Profesi

Mechanical Engineer adalah: Tugas dan Gajinya!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Insinyur mesin atau mechanical engineer adalah salah satu profesi di bidang teknik yang penting dalam memberikan kontribusi bagi masyarakat. Seorang insinyur mesin melayani di segala bidang, termasuk pengembangan elevator, genset, mesin AC, mobil, hingga pesawat terbang. Secara signifikan jasa insinyur mesin telah membantu masyarakat dalam menyederhanakan banyak tugas menjadi tugas yang lebih sederhana.

Mengutip Biro Statistik Tenaga Kerja AS, prospek pekerjaan insinyur mesin diproyeksikan tumbuh 2 persen dari 2021 hingga 2031. Meskipun pertumbuhannya lebih lambat dari rata-rata pekerjaan lain, sekitar 17.900 lowongan mechanical engineer dibuka setiap tahunnya. Lowongan ini tersedia karena kebutuhan untuk menggantikan karyawan yang resign, atau sudah masuk waktu pensiun.  

Apa Pekerjaan Mechanical Engineer?

Mechanical engineer umumnya bekerja di kantor, namun mereka mengunjungi tempat kerja di mana masalah atau peralatan membutuhkan perhatian mereka. Secara umum pekerjaan mechanical engineer adalah merancang, membangun, menguji, dan mengembangkan segala jenis mesin, sensor dan perangkat mekanik dan termal. Dalam melakukan pekerjaannya, mechanical engineer berkolaborasi dengan Project Manager, atau insinyur profesional lainnya.

Rincian tugas mechanical engineer sebagai berikut.

1. Melakukan Pengembangan Siklus Hidup Produk

Seorang mechanical engineer bertugas untuk merancang, membuat, menguji prototipe, memproduksi, dan mengimplementasikan produk. Pengembangan produk yang dilakukan menerapkan modifikasi peralatan yang hemat biaya. Salah satu tujuannya untuk membantu meningkatkan keselamatan dan keandalan pekerja. Dengan kata lain, mechanical engineer adalah orang yang merancang sistem dan komponen yang memenuhi persyaratan.

Read :  Ketahui 4 Jenjang Karir Software Engineer

2. Mengidentifikasi Masalah dan Menganalisis Solusi

Mechanical engineer mengidentifikasi masalah atau kekurangan yang ada dalam produk mekanik yang dikembangkan. Setelah analisis masalah, mereka akan merumuskan solusi untuk menyelesaikan masalah secara efektif. Apabila diperlukan mereka juga dapat mendiskusikan dan memecahkan masalah kompleks dengan departemen manufaktur, sub kontraktor, pemasok, dan pelanggan.

3. Menguji dan Mengevaluasi Kinerja Produk

Insinyur mesin melakukan eksperimen dan mengevaluasi desain teoritis. Evaluasi tersebut dilakukan untuk perbaikan dan inovasi produk secara keseluruhan. Pada akhirnya tugas mechanical engineer adalah memastikan suatu produk yang andal dan dapat bekerja secara konsisten di lingkungan operasi yang ditentukan. Fungsi ini juga memungkinkan mereka untuk mengubah atau memodifikasi produk untuk menghilangkan malfungsi.

4. Mengelola Proyek Menggunakan Prinsip Rekayasa dan Teknis

Mechanical engineer terlibat dalam proyek dan bertanggung jawab untuk mengelola  orang, proyek, dan sumber daya. Secara berkala mereka memantau dan menugaskan pekerjaan terkait. Mereka berfokus meningkatkan proses produksi dengan mempertimbangkan implikasi dari berbagai isu seperti kendala biaya, keamanan, dan waktu. 

5. Membuat Laporan Produk dan Dokumentasi 

Tanggung jawab lain yang dimiliki mechanical engineer adalah menulis dokumentasi teknis untuk operator mesin. Di samping itu, mereka juga membuat perkirakan anggaran dan ruang lingkup proyek. Secara keseluruhan mereka terlibat dalam pengembangan dan perancangan proses produksi baru. Sebab itu, dokumentasi dan pembuatan laporan sangat penting dilakukan.

Berapa Gaji Mechanical Engineer? 

Berdasarkan situs Indeed, rata-rata gaji mechanical engineer adalah Rp 5.288.138 per bulan. Secara berurutan kota dengan gaji bulanan terbesar di Indonesia untuk posisi Mechanical Engineer adalah Palembang (Rp 10.000.000), Magelang (Rp 10.000.000), Surabaya (Rp 8.950.666), Medan (Rp 7.543.512), Bengkulu (Rp 7.500.000), dan Jakarta (Rp 5.787.39).

Read :  Production Manager adalah Posisi Vital di Perusahaan, Apa Tugasnya?

Adapun seorang Senior Mechanical Engineer memiliki rata-rata gaji pokok sebesar Rp Rp 15.480.275 per bulan. Apabila diakumulasikan, gaji tahunan insinyur mesin berkisar Rp Rp 218.642.634 per tahun.

Gaji mechanical engineer sangat bervariasi, beberapa sektor menarik gaji yang lebih tinggi, sesuai dengan permintaan. Insinyur mesin dapat bekerja di berbagai sektor mulai dari transportasi, kesehatan, penerbangan, hingga industri konstruksi.

Lowongan Kerja Mechanical Engineer

Insinyur mesin menawarkan jenjang karir yang menguntungkan. Jam kerja biasanya mencakup jam tambahan reguler, tetapi biasanya bukan akhir pekan atau shift.

Mechanical Engineering jurusan apa? Jurusan mechanical engineering atau teknik mesin dapat melamar posisi ini dengan mudah. Namun posisi mechanical engineer juga terbuka untuk orang dari jurusan teknik nuklir, teknik penerbangan, rekayasa pertanian, rekayasa manufaktur, rekayasa komputer, dan engineering science.

Cari tahu lebih lanjut tentang lowongan kerja mechanical engineer yang tersedia di Karir.com. Kami mengiklankan loker terbaru di berbagai industri yang dapat kamu akses secara gratis. Daftar akun karir kamu di sini!

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.