Profesi

Mengenal Mobile Engineer, Profesi yang Banyak Dibutuhkan Saat Ini

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pada waktu belakangan ini, manusia semakin lekat dengan smartphone. Dalam satu harinya dapat dipastikan penggunaan smartphone tidak bisa dipisahkan dari aktivitas harian manusia. Aktivitas terbanyak yang dilakukan di smartphone kebanyakan berhubungan dengan aplikasi mobile. Mulai dari mendengarkan musik, menonton video, sampai menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan sederhana biasa dilakukan melalui ponsel.

Semakin hari manusia makin terbiasa dengan layanan berbasis aplikasi. Berdasarkan Digital 2022, ada 370,1 juta perangkat mobile yang terhubung di Indonesia. Angka ini naik 3,6% dari tahun 2021 yakni 345,3 juta. Aplikasi populer yang paling banyak digunakan adalah Whatsapp, Instagram, Facebook, dan Tiktok.

Di balik populernya layanan berbasis aplikasi, Mobile Engineer adalah orang penting yang mengembangkan aplikasi mobile. Lantas seperti apa profesi Mobile Engineer? Dalam artikel ini, Karir.com telah merangkum informasi yang berkenaan dengan Mobile Engineer meliputi tugas, gaji, hingga jenjang kariernya. Simak penjelasannya berikut ini!

Deskripsi Pekerjaan Mobile Engineer

Mobile Engineer merupakan salah satu pekerjaan di bidang teknologi yang bekerja membangun dan mengembangkan aplikasi mobile di perangkat Android, iOS, atau Windows phone. Profesi ini adalah orang yang memastikan bahwa aplikasi berjalan dengan baik, dan sesuai dengan harapan pengguna. Apabila terjadi masalah dalam aplikasi, Mobile Engineer menjadi pihak yang bertanggung jawab menemukan solusi untuk memperbaikinya.

Pekerjaan Mobile Engineer identik dengan aplikasi mobile. Aplikasi mobile adalah software yang dibuat untuk aplikasi bergerak (mobile) seperti Smartphone, Smartwatch, dan Tablet. Aplikasi mobile yang dirancang Mobile Engineer terbagi menjadi beberapa kategori. Antara lain jejaring sosial, komunikasi, permainan, pendidikan, berita dan majalah, serta kesehatan. 

Read :  Translator Mandarin: Gaji, Tugas dan Lowongan di Indonesia

Aplikasi tersebut merupakan hasil dari pemrograman mobile yang dirancang menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Oleh karena itu, untuk menjadi Mobile Engineer harus menguasai bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Skill khusus lain yang harus dimiliki adalah Object-Oriented Programming (OOP), User-interface (UI), Basis data, serta Pengembangan berbagai aplikasi mobile.

Tugas Mobile Engineer

Tren dan peluang karier Mobile Engineer menunjukkan pertumbuhan positif. Laporan Marketing Aplikasi Indonesia Edisi 2020 menyebutkan bahwa aplikasi mobile di Indonesia tumbuh signifikan terutama dalam hal installs, in-app spend, user retention, marketing. Tugas Mobile Engineer detailnya sebagai berikut.

1. Merancang dan Mengembangkan Aplikasi Mobile

Mobile Engineer harus merancang, mendesain, dan membangun aplikasi dari awal hingga akhirnya dirilis ke pengguna. Setelah perilisan, aplikasi akan terus melakukan penyesuaian berdasarkan kebutuhan dan keinginan pengguna.

2. Mengatasi Bug dan Masalah 

Bug dan error dalam aplikasi sangat mungkin terjadi. Mobile Engineer akan mengidentifikasi masalah yang terjadi di aplikasi dan menyelesaikannya. Mereka selalu memastikan aplikasi dibuat bisa berjalan sebagaimana mestinya.

3. Melakukan Tes Kode

Tes kode dilakukan untuk mengetahui ketahanan, kegunaan, dan kelemahan aplikasi. Mereka akan bekerja sama dengan sumber data eksternal dan API saat testing. Mereka bertanggung jawab menjaga kualitas kode dan otomatisasi.

4. Mengoptimalkan Pengembangan Aplikasi

Untuk mengoptimalkan pengembangan aplikasi, Mobile Engineer akan menerapkan teknologi terbaru ke dalam aplikasi. Dengan begitu, aplikasi yang dibuat semakin canggih dan responsif meningkatkan pengalaman pengguna. Pembaruan aplikasi juga bisa berupa fitur baru atau penambahan bahasa.

Gaji Mobile Engineer

Pekerjaan Mobile Engineer serupa dengan Mobile Developer. Menurut Indeed, Mobile Developer di Indonesia rata-rata mendapat bayaran sebesar Rp 5,735,239 per bulan. Data yang disajikan Salary Explorer menunjukkan hasil yang tak jauh berbeda. Menurut sumber tersebut, rata-rata gaji bulanan terendah yang didapat Mobile Developer di Indonesia sebesar Rp 5,640,000.

Read :  Kenali Jenjang Karir di Bank yang Menjanjikan

Kenaikan gaji Mobile Engineer terjadi mengikuti pertambahan pengalaman kerja. Dengan pengalaman kerja terendah, profesi ini bisa memperoleh gaji Rp 6.510.000 per bulan. Jumlah gaji bulanan secara bertahap mengalami peningkatan lebih dari 5%. Mobile Engineer dengan pengalaman kerja lebih dari 20 tahun mendapat bayaran sekitar Rp 17.900.000 per bulan.

Profesi Mobile Engineer termasuk profesi prestisius yang mendatangkan penghasilan tinggi. Ingin berkarier sebagai Mobile Engineer? Dapatkan informasi lowongan kerja Mobile Engineer terbaik hanya di Karir.com. 

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.