Profesi

Apa Tugas Marcomm? Ini 5 Tugas Utamanya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Marketing Communications atau Marcomm adalah seorang profesional yang mengelola komunikasi dengan klien baik online maupun offline untuk membangun kesadaran merek. Seperti apa tugas marcomm di perusahaan? Mari cari tahu peran dan tugas yang dijalani Marcomm beserta gaji yang diperoleh melalui artikel ini.

Tugas Marcomm

Apa tugas marcomm? Peran Marcomm dapat bervariasi bergantung perusahaan dan industri serta kebutuhan perusahaan. Namun umumnya tugas Marcomm adalah membangun hubungan jangka panjang dengan audiens target. Rincian tugasnya sebagai berikut.

1. Mengkoordinasikan dan Mendistribusikan Materi Promosi

Tugas utama Marcomm adalah mempromosikan produk dan layanan perusahaan. Marcomm melakukan tugas untuk mengkoordinasikan desain materi promosi dan mendistribusikannya di saluran online dan offline. Dari materi promosi yang ada, mereka kemudian mengiklankan perusahaan dan/atau produk/layanan ke berbagai media.

2. Melacak ROI untuk Kampanye Pemasaran

Tugas selanjutnya yang dilakukan Marcomm adalah melakukan pelacakan ROI atau Return on Investment. Dalam digital marketing, ROI digunakan sebagai acuan untuk menghitung untung atau rugi yang dihasilkan pada kampanye pemasaran digital. Dengan memperhatikan ROI, visibilitas yang lebih besar, efisien, dan lebih seimbang.

3. Membuat Buletin Reguler dengan Pembaruan Perusahaan

Cakupan tanggung jawab Marcomm berhubungan dengan komunikasi internal dalam perusahaan. Oleh karena itu, Marcomm memiliki tanggung jawab untuk membuat dan mengirim buletin reguler yang berisi pembaruan perusahaan. 

Read :  8 Pertanyaan Interview untuk Posisi IT Support

4. Membangun Jaringan dan Mendorong Kesadaran Merek 

Marcomm memiliki peran sentral untuk menumbuhkan kesadaran merek perusahaan. Marcomm akan membangun jaringan yang kuat di media sosial dan platform profesional untuk mendiskusikan topik terkait industri. Jaringan dengan para profesional dan klien potensial dapat mendukung upaya peningkatan kesadaran merek.

5. Mengelola Komunikasi Internal dan Eksternal Perusahaan

Sesuai dengan namanya, Marcomm adalah posisi yang berfungsi sebagai komunikator perusahaan dengan klien termasuk dalam wawancara dan konferensi pers. Selain itu mereka juga bertugas untuk mengelola acara seperti pameran dagang atau konferensi di mana mereka dapat berinteraksi dengan para profesional dan klien potensial di industri terkait. Marcomm perlu mempertahankan hubungan ini sebagai upaya memastikan kesuksesan perusahaan yang berkelanjutan.

Persyaratan dan Keterampilan yang Dibutuhkan

Pada umumnya lowongan kerja Marcomm akan mencantumkan beberapa hal berikut sebagai syarat.

1. Latar Belakang Pendidikan

Untuk melamar menjadi Marcomm dibutuhkan gelar pendidikan formal sebagai persyaratan. Jurusan yang relevan dengan bidang pekerjaan ini adalah Pemasaran, Komunikasi, dan Hubungan Masyarakat.

2. Keterampilan Komunikasi

Marketing Communications harus memiliki keterampilan komunikasi verbal maupun tertulis yang sangat baik. Mereka akan berinteraksi dengan banyak pihak eksternal perusahaan termasuk melakukan presentasi dan negosiasi. Oleh karena itulah, keterampilan komunikasi menjadi keterampilan yang penting dalam profesi Marcomm.

3. Kemampuan Dasar Komputer

Marcomm juga harus mahir mengoperasikan komputer terutama Ms. Office, Email, Chat, Online Meetings App, Drive for storage, Docs, Sheets, Slides, dan Formulir Online. Selain berbagai aplikasi workspace, seorang Marcomm juga harus memahami penggunaan alat manajemen konten web seperti WordPress.

4. Problem Solving

Problem solving atau pemecahan masalah adalah salah satu skill yang penting bagi Marcomm. Dalam menjalankan fungsinya di perusahaan, Marcomm harus dapat memecahkan masalah dengan cepat. Mereka dituntut untuk dapat memberikan analisis praktik dari masalah yang ada, dan mengaplikasikannya kembali dalam pekerjaan-pekerjaan berikutnya.

Read :  Account Officer adalah Petugas Akun Perusahaan, Apa Tugasnya?

5. Pengetahuan tentang Pemasaran Digital

Seorang Marcomm memiliki peranan yang penting terkait marketing. Oleh karena itu, mereka haruslah familiar dan memiliki pengalaman dengan kampanye pemasaran digital dan kampanye iklan Business to Business  (B2B) dan Business to Customer (B2C).

Gaji Marketing Communications

Berapa gaji marcomm? Berdasarkan situs Indeed, Marketing Communications (Marcomm) memiliki gaji rata-rata sebesar Rp 3,724,268 per bulan. Rata-rata gaji pokok Marcomm dalam setahun menurut Payscale berkisar Rp 168.000.000 per tahun.

Salary Expert juga melaporkan perihal gaji Marcomm di Indonesia. Gaji kotor rata-rata Marketing Communications di Indonesia adalah Rp246.708.069 per tahun. Di tingkat pemula, Marcomm memperoleh gaji berkisar Rp 180.221.486 per tahun. Di sisi lain, tingkat senior profesi ini digaji dengan nominal mencapai Rp 307.571.225 per tahun.

Itulah informasi seputar Marketing Communications (Marcomm). Marcomm adalah salah satu profesi yang memiliki peran vital. Jadi, apakah kamu tertarik mengambil peran Marcomm di perusahaan? Ayo mulai atau tingkatkan karir kamu sebagai Marcomm dengan menemukan  lowongan kerja Marcomm terbaru di Karir.com.

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.