Sebagai karyawan, pasti ada keinginan memperoleh promosi jabatan. Lalu, bagaimana kiat mendapat promosi kerja dari atasan?

Karir.com telah merangkum strategi mendapat promosi kerja yang akan membantu kamu mengalami peningkatan karir.

Definisi Promosi Kerja

Harvard mendefinisikan promosi dalam pekerjaan sebagai kenaikan posisi karyawan yang diklasifikasikan pada tingkat gaji yang lebih tinggi, tanggung jawab yang lebih besar secara signifikan dalam tingkat yang sama. Pada dasarnya promosi kerja merupakan peralihan dari pekerjaan tingkat yang lebih rendah ke pekerjaan tingkat yang lebih tinggi.

Promosi kerja memberikan keleluasan dan otoritas yang lebih besar sebagai hasil peningkatan posisi. Ini berarti seseorang yang mendapat promosi kerja juga memperoleh level dan jabatan yang lebih tinggi. Promosi kerja menaikkan status seseorang kerja untuk mempengaruhi pengambilan keputusan di tempat.

Promosi berbeda dengan kemajuan karir. Contoh promosi kerja adalah perpindahan dari Asisten Manajer menjadi Manajer,  HR Assistant menjadi HR Generalist, atau Manajer SDM menjadi Direktur SDM. 

Mengapa Promosi Kerja Penting bagi Karyawan?

Apa pentingnya mempelajari kiat mendapat promosi kerja? Sangat penting.Promosi kerja adalah cara terbaik untuk pindah ke tingkat gaji dan jabatan yang lebih tinggi. Promosi kerja juga merupakan pilihan terbaik untuk menghindari karir yang stagnan. 

Promosi kerja selalu dipandang secara positif. Ketika seorang karyawan mendapat penawaran promosi kerja, ini menunjukkan bahwa karyawan tersebut sangat dihargai di tempat kerja tersebut. Karyawan yang mendapat promosi kerja dipandang sebagai pribadi yang berharga dan sukses melakukan pekerjaannya.

Read :  Lowongan Kerja Yang Cocok Bagi Fresh Graduate

Promosi kerja memberi dampak positif terhadap gaji, tunjangan, tanggung jawab, dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang menjadi keinginan banyak karyawan. Selain itu, dengan memperoleh promosi kerja juga membuka kesempatan untuk mengasah keterampilan baru.

Kiat Mendapat Promosi Kerja

Untuk mendapat promosi kerja, seorang karyawan harus menunjukkan potensi diri yang lebih menonjol di tempat kerjanya. Promosi kerja didasarkan pada pengalaman, performa, dan pencapaian saat bekerja. Lantas apa saja kiat mendapat promosi kerja?

1. Berorientasi Pada Karir

Kiat mendapat promosi kerja yang pertama adalah menetapkan tujuan karir profesional. Orientasi kerja terbagi menjadi tiga jenis yaitu, orientasi pekerjaan, orientasi karir, dan orientasi panggilan. Orientasi karir merupakan cara pandang kerja sebagai proses meningkatkan karir untuk memperoleh jabatan dan gaji yang lebih tinggi.

Untuk memulai karir, anda bisa memilih lowongan kerja yang sesuai dengan bidang anda di Karir.com

2. Berbusana secara Profesional

Mulai sekarang perhatikan gaya busana kamu di tempat kerja. Busana profesional yang dikenakan membantu kamu membangun kredibilitas. Ikuti kebijakan atau perhatikan bagaimana senior di tempat kerja berpakaian. Robert Half International Inc menyebutkan bahwa 86% pekerja dan 80% manajer merasa pilihan pakaian mempengaruhi peluang seseorang untuk dipromosikan. 

3. Jangan Takut Mengambil Tanggung Jawab

Promosi kerja tidak selalu tentang prestasi. Tunjukkan potensi diri kamu dan jangan takut mengambil tanggung jawab. Mereka yang memiliki keterampilan kepemimpinan semakin mudah untuk dipromosikan. Ini memang tidak mudah. Kamu perlu menunjukkan semangat, keberanian, ketegasan, dan bertanggung jawab secara konsisten.

4. Latih Keterampilan Komunikasi

Mendapat promosi kerja berarti melangkah ke peran kepemimpinan yang lebih tinggi. Semakin banyak orang yang menjadi tanggung jawab, maka semakin penting keterampilan komunikasi yang diperlukan. Pelajari teknik berkomunikasi dengan berbagai tipe orang. Keterampilan komunikasi adalah investasi jangka panjang yang memperlancar transisi karir.

Read :  Kurang Setuju Dengan Pemikiran Bos? Coba Lakukan 5 Hal Ini!

5. Jadilah Team Player yang Luar Biasa

Kolaboratif adalah kata kunci untuk mendapat promosi kerja. Kembangkan hubungan yang baik bukan hanya dengan atasan tetapi juga semua orang di tempat kerja. Berupayalah untuk selalu memperlakukan semua orang dengan hormat. Jalinan relasi yang baik mendorong rekan kerja bekerja keras di saat yang dibutuhkan. Promosi kerja diberikan kepada mereka yang dapat memotivasi dan mengelola tim dengan baik.

6. Berkomunikasi dengan Atasan

Kiat mendapat promosi kerja salah satunya melalui komunikasi kepada atasan. Jangan takut untuk mengatakan kepada atasan bahwa kamu menginginkan sebuah promosi kerja. Komunikasi ini difokuskan untuk menanyakan tentang apa yang diperlukan agar kamu dapat dipromosikannya. Mintalah feedback kepada atasan untuk mendorong perbaikan atas diri kamu.

7. Perhatikan Orang Lain yang Telah Mendapat Promosi

Selain berkomunikasi kepada  atasan, sebaiknya kamu juga berkomunikasi dengan rekan kerja yang telah mendapat promosi. Tanyakan kepada mereka bagaimana mereka bisa sampai dipromosikan. Dengarkan cerita mereka, dan pelajari pengalaman mereka.

Dalam menjalankan kiat mendapat promosi kerja diperlukan dedikasi dan komitmen yang tinggi. Ini adalah jalur jangka panjang yang memerlukan strategi. Apapun pekerjaan yang kamu lakukan berikan yang terbaik, sebab etos kerja tidak akan berkhianat.

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.