Profesi

Ketahui 4 Jenjang Karir Software Engineer

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagaimana jenjang karir Software Engineer? Apakah pekerjaan di bidang IT ini memiliki jenjang karir yang bagus? Dalam artikel ini Karir.com menguraikan mengenai jenjang karir Software Engineer, termasuk gaji dan skillset yang dibutuhkan.

Jenjang Karir Software Engineer

Apa saja jenjang karir Software Engineer? Jenjang karir Software Engineer terdiri dari empat posisi pekerjaan yaitu, Junior Software Engineer, Software Engineer, Senior Software Engineer, dan Architect/Principal Software Engineer.

1. Junior Software Engineer

Junior Software Engineer membantu Development Manager dengan semua aspek desain dan pengkodean software. Tugas yang dilakukan terdiri atas mempelajari, menulis, dan memelihara kode, serta melakukan tes pengembangan. Mereka juga memantau kinerja teknis sistem internal, dan menanggapi berbagai permintaan dari tim pengembangan.

2. Software Engineer

Software Engineer adalah tingkat menengah dari profesi di bidang pengembangan perangkat lunak. Software Engineer melakukan desain, pengujian, dan pengembangan software untuk komputer dengan menerapkan prinsip dan teknik matematika dan ilmu komputer. Profesi ini yang mengelola siklus hidup pengembangan software termasuk menguji software baru dan memperbaiki bug yang ada.

3. Senior Software Engineer

Senior Software Engineer adalah pemimpin teknis yang berkontribusi dan mengarahkan upaya tim pengembangan, termasuk anggota tim internal dan eksternal. Profesi ini bertanggung jawab untuk memberikan dukungan perangkat lunak dalam rancangan, pengembangan, modifikasi, dan pengimplementasiannya. Untuk berada di jenjang karir Software Engineer ini, dibutuhkan pengalaman luas tentang merancang, memprogram, dan mengimplementasikan sistem informasi besar.

Read :  Tugas dan Peran Digital Marketing bagi Bisnis Digital

4. Principal Software Engineer

Principal Software Engineer memastikan bahwa perangkat lunak yang dikembangkan memenuhi kebutuhan pengguna dan dapat mencapai tujuan bisnis. Sebagai jenjang karir Software Engineer teratas, profesi ini mengawasi aspek teknis dari semua proyek dan memberikan bimbingan teknis kepada tim pengembangan. Selain itu, mereka juga merekomendasikan teknologi baru yang dapat membantu meningkatkan produktivitas.

Gaji Software Engineer

Berapa gaji seorang Software Engineer? Berdasarkan riset Indeed, Software Engineer di Indonesia memiliki gaji rata-rata sebesar Rp 6,958,704 per bulan. Penghasilan tahunannya bisa mencapai hampir 100 juta rupiah.

Bagaimana dengan gaji jabatan lainnya? Junior Software Engineer memiliki gaji bulanan rata-rata sebesar Rp 8,939,429. Sementara gaji rata-rata yang diperoleh Senior Software Engineer adalah Rp 26,563,193 per bulan.

Keahlian Software Engineer

Apa saja keterampilan teknis (hard skill) dan keterampilan lunak (soft skill) yang dibutuhkan untuk menjadi Software Engineer? Keterampilan di bawah ini wajib dikuasai, jika kamu ingin menjalani peran Software Engineer.

Hard Skill

1. Coding dan Pemrograman Komputer

Coding dan bahasa pemrograman adalah sebuah keharusan dalam pekerjaan ini. Software Engineer menghabiskan waktunya untuk menulis kode. Mereka harus bisa menguasai bahasa pemrograman seperti Python, Java, C /C++ dan Ruby, serta dasar-dasar pemrograman lainnya seperti struktur data dan algoritma.

2. Object-oriented Design (OOD)

Object-oriented Design atau Desain berorientasi objek adalah sebuah pendekatan untuk desain software yang populer selama beberapa dekade terakhir. Prinsip ini mencakup prinsip-prinsip kunci termasuk abstraksi, enkapsulasi, pewarisan, dekomposisi, dan generalisasi. Dengan memahami prinsip ini, Software Engineer dapat memahami cara membuat software yang fleksibel dan dapat digunakan kembali.

3. Pengujian dan Pengembangan Software

Keterampilan teknis untuk menguji dan melakukan debugging software sangat penting bagi seorang Software Engineer. Teknis ini dilakukan dalam setiap proyek terutama ketika pengembangan perangkat lunak. Pengujian bertujuan untuk memastikan bahwa software bekerja sebagaimana mestinya. Selain menguji software, Software Engineer juga melakukan pengembangan software. 

Read :  8 Prospek Kerja Bisnis Digital yang Menjanjikan

Soft Skill

1. Pemain Tim yang Hebat

Software Engineer adalah profesi yang memerlukan kolaborasi tingkat tinggi, kepemimpinan, dan pembangunan tim yang baik. Untuk menjadi tim yang hebat, masing-masing peran yang terlibat harus memahami cara berkompromi dan cara memotivasi tim untuk menghasilkan hasil terbaik.

2. Perhatian terhadap Detail

Seorang Software Engineer adalah orang yang memiliki perhatian tinggi pada detail. Sikap ini diterapkan pada saat penulisan kode hingga pengujian. Dengan memiliki ketelitian yang baik, pekerjaan ini dapat diselesaikan dengan baik juga.

3. Pemecahan Masalah

Dalam setiap proyek, Software Engineer akan menghadapi berbagai masalah. Mereka harus dapat mengidentifikasi hingga mengatasi masalah-masalah tersebut. Salah satu kunci sukses pada pekerjaan ini adalah cepat beradaptasi menangani masalah dalam software.

Apakah kamu tertarik menjadi Software Engineer? Jika kamu sudah bekerja di bidang terkait IT dan sedang mempertimbangkan untuk meningkatkan karir, bersiaplah melamar lowongan kerja Software Engineer di Karir.com.

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.