengidentifikasikan dan prospek customer B2B dan B2G.
  • Memberikan pelayanan terhadap customer dari tahap konsultasi, edukasi produk IT, hingga ke after sales service.
  • Bertanggung jawab terhadap pencapain target penjualan.
  • Menyiapkan laporan kunjungan dengan mengumpulkan, menganalisa, dan merangkum informasi.
  • Menjalin kerja sama dengan distributor, principal dan vendor.
  • Ikut serta dalam aktifitas marketing seperti pameran, seminar, dan acara marketing lainnya.

Skills yang Dibutuhkan 

Ada beberapa skills yang dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan Sales Executive, sebagai berikut.

1. Pengetahuan Produk

Pekerjaan Sales Executive menuntut pengetahuan tentang produk yang mumpuni. Memahami keunggulan, kelemahan, serta solusi yang bisa diberikan apabila terjadi masalah.

Read :  Ingin Jadi Investor Di Usia Muda, Ini 3 Tipsnya

2. Analisis Data dan Informasi Penjualan

Untuk merencanakan strategi penjualan yang efektif, Sales Executive harus bisa menganalisis pasar dan data-data lainnya seperti tren bisnis, kompetitor, dan regulasi yang berlaku.

3. Time Management

Sales Executive salah satu tugasnya melakukan follow up klien. Agar menjalani tugas ini dengan baik, dibutuhkan manajemen waktu yang efisien. Dengan kemampuan time management yang baik, mereka bisa menentukan mana klien yang harus diprioritaskan dan mana yang tidak.

Jenjang Karir Sales Executive

Profesi Sales Executive memiliki jenjang karier yang cukup menarik. Semakin meningkat karier yang dijalani, semakin besar pula tanggung jawab yang dimiliki. Jenjang karier Sales Executive dibedakan menjadi tiga tingkatan utama yaitu:

  1. Level Junior

Sales Executive adalah tingkat junior dari jalur karir di bidang penjualan yang satu ini. Level junior mencakup pengalaman kerja di bawah tiga tahun.

  1. Level Menengah 

Setelah memiliki pengalaman lebih dari tiga tahun, karier Sales Executive menanjak menjadi Sales Manager. Pada tingkat ini, pengalaman yang dijalani berkisar dari 3 hingga 8 tahun. 

  1. Level Senior

Head of Sales adalah level senior dari karir Sales Executive. Untuk berada pada level ini, dibutuhkan pengalaman lebih dari 8 tahun. 

Gaji Sales Executive

Sales Executive menawarkan gaji yang tak kalah menarik dengan pekerjaan lain. Besarnya gaji Sales Executive bergantung pada seberapa besar porsi pekerjaan yang dimiliki dan industri tempat bekerja. Beberapa industri yang memberikan penawaran gaji yang besar bagi Sales Executive, antara lain industri petrokimia, e-commerce, dan konstruksi.

Menurut laman Salary Explorer, gaji rata-rata Sales Executive di Indonesia mencapai Rp 16.300.000 per bulan. Gaji ini merupakan pendapatan keseluruhan yang mencakup perumahan, transportasi, dan benefit lainnya. Adapun gaji terendah yang bisa didapatkan mencapai angka Rp 8.470.000 per bulan.

Lowongan Kerja Sales Executive

Apakah kamu tertarik menjadi Sales Executive? Sales Executive adalah salah satu pekerjaan yang menawarkan gaji tinggi loh. Ada banyak informasi Loker Sales Executive yang menanti kamu di situs Karir.com. Cek sekarang juga yuk!

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.