Tips Karir

Terjebak Pekerjaan yang Tidak Disukai? Ini Cara Mengatasinya!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagaimana cara menghadapi pekerjaan yang tidak disukai? Bagaimana bertahan dari pekerjaan yang dibenci? Kamu hanya perlu memiliki strategi dan pola pikir tetap berpikir positif meski terjebak pada pekerjaan yang tidak dibenci. Berikut adalah tips mengatasinya sampai kamu benar-benar menemukan karir yang diinginkan. 

Mengapa Seseorang Bisa Membenci Pekerjaannya?

Survei Zippia tentang “What Makes You Unsatisfied With Your Job” memaparkan hasil 50% tidak puas dengan pekerjaan mereka. Kemudian survei The Conference Board Job Satisfaction pada 2020 lalu menunjukkan bahwa sekitar 44% orang tidak puas dengan pekerjaan mereka. Bahkan CNBC dan SurveyMonkey juga menemukan hasil yang tidak jauh berbeda. Hasil survei tenaga kerja mereka menemukan bahwa 27% orang tidak terlibat dalam pekerjaan mereka.

Lalu, mengapa seseorang bisa membenci pekerjaannya? Seseorang bisa tidak menyukai pekerjaannya karena beberapa alasan. Antara lain, gaji yang rendah, bos yang buruk, budaya kerja yang toxic, beban kerja yang terlalu berlebihan, dan jarak kantor yang terlalu jauh. 

Tentu saja, tidak semudah itu untuk meninggalkan pekerjaan saat ini. Sebagian orang memilih tetap bertahan lebih lama di pekerjaan yang tidak disukai terutama karena belum memiliki pekerjaan pengganti. Selain itu, mereka juga bertahan karena alasan uang, benefit yang ditawarkan, dan rasa aman. 

Efek Psikologis Membenci Pekerjaan

Bekerja pada pekerjaan yang tidak disukai memiliki efek psikologis yang negatif. Membenci pekerjaan menyebabkan stres dan kecemasan. Mengutip KlikDokter stres akibat pekerjaan yang dibenci membawa dampak sering sakit kepala, nyeri otot, sulit tidur, lelah terus-terusan, perubahan nafsu makan, dan kondisi mental yang memburuk.

Read :  Waspadai Tawaran Kerja Seperti Ini!

Ternyata membenci pekerjaan memiliki efek yang cukup berpengaruh terhadap fisik ya, sobat Karir. Jika kamu tidak merasa bahagia dengan pekerjaan saat ini, pertimbangkan langkah-langkah untuk mengatasinya.  Ini akan membantu kamu mencegah stres dan masalah kesehatan lainnya di masa depan nanti.

Cara Menghadapi Pekerjaan yang Tidak Disukai

Bagaimana menyiapkan diri untuk sukses sementara masih muncul di pekerjaan yang tidak benar-benar membuat kamu bersemangat?

1. Perjelas Jalur Karier 

Hal penting dalam menyikapi pekerjaan yang tidak disukai adalah memiliki tujuan dalam pikiran. Identifikasi tujuan karir kamu di muka. Kemudian langkah selanjutnya, bekerja menuju tujuan itu. Lalu sebagai langkah akhirnya, fokuslah pada tujuan itu. Setiap harinya kamu harus memikirkan bagaimana caranya lebih dekat dengan tujuan karirmu. Misalnya, sebagai sales executive, kamu ingin menjadi sales manager.

2. Membuat Meja Kerja yang Nyaman

Suasana meja kerja yang nyaman sangat penting saat bekerja. Rasa nyaman dapat meningkatkan produktivitas. Pilih kursi terbaik dan tempatkan layar monitor dengan benar. Selain itu, kamu juga bisa membawa barang-barang yang mengingatkanmu kepada hal-hal yang disukai. Misalnya, foto orang terkasih, tanaman, atau karya seni.

3. Kembangkan Keterampilan

Terkadang pekerjaan yang sulit menawarkan kesempatan belajar terbaik. Ketika kamu harus menjalani pekerjaan yang tidak disukai, cobalah fokus pada pengembangan diri. Jika kamu fokus pada pengembangan keterampilan, waktu dalam pekerjaan kamu akan berjalan jauh lebih cepat. Jadi, pelajari apa yang berhasil dan apa yang tidak karena ini akan menguntungkan kamu dalam jangka panjang.

4. Lakukan yang Terbaik dalam Pekerjaanmu

Tak dimungkiri, setiap pekerjaan memiliki plus dan minusnya masing-masing. Dimanapun kamu bekerja, akan ada selalu tugas, orang, dan tekanan yang membuat tidak nyaman. Meski pekerjaanmu saat ini adalah pekerjaan yang tidak disukai, kamu tetap harus lakukan yang terbaik. Tantang dirimu untuk aktif mencari hal-hal yang membuatmu bersyukur, tersenyum, dan semangat setiap harinya. 

Read :  Cara Mengatur Keuangan Untuk Fresh Graduate

5. Aktif Mencari Peluang Kerja

Cara paling cerdas menghadapi pekerjaan yang dibenci adalah beralih ke pekerjaan baru Bergerak maju untuk menemukan karier yang disukai sangat membantu. Semakin kamu aktif berjejaring secara profesional, semakin besar peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang disukai. Untuk membantu kamu menemukan peluang kerja terbaik, Karir.com hadir menyajikan ribuan lowongan kerja dengan penawaran yang menarik. 

Itulah langkah-langkah yang dapat dilakukan sebagai strategi menghadapi pekerjaan yang tidak disukai. Apa pun situasi pekerjaan kamu, temukan cara untuk membuatnya menjadi pekerjaan yang disyukuri. 

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.