Tips Karir

7 Pekerjaan yang Selalu Dibutuhkan Perusahaan Startup

Pinterest LinkedIn Tumblr

Dalam membangun dan mengembangkan bisnis startup, seorang Chief Executive Officer (CEO) tidak bisa berjalan sendirian. CEO bekerja beriringan dengan beberapa pekerjaan yang menjadi kebutuhan startup.

Keberhasilan bisnis startup merupakan investasi dari kolaborasi berbagai peran penting dalam bisnis startup. Peran pekerjaan yang penting ini menjadi dasar dalam mengarahkan pada pertumbuhan startup yang positif.

Lantas apa saja pekerjaan yang selalu dibutuhkan perusahaan startup? Apakah pekerjaan kamu menjadi salah satunya? Karir.com telah merangkum 7 pekerjaan yang selalu dibutuhkan perusahaan startup untuk membantu pertumbuhan bisnis yang positif. Simak selengkapnya berikut ini, ya!

Pekerjaan yang Selalu Dibutuhkan dalam Bisnis Startup

Bisnis startup membutuhkan peran-peran utama ini untuk membantu bisnis startup berkembang. Setiap peran pekerjaan tersebut saling terhubung untuk mencapai tujuan bisnis. Tanpa kerja keras dan kolaborasi yang hebat dari peran-peran berikut, mustahil bisnis startup dapat sukses berkembang.

1. Chief Technology Officer

Pekerjaan yang berkaitan dengan keahlian teknologi menjadi pekerjaan yang selalu lekat dengan perusahaan startup. Bisnis startup merupakan bisnis yang bergerak di bidang teknologi dan digital. Oleh karena itu, sangat penting merekrut orang yang bertugas sekaligus bertanggung jawab dalam pengelolaan prasarana teknologi, peningkatan efisiensi operasi teknologi, dan strategi teknis perusahaan untuk mencapai keunggulan kompetitif dengan bantuan teknologi terkini.

2. Product Manager

Manajer produk adalah pekerjaan yang selalu dibutuhkan perusahaan startup untuk mengontrol strategi dan pengembangan. Product manager menjadi pihak yang bertindak untuk meneliti kebutuhan pengguna, memastikan pengalaman terbaik bagi pengguna, memastikan kesiapan produk, dan menetapkan standar bagi produk itu sendiri serta pengembangan produk secara berkelanjutan.

Read :  Ini Tips Membeli Rumah Untuk Anda yang Memiliki Gaji Pas-pasan

3. Sales

Pekerjaan yang selalu dibutuhkan perusahaan startup berikutnya adalah sales atau penjualan. Dalam bisnis selalu ada yang dijual, baik berupa jasa maupun barang. Keberlangsungan startup ditentukan oleh pengguna produk yang dipasarkan. Orang-orang terlatih dalam bidang penjualan menjadi peran yang penting dalam bisnis startup. Peranan mereka dibutuhkan dalam pengelolaan dan pengembangan strategi dan taktik penjualan.

4. Marketing

Apakah perusahaan startup membutuhkan peran pemasaran? Tentu saja, terutama pemasaran yang dilakukan secara online. Perusahaan startup selalu membutuhkan peran digital marketing untuk kebutuhan pemasaran digitalnya.

Digital marketing adalah orang yang bertindak untuk memastikan situs web perusahaan muncul di laman pencarian utama dan mendorong ROI maksimum untuk strategi pemasaran melalui serangkaian pengujian yang tepat. Peran ini bertanggung jawab dalam pemasaran email, dasar-dasar SEO, mengelola PPC dan berbagai periklanan berbayar.

5. Content Manager

Bisnis startup berupaya tumbuh dalam internet. Salah satu upaya yang dilakukan adalah membuat konten yang dapat menjangkau banyak pengguna internet. Content manager adalah orang yang akan bertanggung jawab dalam pembuatan dan pengelolaan konten di berbagai kanal internet seperti situs web, dan media sosial.

Secara spesifik, konten digunakan sebagai alat marketing untuk mengembangkan bisnis. Content Manager dan Digital Marketing biasanya bekerja sama dalam strategi pembuatan konten yang menarik dan bernilai jual.

6. Layanan Pelanggan

Layanan pelanggan atau yang sering disebut Customer Service Representative (CSR) adalah salah satu pekerjaan yang selalu dibutuhkan perusahaan startup. Pekerjaan ini memiliki peranan yang penting dalam membangun hubungan dengan pelanggan dan menciptakan pengalaman yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dari pekerjaan CSR juga mendorong peningkatan penjualan dan pembaruan produk sebagai feedback dari pelanggan.

Read :  Lakukan 4 Hal Ini Jika Ingin Sukses Psikotes!

7. Pengelola Keuangan

Keuangan menjadi sumber kekuatan yang penting untuk menentukan keberlangsungan startup. Tentu saja untuk mengelola keuangan perusahaan startup tidaklah mudah, sehingga dibutuhkan peran pengelola keuangan atau Chief Financial Officer (CFO).

Peran ini bertanggung jawab atas proses dan pertumbuhan keuangan perusahaan. Selain itu, CFO juga bertugas menganalisis dan membuat laporan keuangan yang nantinya digunakan sebagai evaluasi dan strategi perencanaan keuangan startup untuk berkembang.

Itulah daftar pekerjaan yang selalu dibutuhkan perusahaan startup. 7 pekerjaan di atas memiliki peran penting untuk membantu menyelesaikan banyak langkah yang diperlukan dalam mengembangkan bisnis startup. Apakah kamu tertarik menguasai salah satu peran pekerjaan yang memegang peranan penting dalam kesuksesan bisnis startup?

Temukan lowongan kerja startup hanya di karir.com

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.