Karir.com – Kalian tentunya sering mendengar pekerjaan marketing dan sales. Tetapi, masih ada sebagian orang yang mengira marketing dan sales memiliki tugas dan fungsi yang sama. Karena, di dalam sebuah perusahaan keduanya sama – sama bertujuan untuk mencapai target penjualan perusahaan. Namun, ada perbedaan marketing dan sales yang mana memiliki fungsinya masing – masing.

Marketing sendiri diartikan sebagai keseluruhan kegiatan untuk merencanakan, melaksanakan dan mendistribusikan sebuah produk hingga sampai kepada konsumen.

Sementara, sales diartikan sebagai proses penjualan produk kepada konsumen dan memastikan produk tersebut laku terjual.

Di mata masyarakat umum marketing dan sales adalah seseorang yang menjual sebuah produk. Tetapi kenyataannya jauh berbeda. Marketing dan sales memiliki tugas yang lebih luas, bukan hanya sekedar menjual produk. Jika kalian memiliki cita – cita untuk terjun dalam dunia marketing dan sales, namun masih bingung apa perbedaan antara keduanya, yuk simak perbedaan marketing dan sales di bawah ini!

Proses Kerja

Marketing dan sales memiliki proses kerjanya masing – masing. Marketing terlebih dahulu menyediakan informasi terkait dengan produk seperti harga, analisis pasar, kekurangan dan kelebihan produk serta menentukan target audience. Marketing akan berusaha menganalisa bagaimana produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan konsumen. 

Setelah itu, sales akan melakukan penjualan kepada konsumen berdasarkan informasi yang diberikan oleh marketing. Sales melakukan penjualan secara langsung kepada konsumen (one-on-one). Biasanya sales mendatangi lokasi calon konsumen, menghubungi lewat telepon atau media sosial.  

Artinya, proses kerja marketing adalah menyiapkan strategi untuk menjual produk tersebut, sementara sales akan mengimplementasikan strategi tersebut sehingga produk dapat terjual kepada konsumen. 

Read :  Wiwin Dewi Herawati: Berani Menerima Tantangan Dunia Marketing

Prioritas Kerja yang Berbeda

Marketing memiliki prioritas utama yaitu menjamin kepuasan konsumen dan menjalin hubungan yang baik dengan konsumen. Dengan kata lain, marketing memiliki prioritas untuk mendapatkan konsumen dan mempertahankan konsumen tersebut sehingga menjadi pelanggan setia. Hal ini, tentunya sangat membantu perusahaan dalam meningkatkan penjualan.

Prioritas yang dimiliki sales adalah melayani dan berusaha menyediakan kebutuhan konsumen. Jadi, marketing dan sales memiliki prioritas yang berbeda namun tetap berkesinambungan. Karena keduanya berusaha mencapai target penjualan. 

Ruang Lingkup Pekerjaan

Marketing dan sales memiliki ruang lingkup pekerjaan yang berbeda. Waktu kerja marketing biasanya lebih jangka panjang dibandingkan sales. Marketing harus menjaga dan mempertahankan relasi dengan konsumen. Hal ini bertujuan agar konsumen dapat terus percaya dan membeli produk perusahaan. 

Sementara waktu pekerjaan sales adalah jangka pendek. Sales memiliki pekerjaan untuk meyakinkan calon konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Setelah produk berhasil terjual, sales sudah tidak bertanggung jawab. Sebaliknya, marketing akan terus berusaha mempertahankan konsumen untuk membeli produk tersebut lagi. 

Tools yang Digunakan

Saat ini perkembangan era digital sudah berkembang dengan pesat. Sudah banyak tersedia software – software yang dapat membantu efektivitas pekerjaan. Termasuk dalam pekerjaan marketing dan sales ada beberapa software yang dapat digunakan. Keduanya memiliki tools yang berbeda dalam menjalankan pekerjaannya.

Marketing biasanya membutuhkan Google Ads, Search Engine Optimization (SEO), Google Analytics, Hubspot CRM dan masih banyak lagi. Sedangkan sales dapat menggunakan Sales Intelligence, Sales Analytics, dan Software CRM.

Strategi yang Digunakan

Perbedaan yang terakhir adalah strategi. Baik marketing dan sales memiliki strategi yang berbeda dalam menjalankan setiap pekerjaannya. Marketing membutuhkan strategi untuk menjual dan mendapatkan citra yang positif atas produknya. Strategi tersebut dapat berupa campaign melalui media sosial atau media cetak.

Read :  Jatuh Cinta Pada Pekerjaan? Berikut 7 Tandanya!

Sales juga memerlukan strategi dalam menjual produk. Seperti bertemu calon konsumen secara langsung, menawarkan melalui media sosial, serta menentukan bahasa yang persuasif sehingga konsumen berpotensi membeli produk.

Setelah membaca 5 perbedaan di atas tentunya kalian sudah dapat memahami bahwa marketing dan sales adalah pekerjaan yang berbeda. Walaupun demikian, keduanya tetap saling bersinergi dan melengkapi satu sama lain. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin berkarir menjadi marketing atau sales.

Author

I really enjoy writing and want to share my happiness with you!