Tips Karir

Pentingnya Belajar Bahasa Mandarin sebagai Bahasa Asing Kedua

Pinterest LinkedIn Tumblr

Penguasaan bahasa asing di era global menjadi sangat penting. Kemampuan bahasa asing menjadi keterampilan yang berguna ketika berpergian atau dalam hubungan bisnis. Selain bahasa Inggris, salah satu bahasa asing yang dapat menjadi pilihan terbaik untuk dipelajari adalah bahasa Mandarin. Apa pentingnya belajar bahasa Mandarin sebagai bahasa asing kedua?

Fakta Menarik Bahasa Mandarin

Negara China bukan hanya tradisi dan budayanya yang menarik, tetapi juga bahasanya yaitu bahasa Mandarin. Bahasa Mandarin secara harfiah bermakna bahasa percakapan utara yang merupakan dialek sebagian besar masyarakat China di bagian utara dan barat daya China.

Tulisan karakter Mandarin adalah tulisan tertua di dunia. Karakter Mandarin disebut Hanzi yang ditulis menggunakan simbol. Menariknya, terdapat 100.000 karakter Mandarin yang tercatat dalam kamus bahasa Mandarin. Namun dari seluruh jumlah itu, hanya 2.500 karakter yang paling sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Kemudian berbeda dari bahasa pada umumnya. Jika dalam bahasa asing lainnya, hal dasar yang mesti dipelajari pertama kali adalah abjad, dalam bahasa Mandarin nada menjadi hal utama yang perlu dipahami untuk bisa bertutur. Setelah mengenal nada, tahap belajar bahasa Mandarin selanjutnya adalah belajar karakter Mandarin atau yang biasa disebut Pinyin.

Apa Pentingnya Belajar Bahasa Mandarin?

Belajar bahasa asing akan terasa menyenangkan jika kamu mengetahui manfaat mempelajarinya. Dari banyaknya bahasa di dunia, mengapa bahasa Mandarin menjadi salah satu yang penting dikuasai? Berikut ini adalah lima alasan pentingnya belajar bahasa Mandarin.

Read :  7 Pekerjaan Sampingan atau Side Hustle untuk Tingkatkan Pendapatanmu

1. Bahasa Internasional Resmi Penutur Terbanyak

Saat ini Bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa internasional resmi dengan penutur terbanyak di dunia. Bahasa Mandarin menjadi bahasa universal di dunia pendidikan, politik, perdagangan, dan teknologi.

Bahkan sejak tahun 2010, setiap tanggal 20 April diperingati sebagai Hari Bahasa Mandarin Perserikatan Bangsa-bangsa. Data dari Simons and Charles pada 2018 menunjukkan bahwa bahasa Mandarin digunakan di 38 negara. Dengan mempelajari bahasa ini, kamu akan dapat menjangkau sekitar seperlima dari populasi di dunia yang berbahasa Mandarin sebagai bahasa ibunya.

2. Bahasa Mandarin Penting di Era Globalisasi

Pada era globalisasi bahasa Mandarin terus bergerak tumbuh. Oleh karena itu, bahasa Mandarin semakin penting menjadi bahasa pengantar komunikasi internasional. Bahasa Mandarin mencakup banyak bidang antara lain ekonomi, bisnis, konstruksi, pariwisata, budaya, dan teknologi informasi. Di bidang teknologi misalnya, hampir semua perangkat elektronik menggunakan bahasa Mandarin. 

3. Memudahkan Urusan Bisnis

Faktor ekonomi China yang kuat membuat bahasa Mandarin menjadi bahasa dalam pergaulan bisnis. Dengan memahami dan dapat berbicara bahasa Mandarin, kesepakatan dalam bisnis akan lebih berhasil.

Hubungan dengan negara China menjadi lebih terbuka dalam merajut kerja sama. Pangsa bisnis yang besar pun akan mudah dijangkau dengan menguasai bahasa Mandarin. Selain China, negara lain yang dapat dijangkau dengan kemampuan bahasa Mandarin adalah Taiwan, Hong Kong, dan Singapura.

4. Banyak Peluang Karier yang Menggiurkan

Alasan pentingnya belajar bahasa Mandarin untuk meningkatkan value dalam karier. Dengan kemampuan bahasa Mandarin yang dimiliki ada banyak peluang karier menggiurkan yang bisa dibuka.

Bahasa Mandarin termasuk salah satu bahasa yang sulit dipelajari. Oleh karena itu, bahasa Mandarin membuka banyak peluang pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi. Beberapa peluang karier di bidang bahasa Mandarin antara lain, Translator Bahasa Mandarin, Reporter, News Anchor, dan Tour Guide.

5. Membuka Kesempatan Beasiswa

Dalam beberapa dekade terakhir, Negeri Tirai Bambu menjadi salah satu tujuan studi populer para mahasiswa. China memiliki jumlah mahasiswa internasional terbesar ketiga di dunia setelah negara Inggris dan Amerika Serikat. Selain murah biaya kuliahnya, kualitas pendidikan di China dapat dikatakan sangat baik.

Read :  Tes Bahasa Inggris Cemerlangkan Karirmu

Hal ini dibuktikan dengan berhasilnya 90 universitas China mendapatkan peringkat di daftar Times Higher Education World University Rankings 2021. Motivasi belajar bahasa Mandarin pun meningkat karena hal ini.

Itulah lima alasan pentingnya belajar bahasa Mandarin sebagai bahasa asing kedua setelah bahasa Inggris. Belajar bahasa asing bisa menjadi tantangan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat untuk meningkatkan value dalam karier.

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan belajar bahasa Mandarin terutama dalam hubungan bisnis. Mulailah daftarkan dirimu di Karir.com untuk memperoleh info lowongan kerja translator mandarin impian anda.

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.