Interview

24 Jawaban Kelebihan dan Kekurangan Diri saat Interview

Pinterest LinkedIn Tumblr

“Apa kelebihan dan kekurangan pada diri Anda?” Pertanyaan ini kerap ditanyakan oleh recruiter saat interview. Bagaimana cara menjawab apa kelebihan kekurangan diri yang tepat saat interview? Karir.com telah merangkumnya dan inilah 50 jawaban pertanyaan tentang kelebihan kekurangan diri.

12 Contoh Kelebihan Diri

1. Berkomitmen Tinggi 

Perusahaan tentu menyukai karyawan yang berkomitmen tinggi terhadap pekerjaannya. Komitmen kerja dibentuk oleh sikap dan kehendak dalam menjalankan pekerjaan dengan baik. Kedua hal ini akan membantu perusahaan mencapai tujuan yang berkaitan dengan visi dan misi perusahaan. 

2. Rapi dan Terorganisir

Prinsip rapi dalam bekerja bisa melancarkan karier kamu. Perusahaan menyukai karyawan yang dapat mengorganisir pekerjaan dengan baik. Kamu dapat menjadikan kebiasaan ini sebagai kelebihan diri saat interview.

3. Hebat Bernegosiasi

Negosiator yang andal sangat dibutuhkan perusahaan, terutama di bidang business development. Sebab kemampuan negosiasi banyak dibutuhkan di dunia bisnis. Jika kamu hebat dalam melakukan negosiasi, kamu bisa menjual kemampuan ini kepada recruiter ketika interview.

4. Memiliki Motivasi yang Besar

Mampu menjaga mood selalu baik dalam bekerja adalah kelebihan diri. Tidak mudah selalu membangkitkan semangat untuk bekerja. Dukungan motivasi yang tinggi menghindari karyawan dari kebosanan. 

5. Percaya Diri

Percaya diri dibentuk dari proses sosialisasi yang dijalani. Kamu bisa mencontohkan sikap percaya diri langsung saat interview. Misalnya dengan menunjukkan bahasa tubuh yang positif yang dapat membuat recruiter nyaman dan senang.

6. Jujur

Jujur dapat diartikan sebagai tindakan penerimaan atas segala sesuatu yang ada dalam diri. Saat bekerja, dengan bersikap jujur kamu bisa mengakui mana yang menjadi keahlianmu dan mana yang kamu tidak kuasai. Ini adalah sikap realistis melihat potensi diri.

Read :  20 Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja yang Bisa Anda Tiru

7. Senang Belajar

Senang dan bersemangat dalam mempelajari hal-hal baru adalah kelebihan yang mungkin ada dalam diri kamu. Mencoba hal baru adalah bentuk eksplorasi diri yang menghasilkan ide-ide segar atau memperluas relasi.

8. Inisiatif yang Tinggi

Inisiatif berarti melakukan sesuatu atau bekerja tanpa perintah. Punya inisiatif dalam pekerjaan sangat disukai. Orang dengan kemampuan ini adalah orang yang resourceful

9. Tidak Mudah Menyerah

Sikap gigih atau tidak mudah menyerah adalah kepribadian vital yang harus dimiliki setiap karyawan ketika bekerja. Kegigihan adalah salah satu kunci kesuksesan dalam meniti karier.

10. Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Keterampilan memimpin atau leadership bukan hanya dibutuhkan oleh mereka yang bekerja sebagai pemimpin untuk timnya. Dengan memiliki jiwa kepemimpinan, seseorang akan dapat membangun kerja sama antar tim.

11. Detail dan Teliti

Detail dan teliti dalam bekerja berarti mengerjakan pekerjaan dengan hati-hati. Dapat dikatakan orang yang memiliki sikap ini termasuk orang yang cermat, tidak terburu-buru, dan selalu mengkaji terlebih dahulu.

12. Berdedikasi Penuh terhadap Pekerjaan

Sikap dedikasi berarti memiliki pengorbanan penuh terhadap tanggung jawab profesinya. Dengan dedikasi yang tinggi, seseorang akan berupaya menyelesaikan pekerjaan sebaik yang bisa dilakukannya. 

12 Contoh Kekurangan Diri

1. Kurang Percaya Diri

Tak ada salahnya mengatakan kepada recruiter bahwa kamu kurang percaya diri saat bekerja. Asalkan kamu menjawabnya jujur dan memberi keyakinan bahwa kamu berusaha meningkatkan kualitas dirimu supaya makin percaya diri. 

2. Terlalu perfeksionis

Kelebihan kekurangan diri yang bisa disebutkan saat interview adalah terlalu perfeksionis. Kesempurnaan bagus untuk keberhasilan, namun terlalu perfeksionis sama sekali tidak bagus. Dalam wawancara kamu dapat mengatakan bahwa kamu mulai mengurangi kekurangan diri itu. “Saya terus belajar untuk memahami sudut pandang orang lain, dan berusaha menetapkan tujuan yang realistis”.

3. Kurang Sabar

Orang yang kurang sabar kemungkinan besar akan kesal atau marah jika pekerjaan dikerjakan dengan lambat. Jika ini salah satu kekuranganmu, kamu bisa menjawabnya dengan mengatakan bahwa kamu selalu ingin menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

4. Pelupa

Sifat pelupa bisa membuat pekerjaan berantakan. Apabila pekerjaan kamu tidak membutuhkan kemampuan memori tinggi, kamu bisa mengatakan ini sebagai kekurangan diri. “Saya suka lupa, namun belakangan saya mencoba mengatasinya dengan membuat catatan dan to-do-list”.

Read :  3 Strategi Menjawab: “Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami”

5. Kurangnya Pengalaman

Pengalaman yang kurang banyak biasanya terjadi pada pelamar kerja fresh graduate. Saat interview kamu dapat mengatakannya dengan jujur mengenai hal ini. Katakan juga soft skill atau hard skill yang kamu miliki yang berhubungan dengan pekerjaan. Tingkatkan pengalaman kerja kamu dengan melamar lowongan kerja di Karir.com yuk!

6. Kurang Menguasai Bahasa Asing

Bahasa asing seperti bahasa Inggris menjadi point plus. Jika ini memang menjadi kekuranganmu, kamu bisa mengatakannya saat interview. Namun pastikan pekerjaan yang kamu lamar tidak mencantumkan bahasa Inggris sebagai syarat.

7. Mudah Kecewa kepada Diri Sendiri

Saat interview kamu bisa mengatakan ini sebagai kekurangan diri. Katakan bahwa kekecewaan tersebut berhubungan kinerja. Misalnya kamu kecewa bila tidak mencapai target pekerjaan atau mengerjakan pekerjaan 

8. Lebih Suka Bekerja Sendiri

Apakah kamu melihat ini sebagai kekurangan diri? Kamu dapat menjelaskan alasan kamu lebih senang bekerja sendiri daripada bekerja dalam tim. Misalnya, “Saya lebih suka bekerja sendiri karena saya dapat kemandirian saya, lebih fokus saat bekerja sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik”.

9. Keras kepala

Keras kepala dapat menyebabkan konflik di tempat kerja. Kamu dapat menjelaskan mengapa kamu termasuk orang yang keras kepala. Misalnya, jika kamu memiliki suatu persepsi yang didasarkan oleh hasil riset tertentu. “Saya menyadari bahwa tidak semua pendapat saya itu benar, namun saya hanya bersikeras dengan pendapat yang saya yakini berdasarkan data, dan riset yang telah dilakukan”.

10. Sulit Mendelegasikan Pekerjaan

Kelemahan ini menjadi boomerang jika kamu melamar posisi manajer atau pemimpin tim. Berilah keyakinan kepada recruiter bahwa kamu akan belajar memberi kepercayaan kepada orang lain untuk menyelesaikan tugas.

11. Kurang Inisiatif

Sikap inisiatif dapat dilatih. Dengan melatihnya, kamu bisa menjadi lebih tangkas dan tanggap dalam mengambil keputusan, atau merespon suatu tindakan. Kamu dapat mengatakan kepada recruiter bahwa kamu siap menghadapi tantangan di perusahaan baru, berinisiatif untuk bertanya dan membangun ide. 

12. Tidak Bisa Multitasking

Jika kamu termasuk orang yang tidak bisa multitasking. Saat interview yakinkan recruiter bahwa kamu memahami skala prioritas dengan baik dan selalu fokus menyelesaikan tugas satu per satu untuk hasil terbaik. 

Nah itulah 24 kelebihan kekurangan diri yang bisa disampaikan saat interview. Ketika menjawab pertanyaan tentang kelebihan kekurangan diri kamu harus selektif dalam memilih contoh. Pilih contoh yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar dan sesuai dengan dirimu. Hindari memberi jawaban yang bertele-tele, dan terkesan membual. 

Semoga berhasil ya, rekan Karir! Jika tertarik meningkatkan karier, kamu dapat mengunjungi situs Karir.com. Sebab ada banyak informasi lowongan kerja dengan gaji kompetitif dan jenjang karier yang bagus. Jangan sia-siakan waktu, kamu dapat lamarnya sekarang juga.

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.