Profesi

Tugas Marketing Executive dan Kualifikasi yang Dibutuhkan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Siapakah yang dimaksud eksekutif pemasaran? Marketing Executive atau Eksekutif Pemasaran adalah profesional yang andal untuk melakukan proyek pemasaran. Marketing Executive mahir dalam berbagai platform, termasuk media cetak dan media sosial. Mereka menjadi ujung tombak kampanye pemasaran yang memiliki keterlibatan dari awal hingga akhir.

Apa saja tugas dan tanggung jawab Marketing Executive? Cari tahu mengenai berbagai peran yang dijalani Marketing Executive beserta keterampilan dan gaji yang diperolehnya dalam artikel ini.

Tugas Marketing Executive

1. Mengembangkan Kampanye Pemasaran yang Strategis

Marketing Executive merencanakan strategi pemasaran yang efisien dan efektif. Mereka akan mengkonseptualisasikan kegiatan pemasaran yang dapat dimanfaatkan untuk memperluas jejak perusahaan. Kampanye yang dijalankan selalu diarahkan untuk mempromosikan produk, layanan, dan tujuan. Pada akhirnya, mereka juga terlibat untuk mengatur kampanye kreatif dan mengawasi kampanye periklanan/komunikasi (media sosial, TV dll), pameran dan acara promosi. 

2. Melakukan Riset dan Menganalisis Pasar

Berbagai riset dan analisis pasar dilakukan untuk mengevaluasi tren, kesadaran merek, dan kompetitor. Kampanye yang sukses selalu sesuai dengan tren dan kebutuhan pelanggan. Untuk mengetahui kebutuhan dan umpan balik dari pelanggan, Marketing Executive akan mengirimkan survei dan mengontrolnya.

Read :  Apa itu Performance Marketing Specialist?

3. Memantau dan Membuat Laporan Kinerja Kampanye

Dengan menggunakan berbagai metrik, Marketing Executive melakukan pemantauan kampanye. Tujuannya untuk mengetahui apakah strategi kampanye yang dijalankan dapat menumbuhkan minat audiens dan memperkuat reputasi brand. Efek yang dihasilkan setiap kampanye disusun oleh Marketing Executive dalam laporan yang terperinci.

4. Mendelegasikan Tugas kepada Tiap Departemen

Marketing Executive mendelegasikan tugas dan mengawasi pekerjaan anggota tim di departemen grafis dan periklanan. Sebagai lead, Marketing Executieve juga memberi arahan dan klarifikasi sesuai kebutuhan.

5. Mengawasi Batasan Waktu dan Anggaran

Tugas lainnya yang dilakukan Marketing Executive adalah melakukan koordinasi dan memastikan bahwa setiap kampanye yang berjalan mematuhi batasan waktu dan anggaran yang ditetapkan. Dalam menyiapkan dan memantau pengeluaran anggaran, mereka akan berkolaborasi dengan manajer. 

Persyaratan dan Kualifikasi yang Dibutuhkan

1. Latar Belakang Pendidikan

Untuk berada di posisi Marketing Executive dibutuhkan gelar di bidang pemasaran, penjualan, bisnis, atau bidang lain yang relevan. Gelar minimal yang disyaratkan pada umumnya adalah sarjana, namun beberapa perusahaan lebih menyukai lulusan dengan gelar master.

2. Memiliki Pengalaman dan Praktik Pemasaran

Pengalaman yang terbukti sebagai Marketing Executive atau peran serupa akan lebih disukai. Ini menjadi bukti bahwa kandidat memiliki pengetahuan menyeluruh tentang prinsip-prinsip perencanaan strategis dan praktik terbaik pemasaran.

3. Keterampilan Kepemimpinan

Seorang Marketing Executive harus memiliki keterampilan kepemimpinan, delegasi, dan pengembangan kapasitas yang kuat. Hal ini karena Marketing Executive memiliki tanggung jawab untuk berkoordinasi dengan staf di departemen lain.

4. Keterampilan Komunikasi dan Interpersonal

Marketing Executive dituntut terampil dalam berkomunikasi baik verbal maupun tertulis terutama dalam pemasaran. Bukan hanya itu, mereka juga haruslah orang yang memiliki interpersonal luar biasa yang bisa menghargai orang dan idenya.

Read :  Mengenal Mobile Engineer, Profesi yang Banyak Dibutuhkan Saat Ini

5. Keterampilan Organisasi dan Manajemen Waktu

Marketing Executive yang dapat diandalkan sangat terorganisir dan berorientasi pada detail. Mereka juga kemampuan manajemen waktu yang sangat baik sehingga tugas yang didelegasikan dapat diselesaikan tepat waktu.

6. Mahir MS Office dan Perangkat Lunak Pemasaran (CRM)

Marketing Executive memahami teknik riset pasar, analisis data, dan prinsip-prinsip perencanaan strategis dan praktik pemasaran. Kemahiran mengoperasikan komputer dasar dan perangkat lunak pemasaran dapat mendukung pekerjaan mereka.

7. Familiar dengan Media Sosial dan Analisis Web

Keakraban dengan media sosial dan analisis web seperti Hootsuite menjadi syarat menduduki posisi Marketing Executive. Tujuannya agar mereka memiliki pemahaman menyeluruh tentang tren kontemporer dalam konsumerisme.

Gaji Marketing Executive

Berapa gaji Marketing Executive? Berdasarkan riset Indeed, gaji Marketing Executive di Indonesia berkisar Rp 7,118,049 per bulan. Menurut Salary Explorer, kisaran gaji Marketing Executive di Indonesia sekitar Rp Rp 17.800.000 per bulan. Gaji berkisar dari Rp 9.260.000 (terendah) hingga Rp 27.300.000 (tertinggi). 

Adapun Roll The Pay juga melaporkan gaji rata-rata tahunan Marketing Executive adalah Rp 92.700.000,00 atau setara Rp 7.500.000,00 per bulan. Dengan gaji awal antara Rp 26.375.500,00 sampai Rp 31.030.000,00 sedangkan kisaran gaji maksimum antara Rp 108.120.000,00 sampai Rp 124.338.000,00.

Tertarik menjalani karir sebagai Marketing Executive? Temukan lowongan kerja Marketing Executive di situs kami. Karir.com menyediakan ribuan lowongan kerja di berbagai bidang termasuk pemasaran. Daftar sekarang dan lamar pekerjaan yang tepat untukmu!

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.