Site icon Blog Karir.com

Dapatkan Pekerjaan melalui Job Fair, Ini Tipsnya!

Portrait Of Business people worker Team Outside.

Dalam bahasa Indonesia, job fair dapat diterjemahkan sebagai bursa kerja. Job fair adalah salah satu opsi untuk memperoleh pekerjaan. Sebagai acara yang besar, job fair selalu laris dikunjungi. Lantas bagaimana cara agar berhasil mendapat pekerjaan melalui job fair?

Apa yang dimaksud dengan Job Fair?

Job Fair adalah sebuah acara yang mengumpulkan berbagai perusahaan dan mempertemukannya dengan para pencari tenaga. Acara ini menjadi wadah untuk menemukan kandidat terbaik secara langsung (on the spot). Pencari kerja bisa bertatap muka langsung dengan perusahaan dan mengajukan lamaran saat itu juga. 

Job fair biasanya diselenggarakan secara offline selama tidak lebih dari tiga hari. Namun sekarang, job fair juga dibuat secara virtual. Meski berbeda teknis penyelenggaraannya, baik job fair offline maupun online bertujuan mempermudah proses perekrutan tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran.

Tujuan dan Manfaat Job Fair

Tujuan Job Fair adalah memfasilitasi pencari kerja untuk menemukan lowongan kerja secara mudah dan sesuai dengan minat dan kualifikasinya. Dengan menghadiri acara job fair, pencari kerja bisa memperluas relasi antar sesama pencari kerja atau perusahaan.

Dari sisi perusahaan, job fair bertujuan untuk membantu perusahaan menemukan kandidat yang tepat sesuai kualifikasi yang dibutuhkan. Perusahaan juga bisa menaikkan nama perusahaan atau brand. Perusahaan dapat mempromosikan perusahaannya dengan biaya yang murah. Tidak mengherankan, banyak perusahaan berminat menjadi peserta di job fair

Jadwal Job Fair 2022

Sepanjang tahun 2022, sebagian acara job fair telah sukses diselenggarakan. Di acara job fair, ada banyak posisi pekerjaan yang dibuka. Sebagian besar adalah pekerjaan di bidang teknologi dan digital seperti Frontend Developer, Backend Developer, dan Programmer.

Ingin tahu kapan lagi jadwal job fair dari Karir.com dalam waktu dekat ini? Simak Daftarnya ada di bawah ini!

Nama Acara Job FairLokasiTanggal
SoonJakartaSoon
SoonBandungSoon
SoonSemarangSoon
SoonSurabayaSoon
SoonMalangSoon
SoonMakassarSoon
SoonPalembangSoon
Jadwal Job Fair 2022

Apa yang harus dilakukan saat job fair?

1. Lengkapi Profil di Karir.com dan List Perusahaan

Sebelum datang ke job fair, pastikan kamu sudah melangkapi profil di akun Karir.com, mulai dari Foto, Data Diri, Data Pengalaman Kerja dan Data Pendidikan. Pastikan data yang Anda isi minimal 70%. Pastikan data yang kamu isi merepresentasikan diri kamu dengan baik. Kemudian buatlah list perusahaan berdasarkan prioritas, dan jangan lupa pelajari perusahaan lebih lanjut.

2. Berpakaian Rapi dan Sopan

Pakaian menjadi salah satu yang dinilai perusahaan. Pastikan kamu datang ke job fair dengan pakaian yang rapi dan sopan. Kamu bisa mengenakan kemeja, blazer, dan sepatu tertutup.

3. Bawa Dokumen yang Dibutuhkan secara Lengkap

Saat datang ke job fair, biasanya anda dokumen persyaratan melamar kerja wajib dibawa. Dokumen yang dimaksud terdiri dari CV, Surat lamaran, Ijazah, Transkrip Nilai, KTP, dan Pas Foto. Siapkan dokumen dalam bentuk hardcopy dan softcopy. Namun melalui karir.com, Anda hanya perlu melengkapi Biodata diri, Data Pekerjaan dan Data Pendidikan. Jadi anda hanya perlu data Internet saja untuk scan di masing masing stand.

4. Gunakan Waktu Seefektif Mungkin

Sebaiknya kamu hadir di lokasi job fair sebelum ramai. Tujuannya agar kamu bisa menjelajahi semua perusahaan. Perhatikan booth perusahaan dan cermati lowongan yang ada, terutama lowongan yang cocok dengan kualifikasi dirimu.

5. Belajar Berkomunikasi ke HRD

Selama berada di job fair kamu bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan keterampilan komunikasi kamu. Belajarlah berkomunikasi dengan HRD. Kamu bisa memulainya dengan bertanya, atau mendiskusikan hal terkait informasi lowongan pekerjaan.

Salah satu job fair yang laris dikunjungi adalah Technology Job Fair. Transformasi digital membuat bidang teknologi dan digital kebanjiran permintaan tenaga kerja. Untuk memperluas informasi lowongan kerja di bidang teknologi, kamu dapat mengunjungi Karir.com. Melamar kerja di Karir.com sangat mudah. Kamu dapat menemukan rlowongan kerja sesuai minatmu.