Profesi

Apa itu Performance Marketing Specialist?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Performance Marketing Specialist adalah sebuah profesi yang membantu perusahaan merencanakan dan menerapkan kampanye iklan berbayar. Performance Marketing Specialist bertanggung jawab untuk menumbuhkan basis pengguna, lalu lintas, dan keterlibatan. Penasaran apa saja tugas Performance Marketing Specialist, berikut penjelasan lengkapnya!

Tugas Performance Marketing Specialist

Performance Marketing Specialist pada umumnya memiliki enam tugas yang terdiri dari:

1. Mengoptimalkan Kampanye Digital

Performance Marketing Specialist bertugas mengoptimalkan strategi pemasaran secara konstan. Mereka terlibat dalam perencanaan hingga eksekusi kampanye yang memenuhi matrik performa.

2. Membuat dan Mengoptimalkan Iklan

Iklan berbayar yang dibuat sebagai strategi kampanye promosi. Performance Marketing Specialist menganalisis kinerja iklan kampanye termasuk keefektifan pengujian A/B, variasi copy iklan, pengujian inkremental dan pengujian penskalaan pembelanjaan pada kampanye online dan offline. 

3. Melakukan Pengujian dan Pengoptimalan ROI

Return on Investment (ROI) adalah besaran profit yang didapat dari seluruh aset investasi. ROI digunakan untuk menghitung persentase profit bersih seseorang dalam berinvestasi. Apabila ROI menghasilkan skala yang positif, maka makin positif juga investor yang datang. Untuk meningkatkan laba atas investasi, mereka mengoptimalkan aktivitas pemasaran seperti akuisisi pengguna, promosi silang, media sosial, dan pengoptimalan toko online.

4. Meningkatkan Rasio Konversi

Conversion Rate atau tingkat konversi adalah persentase pengunjung situs web yang menyelesaikan tujuan yang diinginkan (konversi) dari jumlah total pengunjung. Meningkatkan rasio konversi berarti mengubah lalu lintas menjadi tindakan bermakna yang mengembangkan bisnis.

Read :  3 Jenjang Karir IT Support, Simak Detailnya!

5. Menganalisis dan Melaporkan Data

Performance Marketing Specialist secara rutin melakukan analisis aktivitas performance marketing dan membuat laporan harian tentang itu kepada Performance Marketing Manager.

6. Berkolaborasi dengan Tim Konten

Wawasan data yang dihasilkan selanjutnya digunakan Performance Marketing Specialist untuk perencanaan strategi pemasaran. Bersama tim konten mereka menerapkan kampanye iklan terprogram yang mendorong pertumbuhan.

Jenis-jenis Performance Marketing Specialist

Ada empat jenis Performance Marketing Specialist, namun biasanya satu perusahaan hanya menggunakan satu jenis saja. 

1. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah jenis Performance Marketing yang berafiliasi dengan pengiklan. Jenis ini melibatkan kemitraan dengan situs kupon, loyalitas, ulasan, dan insentif.

2. Native Advertising

Native Advertising adalah bentuk media berbayar yang tidak terlihat seperti iklan. Jenis iklan ini banyak terdapat di situs berita.

3. Konten Bersponsor

Jenis pemasaran ini banyak digunakan oleh influencer dan situs konten. Konten bersponsor biasanya berbentuk postingan media sosial atau artikel yang mempromosikan brand.

4. Pemasaran Media Sosial

Media sosial digunakan untuk menjangkau audiens dan meningkatkan brand awareness. Metrik Performance Marketing Specialist yang diukur biasanya mengenai keterlibatan like, follow, klik, dan penjualan.

5. Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing terbagi menjadi dua jenis yaitu berbayar dan organik. SEM berbayar menggunakan ikan di mesin pencari seperti Google, yaitu Google Ads. Sementara SEM organik mengandalkan algoritma mesin pencari atau biasa dikenal Search Engine Organization (SEO).

Keterampilan yang Dibutuhkan Performance Marketing Specialist

Untuk melamar posisi Performance Marketing Specialist, dibutuhkan pemahaman yang mendalam mengenai iklan berbayar meliputi Iklan Google, Iklan Facebook, Iklan Twitter, dan Iklan Tiktok. Tugas Performance Marketing Specialist bukan hanya menjalankan iklan, tetapi juga menghasilkan konversi lebih.

Read :  Mengenal Deskripsi Pekerjaan Social Media Specialist dan Skillset-nya!

Mereka menerapkan strategi pemasaran yang cerdas untuk mencapai tujuan konversi. Oleh karena itu, mereka harus memiliki pengetahuan tentang konsep otomatisasi pemasaran (alat, skrip, API,  dan kampanye dinamis/triggered). Kemahiran menggunakan alat pelacak pemasaran seperti Appsflyer dan Google Analytics penting untuk pekerjaan ini.

Performance Marketing Specialist mencantumkan pengalaman kerja sebagai persyaratan. Antara lain pengalaman dengan pemasaran afiliasi, kampanye pemasaran ulang/penargetan ulang, iklan bergambar, dan iklan terprogram. Minimal pengalaman kerja yang kerap dijadikan persyaratan biasanya 2 tahun.

Beberapa soft skill yang relevan akan sangat membantu pekerjaan ini. Misalnya, kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengambil risiko yang diperhitungkan berdasarkan data. Soft skill lain yang lekat dengan pekerjaan ini adalah pemikir analitis, terorganisir, dan pembelajar yang cepat dan siap. Kemampuan komunikasi dalam membangun hubungan yang positif dengan seluruh anggota organisasi juga diperlukan.

Lowongan Performance Marketing Specialist

Berapa gaji Performance Marketing Specialist? Profesi ini memiliki gaji yang tak kalah menggiurkan seperti Digital Marketer lainnya. Untuk mengetahui informasinya lebih lanjut, kamu dapat menemukannya melalui  Lowongan Kerja Performance Marketing Specialist di Karir.com.

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.