Tips Karir

Network Engineer: Tugas, Skill, dan Gajinya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Network Engineer memiliki peran sentral di perusahaan. Perananannya erat berhubungan dengan network atau jaringan. Seperti apa peran dan tugas yang dilakukan Network Engineer? Apa yang harus dikuasai seorang Network Engineer? Mari pahami bersama di bawah ini!

Tugas Network Engineer

Network Engineer adalah seorang yang profesional di bidang IT yang diandalkan dalam pemeliharaan operasi jaringan komputer sehari-hari di perusahaan. Jaringan ini mencakup intranet, ekstranet, Local Area Network (LAN), dan Wide Area Network (WAN). Network Engineer kerjanya apa? Apa saja tugas Network Engineer? Tugas Network Engineer sebagai berikut.

1. Menangani Jaringan Komputer Perusahaan

Network Engineer bertugas untuk merancang dan menerapkan LAN, WAN, dan jaringan nirkabel perusahaan, termasuk server, router, firewall, hub penyeimbang beban, saklar, UPS, dan perangkat keras lainnya. Mereka juga bertugas untuk memelihara dan mengelola jaringan komputer dan lingkungan komputasi terkait termasuk perangkat lunak sistem, perangkat lunak aplikasi, perangkat keras, dan konfigurasi.

2. Menjaga Keamanan Jaringan

Network Engineer merencanakan dan menerapkan langkah-langkah keamanan jaringan untuk melindungi data, perangkat lunak, dan perangkat keras. Jika diperlukan, mereka juga melakukan operasi pemulihan bencana dan pencadangan data.

3. Memantau Kinerja Jaringan

Network Engineer bertanggung jawab untuk memelihara semua tingkat keamanan jaringan secara internal dan eksternal. Untuk memantau kinerja jaringan dan sistem komputer, mereka mengoperasikan konsol master. Pemantauan tersebut dilakukan untuk menentukan apakah penyesuaian perlu dilakukan. 

Read :  Mengenal Toxic Leadership Di Lingkungan Pekerjaan Anda

4. Menyelesaikan Masalah Terkait Jaringan

Tanggung jawab lain yang diemban oleh Network Engineer adalah mengatasi berbagai masalah yang muncul terkait jaringan komputer di perusahaan. Mereka akan memecahkan masalah, mendiagnosis, dan menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan perangkat keras, perangkat lunak,  jaringan dan sistem lainnya.

5. Memberi Rekomendasi Perbaikan

Bersama tim keamanan jaringan perusahaan, Network Engineer menetapkan alat, kebijakan, dan prosedur keamanan bagi jaringan perusahaan. Apabila ada perbaikan atau perubahan yang berdampak pada layanan yang ada, mereka akan mengkomunikasikannya kepada pemangku kepentingan di perusahaan. 

Persyaratan dan Keterampilan

Untuk mendapatkan posisi Network Engineer dibutuhkan Gelar sarjana dalam bidang studi terkait teknologi informasi dengan fokus rekayasa jaringan. Kualifikasi apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Network Engineer? Berikut lima keterampilan teknis yang penting untuk pekerjaan ini.

1. Jaringan

Network Engineer dituntut memiliki pemahaman yang kuat tentang infrastruktur jaringan dan perangkat keras jaringan. Saat jenis jaringan baru muncul, sangat penting untuk tetap mengetahui perkembangan baru.

2. Firewall dan Keamanan

Keamanan jaringan merupakan salah satu yang penting. Oleh karena itu, menyebarkan dan memelihara firewall di dalam jaringan menjadi bagian dari tugas Network Engineer.

3. Perangkat Keras dan Infrastruktur

Perangkat keras (hardware) adalah bagian dari jaringan dan sistem. Oleh karena itu, mereka juga harus mampu untuk menerapkan, mengelola, dan memecahkan masalah perangkat infrastruktur jaringan.

4. Bahasa Pemrograman

Network Engineer harus mahir bahasa pemrograman yang populer untuk tingkat jaringan perusahaan seperti Python, Ruby, dan Perl. Kemahiran ini sangat bermanfaat untuk mengetahui bahasa yang ramah otomatisasi seperti Java, Terraform, dan Ansible.

5. Domain-name system (DNS)

DNS adalah bagian terpenting dalam pengoperasian jaringan modern yang terhubung ke internet. Network Engineer memiliki peranan penting untuk memecahkan masalah terutama ketika DNS sedang down. 

Read :  Jangan Pernah Menulis 5 Kata Ini Dalam Resume

Gaji Network Engineer

Berapa Gaji IT Network Engineer? Berdasarkan situs Indeed, Network Engineer memiliki gaji rata-rata sebesar Rp 5,334,149 per  bulan. Berapa gaji Senior Network Engineer? Senior Network Engineer mendapat gaji berkisar Rp 9,127,525 per bulan.

Salary Explorer juga melaporkan perihal gaji Network Engineer. Seseorang yang bekerja sebagai Network Engineer di Indonesia biasanya menghasilkan sekitar Rp 11.400.000 per bulan. Gaji berkisar dari Rp 5.590.000 (terendah) hingga Rp 17.800.000 (tertinggi).

Tingkat pengalaman adalah faktor terpenting dalam menentukan gaji. Berdasarkan pengalaman, gaji Network Engineer dengan pengalaman kurang dari dua tahun menghasilkan sekitar Rp 6.630.000 per bulan. Pengalaman kerja 2 hingga 5 tahun mendapat kenaikan gaji sebesar 29%, dengan kisaran Rp 8.530.000 per bulan. 

Network Engineer tingkat senior dengan pengalaman lebih dari 15 tahun hingga seterusnya mengalami persentase kenaikan sebesar 7% dari penghasilan sebelumnya. Ekspektasi gaji yang bisa dicapai dalam posisi ini mencapai Rp 15 juta.

Salah satu karir di bidang IT yang menjanjikan adalah Network Engineer. Ingin meningkatkan karir kamu? Dapatkan informasi lowongan kerja Network Engineer yang memberikan penawaran terbaik hanya di Karir.com. 

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.