Tips Karir

Kiat Sukses COO SiCepat

Pinterest LinkedIn Tumblr

Dikenal sebagai Chief Operating Officer (COO) SiCepat, bagaimana pengalaman Murwanto merintis bisnis ekspedisi mulai dari nol?

Berawal dari kekecewaannya terhadap kualitas pelayanan dari salah satu jasa ekspedisi, kini Murwanto sukses berkarier sebagai Chief Operating Officer (COO) SiCepat. Jauh sebelum bergabung menjadi bagian dari SiCepat, Murwanto merupakan seorang pegawai di pabrik plastik bernama PT. Bari Plastic. 

Perjalanan Karier Murwanto Sebelum Menjadi Bagian dari SiCepat

Kariernya sebagai staf PT. Bari Plastic dimulai pada tahun 2001. Saat itu pria yang hobi bermain badminton ini mendapatkan tugas untuk merawat mesin-mesin yang ada di pabrik. Lambat laun, berkat kinerjanya yang bagus, Murwanto pun naik ke level manajer, hingga akhirnya berhasil menjabat sebagai Vice President (VP) selama 5 tahun. 

Sadar kariernya di PT. Bari Plastic sudah mencapai puncak, pada tahun 2010 Murwanto  mengundur diri demi mencari pekerjaan yang lebih menantang untuk dirinya. Sekitar tahun 2011-2013, Murwanto mencoba peruntungan dengan membuka bisnis online bersama The Kim Hai yang saat ini dikenal sebagai pendiri SiCepat. 

Dalam perjalanannya mengurus bisnis online, ia dan The Kim Hai mulai menghadapi sejumlah masalah, salah satunya adalah pelayanan ekspedisi yang buruk. Tak ingin mengecewakan pelanggan, Murwanto lalu memutuskan untuk mengirim sendiri barang dagangannya ke konsumen. 

Berawal dari pengalaman tersebut, Murwanto akhirnya banting setir untuk mendirikan bisnis ekspedisi sendiri bersama The Kim Hai yang kemudian dikenal dengan nama SiCepat.

Pengalaman Merintis Bisnis Ekspedisi Mulai dari Nol

Membangun SiCepat bukannya tanpa kendala. Di awal pendiriannya, SiCepat harus bersaing dengan perusahaan ekspedisi lain. Meski nama SiCepat belum dikenal masyarakat luas dan pelanggannya masih terbatas, hal tersebut tak lantas membuat Murwanto menyerah untuk menjadikan SiCepat sebagai ekspedisi terbesar di Indonesia.  

Read :  Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Benar Via Email

Murwanto sendiri melihat bahwa bisnis ekspedisi mempunyai potensi besar untuk sukses. Bukan tanpa alasan, menurutnya tren belanja online masyarakat Indonesia semakin meningkat dari hari ke hari hingga berpengaruh pada naiknya angka pengiriman di bidang logistik. 

Supaya memiliki nilai plus di mata pelanggan dan di antara jasa ekspedisi lainnya, Murwanto pun mencetuskan layanan menjemput paket yang akan dikirim langsung ke rumah pelanggan atau saat ini dikenal dengan istilah layanan pick-up

Berkat ide cemerlangnya tersebut, SiCepat berhasil menjadi ekspedisi pertama yang menawarkan layanan pick-up. Inilah yang kemudian membawa SiCepat lebih unggul dari jasa ekspedisi lainnya. 

Menciptakan Lingkungan Kerja yang Positif adalah Kunci

Saat merintis SiCepat Murwanto tidak hanya fokus pada inovasi pelayanan, tetapi dia juga berusaha membangun internal SiCepat. Melihat angka pengiriman yang terus meningkat, menurutnya SiCepat perlu didukung tim yang solid. 

Tim yang solid hanya bisa terwujud jika para pemimpin di lapangan dapat diandalkan. Di sisi lain, tim yang solid akan terbentuk jika orang-orang di dalamnya disiplin saat menjalankan kegiatan operasional. Apalagi kegiatan operasional menjadi jantung dari bisnis SiCepat ini. 

Dalam memimpin, Murwanto menjadikan The Kim Hai sebagai panutannya. Baginya sosok The Kim Hai adalah pemimpin yang tegas, disiplin, fleksibel, dan juga hebat. Berkaca dari The Kim Hai, Murwanto berusaha menjadi figur yang tegas dan disiplin agar bisa membangun kekompakan tim. 

Selain itu, Murwanto juga ikut andil dalam mendidik mental karyawannya supaya bisa menjadi pribadi yang jujur dan berintegritas. Tak lupa, ia pun selalu berusaha untuk menciptakan lingkungan kerja yang positif agar timnya lebih produktif dan meminimalisir konflik yang tidak perlu.  

Read :  20 Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja yang Bisa Anda Tiru

Selama bekerja di SiCepat, pria yang gemar mengisi waktu luangnya dengan berolahraga ini mengaku merasakan banyak tantangan. Meski begitu, hal tersebut justru dipandang positif oleh Murwanto. Ia menilai lingkungan kerjanya saat ini terasa lebih seru jika dibandingkan ketika ia bertugas mengurus mesin di PT. Bari Plastic.

Pada satu momen Murwanto pernah melihat tim merasa keteteran dalam menangani angka pengiriman yang tinggi. Akhirnya perusahaan pun melakukan rekrutmen di seluruh Indonesia. Ketika proses rekrutmen, poin yang menantang adalah mencari orang yang mampu menjaga performanya selama bekerja. 

Tantangan lainnya adalah SOP yang terus berubah setiap terjadi penambahan volume karyawan yang lebih dari lima puluh ribu. Lingkungan kerja yang dinamis seperti ini dianggap lebih menyenangkan oleh Murwanto dibandingkan saat-saat ia bekerja di perusahaan sebelumnya.

Sebagai penutup, Murwanto juga memberikan pesan kepada para profesional lainnya bahwa kenyamanan konsumen adalah nomor satu jika ingin mengembangkan suatu perusahaan.   

Karir.com was founded in 1999 as a pioneer of Career Portal in Indonesia. Since December 2014 is part of the Emtek Group, an integrated group of companies with main business divisions: Media, Telecommunications & IT Solutions, and Connectivity. Some of Emtek's Online Media portfolios: Liputan6.com, lakupon.com, vidio.com, and now Karir.com – provides services for companies to hire the best talent through online job ads.