Profesi

Ingin Jadi KOL Specialist? Ini Tugas dan Gajinya!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Peluang karier KOL Specialist menawarkan prospek yang menarik. Banyak bisnis kini memanfaatkan saluran digital untuk menjangkau audiens dan meningkatkan brand awareness. Salah satunya melalui KOL yang merupakan singkatan dari Key Opinion Leader. KOL ini biasanya sangat dipercaya pendapatnya oleh para pengikut mereka karena dianggap sebagai ahli dalam suatu bidang tertentu

šŸ“š Apa itu KOL Specialist?

KOL Specialist adalah profesi yang bertugas membangun hubungan dengan KOL untuk menjalankan strategi media sosial dan kampanye yang kreatif. Mereka melakukan koordinasi untuk memastikan kampanye promosi berjalan sesuai tujuan yang dicapai.

Key Opinion Leader (KOL) dalam bisnis kerap disebut sebagai public figure perusahaan. Mereka adalah orang yang didengarkan opininya saat pengambilan keputusan. Orang yang bertugas untuk berkoordinasi dengan KOL disebut KOL Specialist.

Bagaimana prospek karier Key Opinion Leader (KOL) Specialist? Berikut lima tugas beserta kualifikasi dan gaji yang diperoleh. 

šŸ¤‘ Berapa Gaji KOL Specialist?

Profesi KOL Specialist memiliki prospek yang menjanjikan. Gaji KOL Specialist sangat kompetitif. Gaji yang ditawarkan bergantung pada industri dan kemampuan perusahaan. Namun umumnya Gaji KOL Specialist atau gaji kol management dengan pengalaman kerja minimal 1 tahun mendapat bayaran di atas 5 juta.

Uraian Tugas KOL Specialist

Dalam menjalankan pekerjaannya, KOL Specialist akan bekerja sama dengan divisi pemasaran untuk memulai dan melaksanakan strategi pemasaran. Secara umum tugas KOL Specialist terdiri dari:

Read :  Besaran Gaji IOS Developer di Startup beserta Tugasnya

1. Meriset dan Mengidentifikasi KOL

KOL Specialist melakukan riset untuk mengidentifikasi KOL yang cocok bagi perusahaan. Kecocokan ini dilihat dari kerelevanan KOL dengan merek, target pasar, dan relasi KOL dengan publik.

2. Mengelola dan Membangun Jaringan KOL

Komunikasi antara perusahaan, KOL, media, dan agensi pihak ketiga dikelola dan dibangun oleh seorang KOL Specialist. Mereka berkomunikasi secara profesional untuk menciptakan jaringan yang kuat.

3. Melaksanakan Strategi Pemasaran 

KOL Specialist melakukan perencanaan pemasaran. Mereka bukan hanya terlibat dalam pembuatan ide kampanye promosi, tetapi juga dalam pemerolehan dan pemeliharaan KOL. Kolaborasi dengan KOL bertujuan untuk menciptakan kampanye promosi yang kuat dan ideal.

4. Melakukan Negosiasi yang Menguntungkan

KOL Specialist bertugas menegosiasikan biaya yang tepat. Mereka memastikan negosiasi yang dilakukan mencapai kesepakatan yang menguntungkan. Selain itu, mereka harus memberikan perkiraan waktu yang tepat.

5. Memantau Kinerja KOL

Kinerja KOL dalam menjalankan kampanye promosi dianalisis oleh KOL Specialist. Mereka mencatat indikator atau skala pada tiap tahapan kampanye. Dalam pelaksanaan strategi marketing, KOL Specialist bertanggung jawab untuk menangani dan mengingatkan KOL mengenai kampanye tersebut.

Contoh Jobdesk KOL Specialist di Bibit

Berikut adalah kol jobdesk sebagai gambaran bagi kamu.

Kol Specialist Job Description:

  • Manage communications and build relationships with media, KOL, and third party agencies for joint collaboration of various campaigns/promotions.
  • Research and identify KOL across multiple digital platforms to build powerful brand experiences.
  • Reaching and building a KOL network for different categories on social media.
  • Implement KOL engagement campaigns by liaising and coordinating with KOL in their requirements, timeline, and deliverables.
  • Collaborate with team members to initiate and execute different promotional campaigns.
  • Negotiate costs appropriately to ensure a mutually beneficial agreement. 
  • Provide accurate timing estimates on work.
Read :  šŸ–„ļø Pelajari Peran dan Tugas Full Stack Developer

Persyaratan dan Kualifikasi KOL Specialist

Untuk melamar posisi KOL Specialist seringkali tidak diperlukan spesifikasi gelar pendidikan tertentu. Gelar sarjana apapun dapat melamar posisi pekerjaan ini. Namun biasanya pengalaman kerja yang relevan dengan pengelolaan KOL, influencer, atau komunitas dijadikan persyaratan. Pengalaman ini menjadi bukti bahwa mereka memiliki jaringan yang luas dan dapat menangani berbagai talent.

Profesi ini dituntut untuk memiliki pemahaman yang kuat mengenai berbagai saluran media sosial. Mereka harus familiar dengan kampanye digital, tren, dan mampu mengukur keterlibatan media sosial untuk kampanye promosi. Adapun kualifikasi soft skill untuk menjadi KOL Specialist adalah keterampilan interpersonal yang baik, negosiasi, manajemen waktu, multitasking, dan komunikatif.

Apa Pentingnya KOL Specialist dalam Bisnis

Apa bedanya KOL dan Influencer? KOL berbeda dengan influencer yang dilirik karena jumlah pengikutnya di media sosial. KOL dipercaya karena prestasi dan keahliannya.  Jika Influencer membangun personanya melalui media sosial, persona KOL dibangun bukan hanya dari media sosial. Cara berkomunikasi keduanya juga berbeda. KOL berkomunikasi satu arah, sedangkan Influencer berkomunikasi dua arah.

Dalam bisnis KOL adalah pihak yang menjalankan strategi marketing untuk meningkatkan brand awareness. KOL banyak digunakan di industri seperti kesehatan, farmasi, dan scientist. Orang yang bertindak sebagai KOL biasanya berasal dari profesi dokter, tokoh politik, atau akademisi.

KOL Specialist sangat penting diperlukan oleh perusahaan. Profesi ini membantu perusahaan memilih KOL yang cocok dengan brand perusahaan, dan mengelola KOL dalam menjalankan strategi pemasaran yang ideal. Konten yang dibuat seorang KOL berfokus pada produk atau yang relevan dengan bidangnya dan mendukung kredibilitasnya. 

Lowongan KOL Specialist

Apakah kamu tertarik menekuni profesi KOL Specialist? Ingin menemukan lowongan kerja KOL Specialist atau loker startup yang menarik? Kamu dapat menemukannya di situs Karir.com. Ayo kunjungi dan segera kirimkan aplikasmu!

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.