Tips Karir

Perbedaan CV dan Resume, Jangan Sampai Tertukar!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Perbedaan CV dan resume jarang diketahui, sebab kebanyakan orang mengira CV sama dengan resume. Penggunaan CV dan resume yang kurang dipahami, juga membuat sebagian orang salah kaprah. Padahal kedua dokumen ini tidak dapat dipertukarkan karena terdapat perbedaan signifikan di antara keduanya.

Mempersiapkan CV dan resume merupakan bagian penting dalam proses melamar pekerjaan. Adanya CV dan resume memiliki tujuan yang sama yaitu menemukan kandidat terbaik untuk suatu posisi. Untuk itu, sangat penting memahami perbedaan di antara keduanya. 

Lantas, apa sajakah perbedaan CV dan resume? Kemudian, kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya? Simak ulasan berikut yang akan memperjelas perbedaan CV dan resume.

Deskripsi

CV adalah kepanjangan dari Curriculum Vitae dalam bahasa Latin yang memiliki makna course of life. CV merupakan dokumen yang menggambarkan perjalanan karir dan akademik. CV memasukkan semua kualifikasi akademik, prestasi termasuk sertifikasi dan semua publikasi.

Ketimbang akademik, resume lebih fokus pada pencapaian profesional. Adapun resume berasal dari bahasa Perancis, yang bermakna to sum up. Resume adalah dokumen yang dibuat untuk keperluan melamar pekerjaan tertentu. Tujuan resume adalah memberikan gambaran tentang riwayat pekerjaan.

Berbeda dengan CV, resume dibuat to the point dan sesingkat mungkin. Resume berfokus pada aspek pengalaman dan keterampilan kerja yang relevan dengan yang dilamar. Resume yang baik mampu menunjukkan bagaimana seseorang pantas direkrut. Oleh karena itu, resume cenderung menyoroti riwayat kontribusi dan pengalaman. Pengajuan resume biasanya disertai surat lamaran.

Informasi yang Disertakan

CV memuat banyak informasi. Kelengkapan informasi yang disertakan dalam CV yaitu, nama lengkap, kontak, judul dan deskripsi profesional, pendidikan, penghargaan dan kehormatan, minat penelitian, publikasi, pengalaman mengajar, pengalaman kerja, konferensi dan kursus, keterampilan, sertifikat, bahasa, referensi, hibah dan beasiswa, keanggotaan, serta kegiatan non-akademik.

Read :  Mengenal Profesi Front end Developer, Pengembang Website Bergaji Tinggi

Sementara itu,  resume berisi nama lengkap, jabatan dan posisi yang dilamar, kontak, ringkasan dan tujuan resume, pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan yang relevan, bahasa, dan sertifikat yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Jika informasi yang disajikan dalam CV tetap sama, informasi dalam resume dapat dikustomisasi berdasarkan peran.

Format Penulisan

Perbedaan CV dan resume yang paling menonjol adalah panjang halaman. CV komprehensif daripada resume. Tidak ada aturan pasti tentang panjang CV. Panjang CV disesuaikan dengan pengalaman yang dimiliki. Namun biasanya berkisar 2-8 halaman.

Lain halnya dengan CV, panjang maksimal resume adalah 1 halaman. Namun dalam beberapa kasus ada pula yang menjadikannya 2 halaman jika jumlah pengalamannya sangat banyak. 

Format CV terdiri dari format kronologis, fungsional, dan kombinasi. Hampir sama dengan CV, format resume juga merujuk tiga format tersebut. Namun resume memiliki format lain yaitu, resume yang ditargetkan. Format penyusunan disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang dilamar. Jenis format yang disesuaikan menyoroti keahlian dan pengalaman sesuai kualifikasi pekerjaan yang dilamar.

Format kronologis dinilai menjadi format standar yang disukai banyak manajer perekrutan. Jenis format ini menonjolkan riwayat pengalaman dalam urutan kronologis. Format fungsional ideal bagi yang memiliki sedikit pengalaman karena format ini mengedepankan keterampilan dan pengalaman, bukan riwayat pengalaman. Jenis format kombinasi menggabungkan format kronologis dan fungsional.

Fungsi

Tujuan pembuatan CV lebih condong ke tujuan akademik dan penelitian, seperti melamar program penelitian, atau bergabung menjadi staf universitas. CV sangat ideal digunakan dalam melamar pekerjaan yang berbasis pendidikan. Sektor ini akan sangat tertarik dengan kelengkapan informasi yang dicantumkan dalam CV. 

Sedangkan pengajuan resume bertujuan mengajukan lamaran untuk suatu pekerjaan di perusahaan. Resume dipergunakan perekrut untuk menyaring kandidat mana yang pantas mendapat kesempatan lebih lanjut ke tahap berikutnya, atau ditolak.

Read :  Tips Lancar Ngomong Inggris Kaya di Film-film

Penggunaan

Istilah CV dan resume pada dasarnya digunakan jika kamu berbasis atau ingin melamar pekerjaan di Amerika Serikat dan Kanada. Di luar Amerika Serikat, istilah resume diganti dengan CV. Adapun orang-orang di India, Australia, dan Afrika Selatan menggunakan istilah CV dan resume secara bergantian. Sektor swasta menggunakan istilah resume, sedangkan sektor pelayanan publik menggunakan istilah CV. 

Bahkan di Inggris Raya, Irlandia, dan Selandia Baru tidak mengenal penggunaan resume. Ketiga negara tersebut menggunakan CV dalam semua konteks melamar pekerjaan. Negara Jerman juga tidak mengenal resume, tetapi mereka menggunakan istilah Lebenslauf untuk CV.

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.