Karir Populer

Perbedaan CV dan Resume Lamaran Kerja Beserta (5+ Contohnya)

Pinterest LinkedIn Tumblr

Apa perbedaan CV dan resume lamaran kerja? Apakah resume termasuk CV? Kemudian apa saja isi dari resume? Pertanyaan-pertanyaan tersebut menjadi pertanyaan yang lumrah ditanyakan saat akan melamar kerja.

CV dan resume adalah dua dokumen penting untuk kamu melamar kerja. Dua dokumen ini sama-sama menjelaskan tentang diri kamu kepada perusahaan dan sama-sama diberi saat proses pelamaran. Jadi, apakah kedua dokumen ini sama? 

Meski istilah Curriculum Vitae (CV) dan Resume cukup familiar di telinga para jobseeker, masih banyak pelamar kerja yang belum memahami perbedaan antara resume dan CV.  Ingin tahu apa saja perbedaan tersebut? Karir.com telah merangkumnya dalam artikel ini, termasuk contoh resume dan CV yang menarik.

Perbedaan CV dan Resume Lamaran Kerja

Perbedaan resume dan cv beserta contohnya dalam lamaran kerja. Menurut Cake resume, Curriculum Vitae (CV) adalah bahasa latin yang berarti “daftar riwayat hidup.” Sedangkan, resume adalah bahasa Prancis yang berarti “ringkasan.”

Tapi kadang kita bingung, sebab kedua hal ini mirip dan sama-sama bisa digunakan untuk melamar pekerjaan. Persamaan CV dan resume:

  • Digunakan untuk lampiran saat  melamar pekerjaan 
  • Digunakan sebagai langkah awal menarik HRD sebelum interview
  • Menampilkan kemampuan dan potensi terbaik seorang jobseeker

Namun, ada beberapa faktor yang membedakan resume dan CV. Yuk kita cari tahu perbedaan resume dengan CV lewat artikel di bawah.

Resume dan CV merupakan dokumen yang berisikan daftar riwayat hidup secara ringkas.  Mulai dari identitas diri, latar belakang pendidikan, pengalaman profesional, hingga pencapaian yang diperoleh. Keduanya nampak sama, namun sebenarnya resume dan CV memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Definisi CV dan Resume

CV adalah kepanjangan dari Curriculum Vitae yang berasal dari bahasa Latin. Secara bahasa, Curriculum vitae bisa diartikan sebagai Course of Life dan lebih banyak menunjukkan apa saja yang sudah dilakukan oleh pelamar sepanjang karirnya.

Read :  Cara Membuat Portofolio yang Menarik

CV merupakan  dokumen yang mendeskripsikan secara kronologis mengenai data diri, pendidikan, pengalaman kerja, dan pencapaian prestasi yang berhasil diraih dalam pengalaman profesi dan bidang akademik.

Adapun resume adalah dokumen formal yang secara ringkas memberikan gambaran tentang kualifikasi profesional. Dokumen ini memuat pengalaman kerja yang relevan, keterampilan, pendidikan, dan menekankan pencapaian yang diraih serta menginformasikan tentang tujuan karier.

Dapat dikatakan bahwa resume adalah CV dengan format yang lebih singkat. Resume biasanya dipasangkan dengan surat lamaran. Adanya resume membantu pemiliknya menunjukkan kualifikasi dan kemampuan yang dimiliki.

Fungsi dan Penggunaan

Pembuatan CV mengikuti detail informasi mengenai sebuah posisi pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Penggunaan CV di luar negeri memang lebih banyak digunakan oleh profesi yang bergerak dalam dunia pendidikan seperti dosen atau pengajar. CV juga banyak digunakan oleh para pencari beasiswa di perguruan tinggi.

Sementara pembuatan resume ditujukan pada saat mengajukan lamaran sebuah posisi pekerjaan di perusahaan. Data yang dimuat dalam resume tidak harus ditulis secara kronologis dan dapat diubah sesuai dengan kebutuhan lowongan kerja yang sedang dilamar.

Resume bersifat fleksibel karena setiap bagiannya bisa diatur sedemikian rupa untuk menekankan pencapaian tertentu. Sedangkan bentuk CV lebih statis dan tidak banyak berubah dibandingkan dengan resume yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari lowongan pekerjaan yang ada.

Format Penulisan

Perbedaan resume dan CV yang paling signifikan dilihat dari panjang halaman. CV lebih komprehensif daripada resume. CV juga tidak memiliki aturan yang pasti mengenai panjang halaman.

Apabila panjang CV disesuaikan dengan pengalaman yang dimiliki, dan biasanya berkisar 2-8 halaman. Panjang resume maksimal hanya 1 (satu) halaman.  Namun jika jumlah pengalaman yang dimiliki sangat banyak, resume dapat ditulis dalam 2 halaman.

Itulah perbedaan resume dan CV yang penting diketahui. Lantas bagaimana cara membuat resume dan CV yang dapat menarik HRD? Simak beberapa contoh cv dan resume berikut.

Contoh Resume Lamaran Kerja dan CV Menarik

Contoh-contoh resume dan CV  di bawah ini diambil dari situs kickresume.com dan novoresume.com. Semoga bisa menginspirasi kamu dalam membuat CV dan resume ya.

5 Contoh Resume Lamaran Kerja Bahasa InggrisStudent Resume Pharmacy

Full Stack Developer CV Sample

Mechanical Engineering Intern at Volvo Resume Sample

Business Management Graduate CV Example

Philips Marketing Intern Resume Sample

5 Contoh CV Bahasa Inggris

Contoh Resume

 

Sales Representative CV Example

Sales Promoter Resume Example

Sales Manager Resume Template

Sales Manager Resume Sample

Lalu, bagaimana cara menggunakan CV dan Resume ini dalam melamar sebuah lamaran pekerjaan? Secara tidak langsung sebenarnya perusahaan di Indonesia lebih banyak menggunakan resume ketika membuka lowongan pekerjaan untuk mengetahui latar belakang kandidat. Namun perusahaan biasanya meminta CV dalam proses perekrutan perusahaan tersebut.

Read :  Mengapa Banyak Pekerja Resign Usai Lebaran?

Di Indonesia memang tidak ada aturan atau standar yang baku mengenai format CV dan resume ketika melamar pekerjaan. Hal ini sangat berbeda bila Anda berusaha mencari pekerjaan atau berkarir di luar negeri yang sudah memiliki standar baku seperti di Eropa yang memiliki European Union CV Format.

Terlepas dari format yang belum terstandarisasi, konten dari CV dan resume adalah titik yang harus diperhatikan. Pastikan seluruh informasi yang diberikan sudah benar dan sesuai dengan keadaan sebenarnya dan tidak mengada-ngada. Sebab CV atau resume merupakan tiket awal untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan impian. Salam sukses, Career Seekers!

Tips Menulis Resume dan CV

Pro tips : Jangan gunakan CV atau Resume yang sama untuk setiap pekerjaan

Kesalahan yang sering dilakukan oleh freshgraduate dalam melamar pekerjaan adalah hanya mengunakan satu CV untuk melamar semua posisi pekerjaan. 

Hal ini menjadi fatal karena, setiap pekerjaan pasti mempunyai jobs desk yang berbeda beda. Jadi, agar CV mu sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Baca dengan seksama tanggung jawab dan persyaratan yang di cantumkan. Kemudia Gunakan poin poin penting tersebut, dan gabungkan dengan pengalaman anda. 

Contohnya, saat kamu mau melamar pekerjaan yang berhubungan dengan marketing, pastikan CV atau resume kamu menonjolkan skill di digital marketing, SEO, Ads dengan menyebutkan kembali sesuai dengan jobs desk dan recruiment yang ada. Jadi misal di persyaratan di butuhkan skill budget projection, maka sebisa mungkin kata “budget projection” muncul juga di CV atau Resume Anda

Jika kurang jelas, anda bisa melihat video di bawah ini

Video dari MauKerja.ID

 

Lowongan Kerja Terbaru Juli 2022 di Karir.com

Industri di Karir.com

Data yang dimuat dalam resume tidak harus ditulis secara kronologis dan dapat diubah sesuai dengan kebutuhan lowongan kerja yang sedang dilamar. Resume bersifat fleksibel karena setiap bagiannya bisa diatur sedemikian rupa untuk menekankan pencapaian tertentu. 

Seiring dengan perkembangan teknologi,  kini kamu bisa apply loker terbaru 2022 di Karir.com dengan lebih mudah. Tersedia ribuan lowongan kerja di berbagai bidang yang diminati seperti loker admin, loker sales, loker keuangan, dan loker IT. 

Kamu hanya perlu menyalin data dari resume maupun cv untuk melengkapi profil kamu. Isi data dengan lengkap, mulai dari biografi, data pendidikan, hingga data pengalaman kerja.  Hal ini bertujuan agar peluang untuk diterima menjadi kandidat terbaik lebih besar. Yuk buat akun dan apply sekarang.

 

Karir.com was founded in 1999 as a pioneer of Career Portal in Indonesia. Since December 2014 is part of the Emtek Group, an integrated group of companies with main business divisions: Media, Telecommunications & IT Solutions, and Connectivity. Some of Emtek's Online Media portfolios: Liputan6.com, lakupon.com, vidio.com, and now Karir.com – provides services for companies to hire the best talent through online job ads.

5 1 vote
Article Rating
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca Juga : Perbedaan Antara Curriculum Vitae (CV) dengan Resume. Apa Saja Ya Bedanya? […]

Jeffrey S. Amarta
Jeffrey S. Amarta
3 years ago

Good explaination